Monday, April 15, 2019

Coban Bidadari - Malang


2 Minggu lalu Risdiken perjalanan ke Coban Bidadari. ya baru kesampaian sekarang hehehehehe. sebelumnya adik ipar pernah kesini duluan dan katanya sih biasa saja. tapi gak sebiasa yang di katakan sih. ternyata pesonanya jauh lebih baik apalagi bila di lihat secara langsung. awalnya bingung mau ke mana nih yang touring bisa bawa moge? ke pantai juga bisa tapi bulan kemarin sudah, nyari tempat lain saja deh akhirnya. ke batu tinggal coban sadang saja di pujon soalnya tempatnya di sebelah jalan pas.

sudah di siap-siapkan eh perjalanan dari rumah lama ke rumah risdiken sekarang ngambil ini motor kena hujan apes deh, terpaksa cuci lagi sendiri padahal baru aku cucikan belum tak pakai sama sekali hehehehehe.

not yet ah, mungkin kedepan nih kesana pas bulan puasa kan asik gak terlalu sulit & capek medanya. oke langsung tersirat di benakku ke jalan Bromo via malang ada coban bidadari. jalannya juga tinggal turun doang kan dari jalan aspal. walaupun bawahnya jalan tanah tapi kan gak hujan kering, aman. akhirnya putuskan ke sana saja deh. saat kesana walau bawa moge risdiken santai seperti bawa Vario 150. mentok ya 100km/h malah jarang sih rata-rata 70-90km/h. mungkin sepi bange 120-130an lebih dikit super jarang. karena itu ya gak terlalu boros hehehehehe.

sampainya di sana untung sudah ada orang dan buka, apesnya lupa ke indomaret beli tisu buat bersihkan lensa bila kotor/kena air. dan bayarpun gak ada kembaliannya karena belum ada uang receh di pintu masuk pembayarannya. begitu sepi wah angsung saja gak pakai lama eksplor. disini Risdiken bawa juga Nikon D7100 yang ternyata gak terpakai karena lensanya berjamur dan ngefog >_<. ya pakai M10 saja deh akhirnya. sayang banget, padahal sudah lama gak pakai jadinya begini.

sekitar 1 jaman kurang lebih risdiken sudah dekat nih, mash terlalu pagi, tapi gak masalah deh udaranya sejuk sangat nikmat.



akhirnya sampai juga di halaman parkir. masih super duper sepi, langsung deh eksplor hehehehehehe. bersih bebas sampah, ini yang harus di lakukan oleh penglola wisata alam lainnya.




masuk langsung ketemu jalan bercabang. untuk santai-santai dulu ke bawah saja banyak penjual makanan dan minuman, di sana bisa melepas lelah dulu. bila ingin ke taman atau coban bidadarinya ya langsung saja lurus gak perlu turun.



jadi bila bawa anak kecl seperti yang tertulis harus di dampingi orang tua. memang di tamannya sebelahnya hutan sih. karena itu sangat berbahaya bila gak di awasi.



sepanjang jalan di hiasi dengan bunga-bunga yang membuat tempat ini jadi makin enak di pandang. setiap sudut penuh keindahan alam.



di bawah sana ada payung untuk hiasan taman disini agar lebih fotogenik. mmang suasananya mantep kok.




disini cukup banyak penjual makanannya, jadi gak perlu kuatir bila terlanjur jauh ke depan karena disana juga ada lagi penjualnya berjejeran. foto ini yang setelah pintu masuk. 



oke, masuk gerbang coban bidadari. siap-siap deh eksplor ya taman dan air terjunnya.



dari sini sudah terlihat gunung lain yang menjadikan pemandangan di sini luar biasa indah bagiku. gak heran banyak yang bilang coban bidadari daya tarik utamanya wisata ini bukan air terjunnya, melainkan tamannya. ya aneh sih, tapi tamannya memang tertata dengan indah plus pemandangan indah juga, serasa di surga deh. gunung yang terlihat jajarannya gunung welirang ya? 



banyak spot indah seperti ini, gak heran para remaja betah berkunjung di sini dan intragamable.




nah himbauan tempat duduk tadi dan spot yang indah di sini gak boleh buat nongkrng karena masih banyak yang ingin foto di sana gantian. mungkin kalau sepi pengecualian.





waduuh beautifu banget kan pemandangannya. asikk nih. tapi kenapa aku ak kepikir foto di sini ya. mungkin karena pijakannya bentuk cinta ini ya, apalagi risdiken kan sudah om-om wkwkwkwkwk. tapi ya asli pas jarak pandang jernih gini menyenangkan banget dans angat nikmat melihatnya.




oke, di sebelah banner ini jalan turun ke coban bidadari. tapi bila ingin ke tmannya dulu lurus terus. Risdiken putuskan lurus dulu eksplor tamannya karena mash terlalu pagi, males berlama-lama di air terjuns endirian. ya perlu sendirian bar bisa ambil foto dengan indah, tapi kalau terlalu lama gak enak juga hehehe.




waaahh... spotnya asli indah banget. gak rugi deh kesini. baiknya memang pagi hari dan sore untuk pandangan yang maksimal buat foto, susananaya juga kan gak panas. kalau siang hari walau indah pasti agak beda, dan suasananya kurang enak akrena panas mulai terasa.



naaahhh... masuk wilayah tamannya. asli penuh keindahan.



eit ada kucingnya! berarti ada manusia yang tinggal di sini jadi kucingnya betah di sini karena pastinya ada yang ngasih makan. soalnya ini kucing kampung bukan hucing hutan. ya menambah keunikan di coban bidadari ini ya hehehehehe.







nah ada bangunan seperti rumah. disinilah warung di taman ini. setelah puas foto-foto lapar atau haus bisa kesana. atau bisa juga beli beberapa minuman untuk turun ke coban bidadarinya.



disinilah paling top pemandangannya. 





keren banget kan spotnya.



disini malah joss banget pemandangannya. Risdiken sempat vlog juga disini karena selain di abadikan di foto, juga di video. sayangnya bikin nangis ngomong susah payah kehapus, salah hapus file >_<.





akhirnya puas eksplor taman, kini turun ke coban bidadarinya. jalan turunnya ternyata mirip coban jodo tahun lalu, turunnya lumayan capek karna cukup tajam, naiknya otomatis sama karena juga lebih menanjak. ya iapkan saja minim pas balik biar gak kehausan dan terlalu lelah.



keadaan turun gini saja juga indah pemandangannya, pokoknya top banget deh.



Risdiken saranin ektra hati-hati saja saat turun ke coban bidadari ini ada beberapa bagian yang licin untuk di loewati, lebih baik lepas sandal saja sementara.




akhirnya kelihatan juga setelah capek turun. sedikit lagi nih, semangat!



oke, mau turun nih, tapi waspada ya di sini banyak tumbuhan putri malu di jalan setapak ini yang banyak durinnya. jadi melangkah lihat ke bawah saja sementara.



sudah semakin dekat. semangat terusss.




akhirnya sampai juga ke air terjunnya. tinggal turun dikit sampai di bawahnya.



nah sampai nih Risdiken. aku kira bakal kecil/seuprit, termyata gak. cukup luamyan besar.




slow shutter mode. setelah ini sudah gak melakukan slow shutter lagi karena filter ND8 ketinggalan di rumah, sayang sekali >_<. jadi ini pakai tangan tanpa tripod dan ND8 filter. memungkinkannya di posisi ini, ke bawah gak bisa karena lebih terang.




masih terlalu pag, sampai-sampai sinar matahari terlihat seperti ini. suasananya jadi lebih asik sih untuk di pandang.



foto lebih dekat dengan cobannya.



keindahan coban bidadari mulai kerasa. mantap kan hehehehehe.



sayangnya saat turun sampah mulai banyak terlihat. kemungkinan ini orang yang tinggal dekat bromo setelah loket bayar kita akan melewati pedesan yang banyak warganya. nah kemungkinan ada sungai yang menjurus ke coban bidadari ini dan orang di sana buang sampah di sungai jadinya terbawa oleh air di coban bidadari ini. menurutku sih pengelola bisa bikin taman seindah itu di atas, di bawahnya coban bidadari ini di bersihkan sampahnya dan di kasi saringan di atas air terjun jadi sampah gfak ikut terbawa dan bla sudah banyak sampahnya bisa di amankan.

Udaranya seger, suasana juga oke. Asli menyenangkan walau bukan air terjun terbaik di Malang.

untuk posisi foto memang agak sulit di sini karena di bawah dari dekat gak terlalu luas, jadi gak bisa full deh foto diri sendiri dengan air terjunnya. tapi sebenarnya bisa di akalind engan cara mundur lumayan jauh dari air terjun emngikuti sungai, kan masih kelihatan.





Nah kan cuma dapat segini hehehehe.




sampahnya di mana-mana, semoga pengelola juga membersihan di sini juga selain di tamannya.



suasananya pas banget ya, cahaya sinar matahari juga terfoto menambah keindahannya.



foto posisi kiri air terjun.








sekaran posisi kanan air terjun.




akhirnya selsai deh foto-foto di air terjun coban bidadari ini. sayang kurang bisa mengambil sport yang bagus karena kurang luas di bawaha ir terjunnya. walau ada yang bikin Rsidiken puas, sebenarnya bisa lebih maksimal lagi kalau luas jelas lebih joss. mungkin pengelola bisa membersihkan rumput/tumbuhan yang di depan air terjun agar lebih luas dan tumbuhan yang di berishkan  di ganti tanaman bunga atau apa bisa lebih hits lagi ini air terjun.



akhirnya lelah ke warung dulu untuk minum-minum, setelah itu lanjut lagi perjalanan pulang.



foto-foto dulu sebelum pulang. mau foto di pinggir jurang eh sudah rame, ada yang sepi tapi pembatasnya tips dan rawan longsor, jadi nyari yang aman saja di bawahnya dikit.



backlight nih.



ya karena backlight wajah gak kelihatan pakai helm saja hehehehehe. hitam-hitam bukan hantu ya melainkan sensor soalnya foto caleg. ntar kesannya kurang oke jadi ya sensor wkwkwkwk.


akhirnya selesai juga perjalanan Risdiken ke Coban Bidadari. dulu selalu gak sempat dan selalu kepikiran mau kesini eh malah meluncur di tempat lain. kali ini fix langsung meluncur ke sana dan agak santai ternyata masih terlalu pagi. ya untungnya sudah ada penjaganya, jadi gak perlu nunggu datang. ditinggal ya ngeri juga hehehehe. memang yang di katakan banyak orang ada benarnya, coban bidadari paling menjadi daya tarik utamanya ya tamannya yang indahdan pemandangannya luar biasa indah, jadi orang masuk ke wisata coban bidadari gak selalu turun ke air terjunnya. 

banyak juga yang cuma ke tamannya saja. walaupun begitu bukan berarti air terjunnya jelek. ya indah kok, cuma ya bisa di katakan kelasnya biasa. tapi kalau bisa ambil sport foto yang bagus jadi keren kok. apalagi lihat langsung, sueger dan sejuk di bawaha air terjun. gak mengecewakan kok. jadi bila ke coban bidadari karena keindahan tamannya juga, gak ada salahnya turun ke air terjunnya karena sueger dan mantap. 

habispulang dari bromo bermotor atau naik mobil sempatkan mampir kesini juga, viewnya bagus banget, dan nikmati juga suasana di air terjunnya. oke sampai jumpa di perjalanan Risdiken beriktunya. mungkin 2x touring gak bawa moge lagi, soalnya tujuannya medan sulit, setelah hari Raya Idul Fitri baru touring lagi pakai Z800. bukan berarti gak di pakai sama sekali sih, sunmori dan di pakai hairan tetap hehehehe. my trip its my life!

Link Videonya:
 bantu share and subscribe ya ^_^

No comments: