Monday, January 22, 2018

Kuerangen makanan tradisional yang langka dan terpinggirkan

Kuerangen adalah kue tradisional ayng di jual secara berkeliling oleh penjualnya. ya sekedar bahan tepung di campur kelapa parut dan santannya di masukan cetakan kue yang di bawahnya ada kompor. setelah itu di kasi mentega dan gula jadi deh (seperti gambar atas). dulu jaman Risdiken kecil suka banget beli kue ini. kalau gak salah dulu Rp.50 sudah dapat. ya dulu belum ada macam-macam kue rasanya enak banget. sekarang tetap enak sih hehehehehe. sekarang makin jarang yang jualan. banyak makanan yang lebih ngetrend jadi makanan kue tradisional macam kuerangen ini makin jarang terlihat.


jaman uang saku sekolah masih berisi Rp.300 beli ini Rp.200 saja sudah kenyang jaman SD dulu. sisanya bisa buat beli pentol/cilok plus minimmnya ya sudah habsi uang tapi bersyukur bisa makan jajan kecukupan. kalau cilok sampai sekaran banyak dan malah menjamur, tapi sekarang rata-rata cilok giling daging sapi/ayam aku kurang suka. aku lebih suka cilok tradisional kayak dulu bahan entah kanji/terigu campur bumbu kacang pedas hmm joss deh rasanya. sekarang makin jarang yang seperti itu. ya karena makin sepi peminat yang jualan makin langka. ini di pasar baru aku melihat bapak-bapak jualan, nah  kue langka, ya sudah beli saja aku disitu.



ya rasanya gak berubah masih enak seperti dulu, cuma sekarang beli 3 biji Rp.6000 murah meriah dan walau segitu perut bisa kenyang lho. ya yang jualan juga tampak kasian (gambar bawah). dari dulu sampai sekarang jualan itu tapi peminat makin menurun. saat aku beli selalu masih banyak stoknya. biasanya sih selalu habis dulu. jadi gak ada pembeli tetap bikin di tumpuk agak banyak tapi cepat habis. sekarang numpuk banyak masih jarang pembeli sampai dingin kuerangennya. jadi kalau beli ada yang dingin dan di bikinkan baru. entah kuerangen cuma di daerahku saja atau di daerah lain ada makanan yang langka dan mulai terpinggirkan ini. entah sampai kapan kue ini bisa bertahan?

No comments: