Sunday, May 26, 2019

Rumah Makan Kalimantan JWT Porong - Sidoarjo


Update 2020 : Rumah makan ini tutup sebelum bulan puasa. sebenarnya kalau gak ada corona dan buka biasanya full terus kayak tahun kemarin. berhubung corona dan pasti sepi akhirnya tutup. tapi tetap gak aku hapus sebagai kenangan Rumah Makan ini pernah ada.

Bulan puasa adalah rejeki nomploknya rumah makan karena setiap hari selalu penuh pembeli. Nah di antara berbagai macam rumah makan yang pernah Risdiken kunjungi, ini salah satunya yang Risdiken berani rekomendasikan. Letaknya di Jl. Raya arteri baru Porong arah dari gempol ke surabaya sebelum lampu merah pertama arteri Porong. Tempatnya nyaman, bersih luas dan pelayanan oke. Menu masakannya ya hampir sama dengan rumah makan pada umumnya seperti ikan bakar, goreng sambel dll. Dan juga ayam goreng, bakar dan masih banyak lagi menu lainnya yang gak kalah nikmat. Tapi dari nama sepertinya spesialis ikan bakar walaupun menu lainnya juga enak.

Tempat makan di depan ruangan. Jadi selain Lesehan juga ada tempat makan biasa dengan meja di teras rumah makan Kalimantan jwt ini. Jumlahnya cukup banyak jadi bisa nampung banyak pelanggan. 



Bagian dalam RM Kalimantan jwt untuk yang makan dengan jumlah teman atau keluarga lebih banyak jadi tempatnya memanjang mejanya. Ya walaupun orang gak terlalu banyak juga bisa sih hehehe. 



Di dalam juga cukup luas, tapi Risdiken pribadi lebih suka di luar soalnya kena udara dari luar jadi lebih enak suasananya. Untuk tempat Lesehannya Risdiken gak foto maaf sekali sahabat sekalian karena saat itu sedang ada pengunjungnya di Lesehannya jadi takut mereka terganggu. Ada sih dulu foto banyak tapi karena memory camera error jadi kehapus. 




Persiapan buka puasa bersama hehehe. 


Menu makanannya yang Risdiken pesan :

Ayam bakar. Untuk rasa ayam bakarnya cukup enak, bahkan beberapa rumah makan yang baru buka beberapa tahun belakangan rasanya masih sedikit lebih enak ini. Empuk dan rasanya saat di makan enak dan nyaman di lidah. 



Tempe penyet. Tempe penyetnya ini juga menurutku lumayan istimewa. Walaupun cuma tempe penyetnya yang bisa di bilang makanan murah, tapi ternyata di sini cukup enak tempenya dan gak baseng. Mungkin dari minyak goreng dan cara gorengnya beda jadi sedikit ada perbedaan dengan tempe penyet tempat lain. Ya jelasnya coba sendiri deh, Risdiken kesulitan ungkap dengan kata-kata. 



Sambalnya, ini merupakan ekstra sambal bila kurang sambal bawaannya. Sambal ini Risdiken katakan ajaib. Karena apa? Sebenarnya ini cuma sambal uleg biasa seperti kita masak di rumahnya pada umumnya, tapi ternyata walau sambal paling biasa di antara rumah makan yang Risdiken kunjungi ternyata nikmat sambalnya di luar dugaan. Begitu pas dengan masakan yang Risdiken makan. Jadi walaupun sambal biasa di tangan ahli masakan rasanya jadi luar biasa. Di rumah makan sumber tumpuk juga seperti ini sambal biasa tetap enak tapi ini jauh lebih nikmat lagi. 



Ikan bakarnya 



Ini juga ikan bakar, cuma ini ikan nila.



Gurami asam manis. 


Demikian lah sedikit ulasan dan gambar tentang rumah makan Kalimantan jwt yang terletak di sebelah barat Jl. Raya arteri Porong sebelum lampu merah pas dari arah Malang. Bila habis dari malang lapar? Bisa makan kesini deh. Bila naik mobil dari tol pandaan keluar saja saat sudah sampai gempol jangan lanjut masuk tol Porong - Surabaya. Nanti sebelum lampu merah ada plakatnya ya di situ. Sangat cocok untuk makan atau bukber bersama. Dan nilai plus yang Risdiken tulis asli apa yang Risdiken rasakan bukan endors atau di bayar. Selamat mencoba ya. 

No comments: