Tuesday, January 16, 2018

Saat pakai Vario 150 beda oli beda sensasi kenyamanannya

Kemarin-kemarin motor di pinjem saudara sebentar untuk beli makanan. Kebetulan saat itu aku juga ada perlu sedangkan saudara belum datang jadinya pinjem motor Vario putih punya saudaraku lainnya. Nah saat aku kendarai perfoma masih 100% normal seperti baru gak kayak punyaku yang sudah down powernya.

Adu top speed sama-sama Vario 150 saja keok. Walau begitu masih cukup nendang sih daripada yang 125 dan bisa kejar N-Max di kecepatan sampai 90km ke atas, di atas 100km/h ya lewat si Barokahnya ketinggalan. Mungkin kalau Sama-sama standar masih bisa imbang, lah sama seperti Vario 150 yang aku kejar gak bisa malah Vario 150 punyaku di Voor! 

Jadi kerasa beda powernya, hmm jadi ngiri nih hehehehehe. Tapi setelah aku rasa-rasakan ada yang beda sensasinya. Yaitu kenyamanannya. Ternyata kehalusan mesin masih kalah sama Vario 150 punyaku. Entah kenapa walau sudah enjoy dan nyaman masih merasakan sedikit vibrasi. Padahal perawatan sama cuma punyaku camrat agak bermasalah jadi power agak down. 

Jadi aku simpulkan dari olinya. Aku pakai BM1 PC 1100 khusus matic jadinya mesin halus terus rasanya biarpun telat dikit ganti olinya. Memang di pameran dulu pernah di buktikan gesekan pada mesin gak bikin yang tergesek tergerus, sangat halus dan utuh sedangkan coba merk lain langsung tergerus cepat. 

Nah di pameran ternyata memang bukan sekedar pertunjukan, coba sendiri memang mesin berasa halus (ini pengalaman pribadi yang aku rasakan sejujurnya dan gak di bayar sama sekali). Sedangkan punya saudaraku beli dari bawaan pabrikan. Jadi beda oli beda sensasinya. Ya aku pakai oli yang sama seperti saudaraku Vario 150 putih di Vario 125 dulu juga gitu ada sedikit vibrasi tapi normal. 

Cuma oli yang aku pakai saja bikin tambah halus. Oli bawaannya pabrik tapi versi paling tinggi. Sebagai kopensasi ada sedikit vibrasi (nungging banyak orang akan sulit merasakannya) powernya lebih nendang dari oli yang aku pakai tadi. Seakan ekstra dikit powernya. 

Mungkin bila sahabat bikers ada yang nyoba merk oli lain selain dari bawaan pabrikan yang aku bilang tadi dan power juga nambah, kadar nambahnya mungkin gak sebanyak merk lain tapi yang pernah aku rasakan memang kerasa lebih joss di gas. Jadi apapun montornya beda oli ya beda sensasi yang di rasakan pada motornya. 

Sahabat bikers punya pengalaman juga masalah oli pada motor? Silahkan di share di komentar. Salam biker salam persaudaraan, apapun montor dan merknya biker adalah saudara! 

No comments: