Saturday, December 21, 2019

Sendang Biru - Malang


Saat Ke Goa China awalnya Risdiken hendak ke pantai Ngudel setelahnya, tapi teman-teman ingin ke Sendang biru. bukan pantai Sendang Biru ya, Sendang biru saja. kalau pantainya sebelahan, sedangkan yang aku datangi tempat pelekanhgan/pembelian ikan/oleh-oleh ikan segar yang baru dari laut. dan tentu jalur masuknya berbeda sama sekali. jujur saja awal touring sebenarnya kesini Risdiken sampai lupa, bukan ke Goa China. Goa China pembangkit semanhat touringnya, yang pertama ya sendang biru ini. Setelah lihat sendang biru Risdiken takjub dan foto-foto waktu itu sayangnya fotonya terhapus karena HP rusak. 

jadi gak ada dokumentasi, tapi Goa China masih terselamatkan. jadi ini nostalgia banget. Tahun 2012 samapi sekarang 7 tahunan nih. suasananya gak berubah. lho kok tau kan ini bukan pantainya? iya sahabat sekalian Risdiken ke pantainya lalu masuk ke tempat yang Risdiken datangi ini sebelahan pas tinggan lewati jalan setapak beres. banyak perahu berjejeran dan keluar masuk pantai. nah gelombang ombaknya bisa di lihat gak ada seperti pantai clungup ini pantai menjorok ke daratan cukup jauh jadi aman. cuma tempatnya sulit karena pantainya di penuhi kapal. adapun cuma sedikit. tapi aman. oke bahasan kembali ke masa sekarang.

NB: semua gambar aku ambil dengan HP karena kebetulan hp mirrorless Risdiken habis jadi gambar kurang maksimal mohon di maklumi ^_^.

 Parkiran luas untuk motor, mobil bahkan Bus kelas Medium bisa masuk. murah untuk mobil parkirnya Rp.5000 saja, dan tiket masuknya 1 orang cuma Rp.1000 saja! padahal ke pantainya dulu Rp.12.000 kurang lebih aku agak lupa soalnya itu 7 tahun lalu, sekarang bisa lebih mahal kemungkinan karena sudah cukup lama. jadi tipsnya bila ingin ke sendang biru lewat yang beli ikannya saja murah tinggal jalan kali gak begitu jauh sampai pantainya. selisihnya bisa smapai 10x lipat lebih hehehehe. 


banyak warung tapi entah kenapa banyak yang tutup. beberapa saja yang buka.



 nah sampai pantainya.



 Tugu Pasti, entah maksudnya apa ya, Risdiken gak baca, cuma lewat dan foto.



 nah bangunan itu tempat nelayan setelah menangkap ikan di laut di bawa ke situ untuk di timbang & di jual.





 ternyata ada yang memancing di sini. apa banyak ikannya ya?




 kesini untuk para nelayan yang mau berangkat ke laut, atau ke Pulau sempu uga bisa?





 nah terlihat banyak perahu menepi, di situlah pantainya sendang biru.



 lebih dekat lagi.



 terlihat menjorok sangat jauh ke daratan ai lautnya, berarti di sana ada tempat lainnya yang berkemungkinan jadi tempat wisata pantai.




 nah ini ada yang naik perahu.




 nah lihat sebelah kiri gam,bar ada edikit celah untuk di lewati, di situlah untuk menuju pantai sendang biru. dulu Risdiken ke pantainya juga lewat situ untuk kesini tempat penjualan ikannya.



akhirnya selesai perjalanan Risdiken ke Sendang Biru. sangat nostalgia, pengalaman tak terlupakan perjalanan ke sini pertama kalinya. ternyata walau 7 tahun kesini gak begitu banyak yang berubah ya. tujuan utama ke sendang biru ini sebenarnya untuk wisatawan ke pulau sempu. bukan sekedar beli ikan dan ke pantainya. oke sampai jumpa di perjalanan berikutnya.

No comments: