Friday, May 15, 2015

Gunung Kelud (wisata alam)

Hari sabtu kemarin merupakan hari tak terlupakan bagiku karena hari itu untuk pertama kalinya aku kembali melakukan touringku yang sempat tertunda berbulan-bulan. setelah menyiapkan berbagai persiapan untuk touring di malam hari, paginya aku berangkat menuju tujuanku yaitu gunung kelud. dahulu aku sempat meraba jalan jadi gak begitu sering tanya-tanya di jalan sehingga langsung tancap gas. tapi saats etenah perjalanan aku agak lupa karena banyak persimpangan sehingga tersasar dan akhirnya kembali bertanya. nah setelah itu aku baru yakin dan ingat betul jalannya.

gak kerasa saat itu pagi yang gelap mulai terang karena sinar matahari mulai muncul. para bikers bertebaran karena mereka berangkat kerja dan aktivitas lainnya. setelah kurang lebih 3 jam lebih dengan kecepatan sedang seperti naik motor biasa aku akhirnya sampai di pintu loket. maaf pintu loketnya gak kefoto jadi gaka da gambar nih. aku penasaran seperti apa gunung kelud ini setelah bro Iwan pergi kesana hany kasi gambar sedikit saja bikin tambah penasaran.

keadaan masih sepi saat itu karena masih pagi. walau sudah masuk pintu loket dan bayar biaya masuknya aku tidak melihat pemandangan indahnya. mana nih kok gak ada pemandangan gunungnya? padahal sudah masuk loket wisata gunung keludnya. tanya diriku dalam hati


Setelah beberapa saat terlihat dari kejauhan gunung keludnya. kelihatannya dataran gunung kelud gak setinggi di cangar., walapun begitu belum tentu pemandangannya kalah dengan yang di cangar. aku semakin antusias dan melanjutkan perjalanan.


bentar lagi sampai jadi sedikit selfi ^_^

 nah di jalan ini pemandangannya mulai terlihat indah, dari rerumputannya pun terlihat lebih indah

 akhirnya terlihat juga gunung kelud dari sini. aslinya sangat indah banget pemandngannya, tapi karena berlawanan dengan sinar matahari kameraku jadinya gak bisa maksimal hasilnya. saat aku memandang aku langsung takjub dengan pemandangannya. "wah asik banget ini!" bahkan para pengunjung yang dari malang bilang, biasanya gak suka wisata gunung karena di sana juga banyak gunung tapi setelah melihat gunung kelud pengunjung itu senang, takjub dan kagum. jadi gak nyesel di ajak saudaranya berwisata ke gunung kelud ini

 di jembatan inilah mulai memasuki kawasan gunung kelud. dari sini sudah terlihat indah apalagi kalau sudah masuk ke dalam. terlihat seseorang berdiri di atas jembatan untuk memfoto pemandangan indah ini.


Akhirnya aku ikut manjat di atas jembatan dan memfoto pemandanganya

 pemandangan di bawah gunung kelud setelaha ku zoom

 30X zoom

 30X zoom
 kemudian aku kembali melakukan perjalanan


 suasananya sejuk, asri dana sik pemandangannya


 bagi yang membawa mobil, disini adalah tempat parkirnya tidak boleh naik lebih jauh lagi

di gunung kelud gak perlu kuatir soal makanan karena banyak sekali pedagang makanan disana

 aku kembali melanjutkan perjalanan lebih dekat lagi

 foto panorama



 terlihat kecil jalan menuju ke pusat gunung kelud

 melihat ke barbagai arah lekukan gunung kelud terbentuk indah ditambah dengan ditumbuhinya lekukan gunung ini dengan rerumputan dan tumbuhan lain yang menambah indah pemandangannya. pokoknya kalian akan dimanjakan dengan pemandangan indah dari awal hingga akhir saat berwisata ke gunung kelud ini



berfoto bersama istriku ^^


 30X zoom

 30X zoom






disinilah tempat parkir paling atas, sisanya kita mendaki hehehehe. sebenarnya masih bisa di bawa masuk ke atas mendekati kawah, tapi sekarang sudah tidak bisa karena setelah meletus yang paling akhir dulu membuat fasilitasnya hancur, runtuh dan tertimbun tanah gunung kelud jadi hanya disini batas akhir parkirnya.


Nah kini cuma mengandalkan kaki unduk mendaki sedikit di gunung kelud


 pepohonan yang rusak akibat letusan gunung kelud, abu panas bercampur lava menerjang















 nah itu bongkahan batu besar yang retak dan jatuh ke jalan saat meletusnya gunung kelud tahun lalu

batu yang retak akibat gempa

jalan yang rusak akibat gempa bumi mulai terlihat

 pagar pembatasnya ambruk

 sebenarnya gak bgitu capek kok sedikit mendaki di gunung kelud ini, tapi jangan lupa membawa minuman agar tidak kehausan.

longsoran tanah dan batu di jalan





 nah tau gak ada yang unik dengan lekuk bebatuan gunung kelud ini?

nah ini dia, coba kalian pandangi dengan seksama mirip apa bebatuan gunung kelud ini? menurutku sih mirip dengan kepala dinosaurus kalau menurut kalian gimana?

 semakin menanjak jalannyaa tapi pemandangannya juga makin terlihat indah

pengunjung dari malang yang bertemu di depan  tadi. orangnya rama dan baik hati


istri capek ya istirahat sebentar jadinya sambil memfoto-foto pemandangan sekitar


 capek tapi pemandangannya indah jadi lanjut terus!!


 ada air terjunnya tapi terlihat dari kejauhan aku zoom

 tanpa zoom






pemandangannya begitu indah sayangnya kabut mulai menyelimuti sehinggga tak terlihat dengan jelas












jalan menuju kawah gunung kelud yang hancur akibat gempa



ngomong-ngomong mirip tembok china jalan menuju gunung keludnya







ada air terjun lagi terlihat dari kejauhan, sepertinya terusan yang di bawah







jalan masih panjang ^_^








 ini motor petugas pemantau gunung kelud jika ada sesuatu mungkin akan akan memberitahu pengunjung untuk segera mengamankan diri.

 masih jauh nih
 semangat! tapi dengan wajah uda lelah hehehehe

 mungkin ini alat pendeteksi gempa atau pemancar gelombang radio komunikasi?



 lealah ternyata gak boleh nerusin, soalnya berbahaya. aku tanya ke pengunjung yang pernah kesini katanya lokasi kawah masih jauh dan motor boleh lewat dulu. malah ada terowongan dan ada pemandian air hangatnya tapi semua itu terkubur oleh tanah gunung kelud setelah letusan terjadi, sehingga cuma bisa sampai disini saja.


 ini jalan setapak menuju kawah gunung kelud yang di tutup tadi


tempat istirahat bagi para pengunjung

 sudah akhirnya kembali



 banyak sekali bekas reruntuhan bangunan akibat letusan gunung kelud yang dijadikan pengaman akar pengunjung tidak terpelosok dengan cara di buat pembatas jalan yang rusak dan berlubang




 akhirnya sampai di parkiran dan turun

memang agak kecewa saat jalannya di tutup karena gak bisa tereksplorasi olehku sehingga gak bisa mabil foto. berhubung memang berbahaya jadi mau gimana lagi. jadi intinya ke gunung kelud ini untuk menikmati keindahan alamnya saja. walaupun begitu bentang alamnya sungguh luar biasa indah menurutku, kalian yang kesana gak bakalan kecewa deh. aku saja sangat puas dan gak sia-sia walau cuma melihat-lihat pemandangan. di jamin gak rugi datang kesana. apalalagi bersama teman/keluarga pasti akan menjadi pengalaman tak terlupakan. sebenarnya ada videonya tapi terlalu besar sehingga gak bisa upload sekarang, mungkin akan segera menysul videonya ^_^

 sampai jumpa lagi di lokasi yang indah berikutnya


Link videonya part1
                        part2
                                Slideshow 
                         part 3
                        part 4

No comments: