Tuesday, January 30, 2018

Cikal bakal sport fairing

Tadi enak-enak ngobrol aku dengar cerita unik entah bener apa gak. Tapi saudaraku dia ngerti dari lihat tv. Cerita unik asal muasal sport fairing. Jadi jaman dulu motor balap katanya gak ada fairingnya. Jadi kayak naked bike tapi tetap nunduk podisinya biar cornering lebih enak. Lalu kenapa kok jadi ada fairingnya?

Nah fairing ada aslinya buat nutupi mesin biar gak kelihatan kompetitornya. Kalau tau seluk beluk mesinnya dan motornya enak bisa di contek tim lain. Karena itulah di turupi pakai fairing. Makanya dulu fairing membulat. Selain karena desain jaman dulu memang kurang oke, memang di bikin bulat biar simple, aerodinamikanya juga pas. 

Nah seiring perkembangan jaman motor balap ini fairingnya di ubah desainnya sedikit demi sedikit. Mungkin biar aerodinamikanya lebih baik lagi dan penonton gak bosen lihatnya dan terus berkembang sampai sekarang ini yang sudah telihat keren. Dan motor massalnya pun di jual dan di percantik tampilannya. Sekarang motor balap ya fairing, kalau dulu ya gak begitu. 

Jadi model-model motor balap atau sport fairing asalnya biar gak di contek teknologinya kini berkembang menjadi trend. Salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: