Tuesday, January 9, 2018

Ketika Risdiken naik Supra Fit jaman SMA


Ya jaman SMA jaman aku mulai suka motor seperti yang sering aku ceritakan. Motor yang pernah aku punya dari Honda semua yaitu Supra Fit lawas model Supra X atau versi termurah dari Supra series. Saat itu krisis beli motor kredit, bekas pula. Cerita ini belum aku tulis di kisahku menjadi seorang biker.  

Dan ini sebelum Revo 100cc belum beli. Nah saat itu aku jarang memakai motor karena motor buat kerja, saat ada kesempatan aku senang banget. Jadi aku buat main ke rumah teman-teman sekalian soalnya jarang makai biar puas dan tau rumah teman-teman. Saat itu kelas 2 SMA aku dekat dengan teman baru karena teman lama sudah di acak masuk kelas lain. 

Teman baruku si Eky dan Peke (nama julukan yang aku buat sendiri khusus buat dia karena namanya susah di ucapkan) juga punya motor, mereka beruntung karena setiap hari bawa motor sedangkan aku jarang. Si Eky pakai Supra X generasi pertama super tua dan Plat nomernya Jawa Tengah karena pemberian saudaranya di sana. 

Jadi setiap tahun menyuratkan kesana. Ya capek banget hangat untuk bayar pajak motor. Tapi saudaranya dan ia gak mengeluh karena sambil main ke rumah saudaranya. Karena generasi pertama dan kurang perawatan bahkan lawan Supra Fit punyaku yang juga lemot masih kalah karena top speed mentok 80km/h on speedo. Sebenarnya dia punya motor kencang di rumahnya dan penggila speed. 

Aku lupa motor itu hehehe. Jadi buat sekolah Supra buntut di pakai, kalau lagi nyangkruk/kongkow motor sport di keluarkan. Dia fanatiknya motor 2 tak yang terkenal kencang. Aku pakai Satria 2 stroke saja dia kagum2 ke aku padahal motornya sudah hancur dalamnya jadi gak bisa lari kencang malah lemot. Dia gak berani lawan itu Satria 120cc padahal dia sudah beli Satria 150cc 4 stroke. 

Pokoknya gila speed sampai sekarang. Kemudian si peke paling beruntung di antara kami bertiga karena di belikan ortu Smash 110cc gress dari dealer. Melihatnya kagum banget terasa keren. Saat itu populasinya masih banyak seperti Vega R. Ya kalau sama teman sekolah sih main dari teman ke teman lainnya. 

Kalau di rumah ya lain cerita. Tapi setelah makin dekat mereka ngajak lihat balap liar & free style di bekas tol Jabon. Aku kesana setiap sabtu sore, biker dari mana saja unjuk kebolehan disana tanpa di bayarin. Bisa nunjukin skill ke orang yang nonton saja mereka senang. Yang sering aku lihat free stylenya soalnya dulu gak begitu peduli balap liar. 

Ketika asik lihat para bikers memamerkan kemampuannya eh polisi datang merazia! Apesnya motor aku starter gak nyala, kick starter gak bisa, wah gimana nih? Gak lucu kalau ketangkap nih. Motor free stylenya dan balap liar pada kabur semua dan penonton berhamburan, motorku gak nyala-nyala sangat menegangkan! Untung saat sudah begitu dekat motor nyala langsung gas deh beres. Hmmm deg-degan nih. 

Di tempat ngumpul itu pula aku lihat banyak motor. Ada yang cuma nonton saja, ada yang mamerin motor baru (terutama sport karena waktu itu jarang),  kumpul club motor, motor pretelan, unjuk kebolehan free style dan balap liar. Kalau mamerin naro motornya agar kedepan biar banyak lihat dan sesekali di pakai muter-muter di kerumunan penonton. 

Tapi lama-lama bosen jarang kesitu lebih suka jalan-jalan ke tempat lain dan akhirnya tempat itu dilarang untuk kumpul motor lagi oleh pak polisi. Tapi Sekarang ramai lagi sih. Kemudian selain ketika sama teman SMA cerita naik motor ke Sidoarjo dan Surabaya gak punya sim juga ada. Saat itu aku belum punya sim sehingga ingin ke Sidoarjo harus naik angkot. 

Naik angkot mabuk,  jalan gak seberapa jauh sudah muntah ya sudah kapok. Naik motor saja lewat jalan kecil sebuah jalan rahasia buah bikers yang gak punya sim. Aku taunya dari teman-teman yang sering lihat konser di Sidoarjo tapi gak punya sim. Sebenarnya lewat jalan biasa enak cepet, tapi apa daya sim belum punya aku kepaksa lewat jalan rahasia lewat beberapa kampung. 

Ya walau begitu buntut-buntutnya lewat jalan raya yang aman dari pos polisi tapi kadang ada patroli sehingga tetap waspada. Walau gak punya sim tetap aku bawa STNK. Apesnya saat aku bawa dan masukin kantong celana malah hilang. Ya nyusahin ortu nih, aku begitu merasa bersalah banget waktu itu. Apalagi calo sialan yang nipu ortu katanya urusnya habis Rp. 700rb padahal ya jaman dulu segitu muahal. Saudaraku yang juga hilang beberapa tahun kemudian ke calo juga gak segitu. 

Hmm calo terlalu nih orang padahal teman ortu sendiri. Setelah itu ya agak gak enak sama ortu bawa motor tapi ortu naik hati masih ijinin aku membawanya. Nah dengan motor Supra Fit ini pula aku ke Surabaya sendiri naik motor untuk pertama kalinya. Gak ada sim bermodalkan hafal jalan dan jam polisi berjaga dan bertugas. Ya mau lewat jalan rahasia cuma mentok sampai Sidoarjo sisanya jalan raya deh. 

Karena sudah hafal (sering di bonceng karyawan ortu untuk beli bahan baku kertas jadi hafal jalan Surabaya) jadinya ke tujuan langsung gak tanya-tanya dulu. Saat itu aku ke bioskop sama Baiton untuk pertama kalinya naik motor. Film yang aku tonton The Mummy 1 sama Death Race. 

Wih asli puas banget rasanya nonton film bisa berangkat naik motor sendiri. Setelah itu aku jadi lebih sering ke Surabaya naik motor bersama Casper alias Ispar jalan-jalan gak selalu nonton film, sekedar asal jalan tanpa arah yang penting berangkat. Biasanya sih ke mall-mall di Surabaya cuma jalan-jalan saja pulang lagi. Selain biar hafal jalan juga biar tau macan-macam tempat. 

Ya gak selalu ke mall terus, tapi lebih sering kesitu. Walau sering ke mall ya makanya cuma di emperan uang pelajar biasa dompet tipis hehehe. Akhirnya perjalananku bersama Supra Fit berakhir setelah ortu punya rejeki beli lagi motor Revo hitam menemani Revo kuning.

Ya karena beli baru yang lama jadinya di jual. Ketika itu touringku cuma ke Surabaya saja. Ada event tertentu datang atau sekedar jalan-jalan. Baru saat Revo kuning sudah mulai tua dan yang hitam di buat kerja aku mulai mengenal pemandangan indah.

Memang gak banyak kesan mendalam dengan motor ini, tapi saat dengan motor ini aku dapat berbagai pengalaman. Sekarang motor itu di pakai saudara sendiri karena dia yang beli. Sampai sekarang awet banget. Saat melihatnya jadi keingat masa dulu. Salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara! 

No comments: