Friday, November 2, 2018

Air Terjun Coban Jodo - Malang



hampir 1 bulan lalu Risdiken melakukan perjalanan ke Coban Jodo malang. awalnya sempat ragu kesini karena awanya kesini rame-rame malah dadakan kerja lembur jadinya ya sendiri. aku mikir mau kemana ini enaknya juga belum ketemu. bingung, hari pun berganti pagi, mau gak mau berangkat saja daripada kelama'an gak toruing. modalkan gps Risdiken berangkat pagi-pagi takutnya nanti sudah rame sampai sana seperti ke air terjun sumber 7 pujon dulu. nah bagi yang  akan kesana ada 2 pilihan jalan sekarang ke coban jodo. mau lewat coban jodo langsung atau via coban cinde. sebenarnya coban jodo dan cinde bersebelahan, cuma lokasi masuknya terbagi 2 coban jodo ada coban cinde ada, terserah pilih yang mana? 

Risdiken masuk via wisata coban cinde karena nurut google map. nanti ikuti saaja peta pasti sampai via wisata coban cinde, kalau via coban jodo, saat lewati jalan kosong pas hampir sampai kemudian lewat desa dengan jalan mulus, nah bila sampai situ lihat arah kiri. nanti ada tulisan coban jodo ya masuk deh ikutpetunjuk berikutnya. sedikit note ya, bila tanya warga coban jodo lokasinya mana tapi kita menurut peta google pasti jalurnya akan terbalik bila sampai desa. bilang saja coban cinde jangan jodo, nanti dia rahkan dengan benar soalnya ada 2 pintu masuk seperti kataku barusan. tapi bila sudah tau lewat via wisata coban jodo langsung ya gak masalah.


karena lewat via wisata coban cinde, aku di arahkan ke jalan ini jalan makadam. lumayan jauh jalannya, tapi menurutku gak terlalu ekstrim daripada yang di beberapa pantai ada yang lebih parah.



mulai memasuki hutan.



akhirnya sampai juga, ternyata masih sepi belum ada orangnya. padahal sengaja berangkat aku cepatkan dikit tadi takut sudah banyak pengunjungnya.



sampai parkiran deh. mbil sebelah kanan jalan.



sampai di sana 100% sepi, cuma Risdiken saja yang sampai di sana. keliling-keliling juga gak ada petugas satupun yang jaga, kayaknya belum datan nih.



ini tempat istirahat pengelola wisata, soalnya pas orangnya sudah datang bawa barang-barang di taro situ.



tolet ada, musholla juga ada, tapi kok cuma berkalaskan kardus gitu ya, apa gak kotor?



lokasi wisatanya sudah di hias sedemikian rupa biar menarik khas selera jaman sekarang.



tembat buat dududk atau santai-santai ada lumayan banyak kok gak kuatir gak kebagian tempa duduk.



selain coban jodo, ada air terjun lain yang bisa di datangi. kalau via coban cinde ini (seperti gambar), kalau yang via coban jodo ya seadanya air terjun di jalan menuju coban jodo total ada 5 termasuk coban jodonya itu saja. sedangkan di sini ada tambahan lagi. silahkan pilih sesuai keinginan hehehehehe.




Warungnya tutup, aku kira belum buka, ternyata gak jualan orangnya lihat acara karnaval di kota.



Tulisan dilarang berburu binatang, memang ada binatangnya ya sekitar air terjun? 





Tempat melihat pemandangan sekitar wisata coban cinde. Pas musim hujan pemandangan akan oke, pas kering kurang asik.





Aslinya komplit disini, jadinya asik. Tapi pas kesini sepi karena kepagian. 




Nah terlihat kan wisata coban cinde tulisannya, padahal utamanya coban jodo hehehe.



Coban cinde terlihat di atas, nanti bila ingin ke Coban jodo ya turun cukup jauh yang menantang. 



Jalan ke Coban Sanusi dan satunya. Jadi nilai plus bila masuk ke Coban jodo via wisata coban cinde. 



Aku tunggu kok gak datang-datang petugasnya?  Motor di tinggalkan sendiri juga was-was. Ya bismillah saja deh pokoknya sudah aku kunci. 




Mulai disini jalan akan menurun sangat ekstrim. Siapkan stamina karena biasanya kan turun gak capek, disini beda, turun tapi capek karena turunnya terlalu tajam dan jauh sekali. Kaki Risdiken sampai cenut-cenut. 




Mulai rungsep nih, sendirian pula, rasanya jadi serem plus capek pula. 



Hufff asli cukup berat walau cuma turun, Risdiken ngos-ngosan padahal gak naik. Ini nanti kalau kembali pasti jauh lebih capek karena naik tajam seperti turunnya. Setelah berjuang cukup keras akhirnya sampai sungai, ya tantangan utama lewat karena Menyusuri sungai gak terlalu melelahkan. 




Akhirnya nyebur ke sungai. Asli seger plus dingin minta ampun, lebih dari 30 detik harus keluar air, kalau gak ya membeku bisa-bisa hehehe. Risdiken gak kuat beberan. Tapi ini berlaku pagi hari, kalau sudah agak siang sudah normal dinginnya. 





Untung ada petunjuk arah saat turun, kalau gak ya bakalan masuk wilayah wisata coban jodo hehehe. Jadi ke Coban Jodonya ke kiri setelah turun dari sungai. 






Lewat jembatan bambu. 



Perjalanan panjang berliku masih panjang, semangat!! 




Jalan berliku jadi sangat mengasikan karena kadang cuma di tepi sungai, kadang nyebrang sungai. 



Sueger suasananya.






Coban Kricik, air terjun mini dan merupakan air terjun pertama yang kita jumpai saat ke Coban Jodo.



Lanjut terus. 




Dari sini terlihat coban jidor, air terjun kedua saat perjalanan ke Coban Jodo. 



Ke Coban jodo naik terus. 



Nah bila ke Coban jidor dulu ya ke kiri saja, gak jauh. 



Inilah coban jidor yang lumayan hits di instagram. 




Slow shutter mode. 



Tiba di coban singo, air terjun ketiga di perjalanan coban jodo. 







Lanjut. 




Jembatan dari pohon yang di tebang. 




Akhirnya coban cinde juga terlihat, air terjun ke 4 di perjalanan ke Coban jodo. Dan cobaan jodo di sebelah kanannya terlihat jelas bila sudah mendekat ke Coban cinde. 



Akhirnya sampai juga di coban cinde nih, perjalanan melelahkan selesai sudah. Sebelah pas adalah coban jodo cuma belum terlihat di foto. Airnya dikit mungkin karena musim kemarau ya. 



Langsung gak pakai lama mendekat. 






Akhirnya sampai juga di coban jodo. Sangat memuaskan melakukan perjalanan disini walau cukup melelahkan. 




Asli mantap pemandangannya, gak rugi jauh-jauh jalan kaki sampai Linu hehehe. Berikut ini foto-foto coba jodo dari berbagai sudut :














Setelah foto dari jauh kini Risdiken mendekat ke air terjunnya. Dari sini keindahan coban jodo main terekspos. 




Foto-foto sekitar sini pasti asik. 



Sueger poool, buat berendam pasti mantap. Kalau agak siang gini aman walau dingin gak bikin membeku. 





Slow shutter mode malah kurang keren kalau posisi begini. 






Coba klik gambar air terjunnya untuk memperbesar di semua gambar coban jodo ini, pasti lebih kerasa indahnya. 













Airnya dangkal di bawah air terjun, jadi buat basah-basahan aman. Bawa anak kecil juga gak masalah kok pasti tambah seneng, tapi ya itu kalau kuat gendong karena medannya berat dan jauh hehehe. Tapi walaupun gitu masih bisa lewat anak kecil, beda dengan tumpak sewu yang asli lebih ekstrim anak kecil kesulitan masuk. 










Mulai menjauh lagi karena sudah puas foto-foto saatnya kembali. 





Akhirnya kembali deh, foto lagi coban cinde dan coban yang aku lewati di perjalanan tadi. Tapi karena situasi beda hasil ternyata jadi beda dan bagusan pas pagi tadi. 









Back To coban jidor, tapi ya gak semaksimal pagi hari hasil fotonya. 






Ada jalan sepertinya. Jangan-jangan ini jalan masuk versi jalan wisata coban jodo? 



Saat perjalanan pulang, di petunjuk arah ke Coban jahe ternyata sudah banyak air terjun lainnya yang belum aku kunjungi. 



Akhirnya selesai juga perjalananku ke Coban jodo. Walau melelahkan, tapi hati puas karena asli seperti berpetualang. Jangan teriak my trip my adventure kalau belum kesini! Buat jaga-jaga bawa minuman dari atas soalnya bila sudah turun gak ada yang jualan di pinggir sungai tengah hutan. Aku sangat puas sekali kesini. Awalnya ragu karena sendiri tapi akhirnya terpuaskan. Selain itu petugas penjaga wisata cukup ramah jadi makin betah deh. Sangat rekomendasi buat yang suka petualangan, air terjun dan kesejukan Alam. Selain itu bila 5 air terjun belum memuaskan masih ada lagi 2 airnya terjun lainnya yang baru. Sampai jumpa di perjalananku berikutnya.

Videonya :
Bantu like & Subscribe ya sahabat sekalian 

No comments: