Friday, January 12, 2018

Ketika sales yamaha mengira honda main dukun

Sebelumnya Risdiken mohon maaf bila ada yang tersinggung, Risdiken gak ada niatan jelek cuma share cerita yang menurutku bikin ketawa karena menurutku lucu ya seperti judul di atas. nah kan saudaraku ada yang service motor maticnya (Mio). saat itu kan jam antri-antrinya. sambil lihat-lihat motor matic terutama maxi maticnya yamaha. gak lama kemudian salesnya muncul dan menghampiri. ya tanya jawab terjadi panjang lebar yang gak perlu aku tulis satu persatu. ya ngobrol sambil jalan pelan-pelan lalu sampailah pada X-Ride 125.

si saudaraku tanya, ini motor apa ya? si sales ini motor X_Ride 125 pak model baru. saudaraku kembali bertanya kok jarang lihat di jalan, masih baru ya? si sales bilang : belum terlalu lama pak tapi kurang laku tidak seperti matic lainnya. padahal sudah ganti mesin baru, lampu led (dan lainnya pokoknya panjang skip saja soalnya di sebutin satu-satu hehehehe). dengan segudang kelebihan dan fitur baru itu masih kalah dengan merk sebelah yang 110cc. 

padahal cuma di copot totoknya saja dan sedikit ubahan gitu saja sudah laku banget (padahal disini aku juga jarang lihat lho beat street), ini pasti main dukun honda! (salesnya sambil pasang muka sebel) mendengar itu bikin ketawa, masa iya honda main dukun jualan motor? iya kalau jualan makanan di kaki lima pakai dukun masih masuk akal, ini jaulan motor skala nasional pake dukun? wkwkwk bikin ngakak. memang bila di lihat secara spesifikasi/fiturnya jauh lah X-Ride 125 ini dari Beat Street, tapi malahan beat street lebih laku katanya sehingga ngira pakai dukun karena gitu doang lebih laku dari X-Ride 125. 

ya mungkin salesnya gak pernah jalan-jalan kali ya? honda selaris sekarang karena yang gerak dari atasan sampai sales yang garis depan juga bertindak. yang atasan mungkin arahnya ke iklan media tv, internet dan lainnya sedangkan sales lansung ke masyarakat. coba lihat ke gading fajar Sidoarjo, ada gak sales yamaha nangkring disitu? gak ada. adanya sales honda pajang motornya. dan itupun mengepung beberapa sisi jadi noleh kemana saja motor honda yang terlihat sehingga lebih familiar seperti sudah aku bahas lengkap dulu. 

sedangkan yamaha jarang, kalaupun ada jauh lebih sedikit. bayangin saja teman saudaraku sales honda karena berhasil di atas target penjualannya bisa dapat bonus ke Jepang liburannya dari bossnya! padahal dia cuma menjajakan motor honda ngemper di pasar setelah jam kerja. saat dia di dealer selesai jam kerjanya kemudian pinjem dealer mobil untuk menjajakan motornya. dan hasilnya malah lebih laku di emperan daripada di dealer! 

jadi kalau saja yamaha juga seperti itu ya pasti produknya bakal lebih laku dari sekarang! memang sih X-Max, N-Max dan Aerox 155 cuma jual di dealer saja laris ya solnya konsumen nemu yang benar-benar matic bagus harga bersahabat di dompet. karena puas tanpa sales langsung konsumen ngomong dari mulut ke mulut akhirnya ya laris soalnya pemasarannya dari mulut konsumen langsung ini yang luar biasa. jadi karena itu, sedangkan matic lainnya kan biasa saja kayak motor beat dan motor honda lainnya, jadi butuh trik  khusus di pasaran. 

masalahnya kan gak semua orang suka lihat berita otomotif di internet atau berita. jadi mereka yang seperti itu lihat lansung bisa ketarik beli kena omongan sales hehehehe. honda main dukun? pendapat saahabat bikers sekalian bagaimana? wkwkwkwkwk. salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: