Thursday, January 25, 2018

Ganti ban depan Vario 150 dengan merk Planet Corsa dan impresinya


Sekitar 5 hari lalu aku ganti ban depan yang sudah amat licin karena dari beli gak di ganti sama sekali hampir 2 tahun. Kali ini sama dengan yang belakang aku pakai merk planet corsa 80/90-14. Impresinya sih lumayan kalau kataku, ya sudah gak terlalu licin karena baru. Ya tentu makin enak saja, tapi adayang rasa sedikit gak terlalu lengket di aspal. 

Apa itu terjadi karena beda-beda jenis aspal ya? Soalnya di beberapa jalan agak licin, di tempat lainnya malah lebih lengket. Secara keseluruhan sih lumayan ini ban depan merk planet corsa ini, ya maklum gak terlalu sempurna, harganya kan juga terjangkau cuma Rp.160rb-an. Ya aku agak kaget karena gak semantap ban belakangnya yang merknya sama yaitu planet corsa. 

Kemudian handling buat manuver masih lebih lincah yang ban ori. Aku belokin dikit motor gak terlalu belok agak kurang rasanya. Tapi bila di kemacetan & kecepatan tinggi aku coba manuver normal. Motor jadi lebih pede lari kencang soalnya rasa licin sudah hilang karena masih gress hehehe. Larinya kayak pas baru beli dulu begitu pede dan pas gas. 

Aku milih ban ini aslinya coba-coba saja. Begitu yang belakang begitu mantap rasanya bisa gak licin pokoknya pas banget pakainya ya coba yang depan. Sayang yang depan agak kurang dikit menurutku (jenis aspal tertentu seperti kataku di atas), tapi libas markah jalan yang putus-putus biasanya standard licin ini malah enak gak kerasa licin, aneh kan. Ya gak komplain lah, harga segitu sudah lumayan. 

Apalagi kompon di claim lebih awet. Untuk sahabat bikers yang sekedar ganti ban/dana terbatas lumayan bisa di pilih, harga lebih murah di pakai bukan pilihan buruk. Kalau yang belakang jenis sama lebih rekomendasi aku entah kenapa lebih enak saja susah jelasin dengan kata-kata. Depannya cukup lah. Salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!


Banyak pilihan ban di planet, sesuaikan selera sahabat bikers sekalian.


Nah ban depan yang aku pakai ukuran 80/90/14.


Ban belakang juga pakai planet corsa, entah kenapa untuk ban belakang rasanya lebih mantap dari versi depannya. Apa perasaanku saja?

No comments: