Friday, December 14, 2018

Perjalanan Risdiken membeli Moge (Z800)




1. FLASH BACK


mempunyai motor besar sudah menjadi impianku sejak lama. dan gak terbayang kalau sekarang memilikinya. di Porong kan sering di lewati moge yang konvoi. lihat langsung wah kerennya, begitu pikirku saat itu. ya saat aku mulai suka motor sport di situlah aku suka motor besar. awalnya ya kelas Mege Pro, Tiger dan lainnya yang aku impikan. gambar moge cuma jadi poster di dinding-dinding saja. lihat motor fairing saja sudah sueneng banget. kueren rasanya. apalagi dulu jaman Ninja 150RR baru rilis, ada 1 yang punya rasanya kayak moge banget saat itu. keren poool. waktu berlalu sampai aku lulus SMA. masih seperti biasa, punya motor fairing sepertinya cuma mimpi rasanya. moge cuma lihat doang. 

pernah saat lumpur lapindo menggila jalan utama di tutup rombonan moge masuk desa karena jalan utama di tutup. Risdiken bisa lihat dengan jelas dari jarak sangat dekat. kerennya bukan main! tapi Ridiken gak ingat itu jenis motor apa saja. entah CBR, R1 atau lainnya. dan saat itu Ninja 250 Karbu masih sangat juarang.lihat lewat walau tanpa suara merdu 2 silinder wiiih moge niih keren, bukan main. muantep. aku kira dulu Ninja 250 karbu sekelas dengan moge 600-1000cc soalnya dimensinya kan sama hehehehehehe. ngimpi deh punya yang kayak gini. lalu saat menhabiskan waktu dengan sahabatku si Ispar aku menghadiri launching CBR250R Built Up Thailand. meihatnya saja wih sudah bikin ngiler saat itu. lagi lagi Risidken mikir dalam hati kecil, cuma bisa lihat gak mungkin bakalan kebeli. 

nah saat itu media internet gak seramai sekarang, Risdiken sering lihat-lihat koran barangkali ada berita menarik ada even yang bagus untuk di hadiri di Surabaya. nah di koran ternyata di beritakan CBR150R rilis, adik dari CBR250R. aku berpikir, hmm pengen nih punya motor fairing. paling tidak yang paling kecil dari gen CBR series. jadi saat itu Risdiken pengen CBR150R CBU Thailand. akhir kata punya Rejeki Ternyata Risdiken bisa beli kakaknya yang CBR 250R. ya Risidken senangnya bukan main dan sangat bersyukur bisa punya motor sport fairing. 

bacak juga :



2. TERJUN DI KELAS 250cc



ya Risdiken cukup bersyukur, sebagai pecinta motor sport Risdiken langsung di beri kesempatan langsung ke kelas 250cc, jadi belum pernah di kelas 150cc sebelumnya. punya CBR250R saja puasnya bukan main. di saat inilah Risdiken makin suka dunia motor sport apalagi permogean, seneng bukan main. bahkan wallpaper komputer gambar moge semua. dari CBR100RR, R6, Ducati dan lainnya. ketemu moge di jalan wiiih seneng. buntuti deh. bahkan sempat adu balap liar di jalan lawan R1 Crossplane sebelum versi yang terbaru sekarang ini. ya namanya jalan ramai jelas CBR250R juara karena kubikasi lebih kecil jadi lebih lincah. selengkapnya click di sini linknya. walau senang, di saat pakai CBR malah lebih jarang pakai karena terlalu sibuk saat itu. 

touring ya medannya gak bisa di lalui sayang banget. belum puas Risdiken dengan CBR250R dulu. setahun saja pakainya terpaksa di Jual karena butuh mobil untuk keperluan keluarga dan kerja (ertiga). dan beruntungnya Risdiken punya Rejeki jadi bisa beli motor sport lagi. kali ini Risdiken membeli R25 pada tahun 2014. Risdiken seneng karena punya motor 250cc lagi, apalagi 2 silinder. ya pengen beli Ninja 2x gagal wkwkwkwkwk gak jodoh jadi dapatnya R25. nah di sini mulai makin menggeliat. makin melek di dunia motor sport terutama moge. sudah kalau lihat moge, rider 250cc makin ngiler hehehehehehe. saat itu Risdiken sendiri gak punya teman, bingung mau ada apa-apa tanya ke teman eh gak punya. beruntung pas recall ke 1 R25 risdiken jadi kenal banyak orang. 

dan kebanyakan dari mereka sudah gabung club. nah Risdiken minta kontaknya bila perlu apa-apa dan lainnya bisa kontak. saat itu Risdiken di sambut sangat hangat seperti saudara sendiri, rasanya jadi tentram. di situlah titik awalnya dari 0 Risdiken mulai ketemu jalannya lebih dekat dengan dunia moge sampai benar-benar ingin punya moge sendiri. dari sinilah Risdiken di kenalkan banyak bikers Rider R25 dan motor lainnya termasuk Ninja 250 FI. dan ada pula yang sudah pernah naiki moge dari test ride teman-teman mereka. bahkan teman-teman sudaha ada yang punya. weeeh keren lihat dari dekat banget. terkahir lihat moge rame-rame ngumpul saat belum gabung club di 2014. 

tahun 2014 banyak moge ngumpul di Sutos kebetulan saat itu Risdiken meliput.


ya sebagai pengagum moge, sering Risdiken ngobrol dengan teman-teman tentang moge, bahkan saudaraku Rider MX-King dan Blade 125 nemani ngobrol moge bila di rumah atau kerja agak santai. ya gak moge doang, pokonya dunia permotoran terutama motor sport. intinya saat itu Ridiken sudah cukup nyaman dan bersyukur dengan punya motor 250cc 2 silinder dan banyak teman. sueneng banget rasanya. Risdiken cukup menikmati saat seperti ini. riding/touring makin bersemangat dan sangat menikmatinya.

- Kisahku 2X gagal membeli Ninja 250 FI

sekedar kagum, belum benar-benar ingin karena masih berpikir terlalu jauh impian itu karena harganya terpaut jauh dari motor 250cc. 250cc saja syukur banget sudah punya. 2016 pas 2 tahun lalu Risdiken touring pedana sebagai anggota Club walau belum resmi saat itu, baru ikut touring belum kopdar sama sekali. nah saat itulah aku lebih dekat dan kenal baik dengan anggota club. salah satunya Pak Komar. beliau salah satu pengagum moge juga. kami ngbrol cukup asik. gak cuma di rumah makan, sampai Sedudo juga pas sudah puas foto-foto ya Risdiken ngobrol lagi dengan beliau. beliau berkata sangat mengagumi Z800, katanya keren dan berencana membelinya.

hmm mantap nih, kalau beliau sudah punya bakal lihatin dan foto-foto hehehehehe. tapi aslinya risdiken kurang yakin dengan beliau. aku kira cuma sekedar ngomopng hehehehehe. tapi dia meyakinkan sudah cek sana-sini mau ambil Z800. sekitar 1 tahun kurang lebih pas Risdiken ke Sidoarjo ada rombongan moge. wiiih keren nih, biarpun lihat doang suneng. oke aku buntutin sebentar dan lihat. di sana ketemu banyak temanku ternyata. dan salah satunya pak Komar. awalnya gak tau, aku ngobrol dengan Pak Eko pas bawa R25 (beliau juga punya CBR1000RR) dan di sampingnya ada CBR600RR tahun agak lama. dan ternyat ridernya buka helm whaatt!! Pak komar beli moge!

- Ketemu moge di Jalanaku terkejut saat mendekatinya.

dari titik ini Risdiken sadar, ternyata teman-teman juga banyak yang sudah main moge. gak sekedar ngomong doang. gak ba bi bu ternyata punya. hmm enaknya yang punya uang pikirku saat itu. Risdiken mikir, gak ada yang gak mungkin selama mau berusaha dan berdo'a pada Tuhan yang maha kuasa. oke Risdiken kerja sambil terus menerus hitung dan kalkulasi, bisa gak ya beli moge? Risdiken berusaha tapi kok ya sulit banget. apalagi keluarga gak setuju, suruh beli mobil saja. kalau beli mobil malah keluarga di bantu nambahin. ya buat apa mobil banyak-banyak numpuk gak kepakai ntar. 1 saja sudah cukup banget.

oke break dulu, nikmati saja 250cc sepuasnya, baru nanti ada rejeki bisa beli. jadi untuk membeli moge masih belum masuk, aku kira bakal sulit dan sangat kecil kemungkinannya kalau bisa. Risdiken gak nyerah, tapi gak ngotot. cukup nikmati saja apa yang ada. naik akame rasanya begitu menyenangkan. memang riding macam gini mantep, apalagi pas speeding atau ngebut di jalan kosong yang aman, wiiih muantep rasanya. ya sambil menjalani hidup seperti biasa dan toruing sebulan sekali plus kopdar, Risdiken juga gemar nonton youtube. banyak vlog tentang moge bikin tambah ngiler. memang jadi tambah pengen, tapi paling positifnya bagiku nonton vlog-vlog motor di youtube lebih semangat lagi riding dan menikmati riding bersama akame. sensasi speeding dan suaranya bikin muantep jiwa asli wkwkwkwkwk.

walau gak beli dari dulu suka iseng Risdiken cek jual beli online ternyata ada moge 100 jutaan 4 silinder, wih pengen ah, tapi saat itu Risdiken nyadar. rentang segitu dapat 600-1000cc sport fairing ya tentu NP alias bodong. resiko ah, tapi pengen. ya apa daya, syukuri punya 250cc, ini saja sudah lebih dari cukup dan sangat bersyukur begitu menyenangkan riding dengan akame. suatu ketika tahun 2018 ini Risdiken lihat ada R6 FP cuma 146 juta saja. walau tahun lama tapi modelnya keren seperti gambar di bawah ini. ya terlalu tua 2007 nih, tapi kalau mesin sehat tak apalah, toh body masih keren. 146 nego 140 kena nih! bisa nih kayaknya, walau harus ekstra kerjanya peres tenaga sampai lemes.

persis seperti ini motornya warna merah bikin makin ngiler.

akhirnya coba cara ini itu gagal Ridiken ya sudah deh, santai saja lah gak bisa mau gimana lagi. penjualnya sudah aku kontak padahal, dan nego di tempat. ya sudah deh sabar saja. tapi dalam pikiran Risdiken, oke tahun inigak bisa, tapi gambaran pikiran Risdiken 2019 paling tidak akhir tahun sudah punya. harus berusaha sekuat tenaga. semntara ya apa adanya sekarang di syukuri dan nikmati, toh sudah sangat nikmat. walau belum terlaksana aku mulai meyakinkan keluarga agar menerima bila aku beli kelak. ya tentu sambil berdo'a pada Allah. sholat malam di lakukan dan berbagai macam cara dan iktiar terus. dan akhirnya done, mereka gak memeprmasalahkan aku beli moge.

PERJALANAN MEMBELI MOGE

nah pas ngomong ke Istri awalnya gak setuju, uang ratusan juta mending buat beli mobil atau buat beli tanah atau lainnya. ya Risdiken yakinkan dan akhirnya deal gak masalah tapi dengan 1 syarat gak boleh ada 2 motor! karena itu akame terpaksa aku jual deh. ya duit belum ada tapi kenapa seperti ada dorongan untuk berusaha punya saat itu juga setelah jual akame. kenapa akame langsung aku jual pas bolehin beli moge soalnya kalau nunggu terlalu lama harganya malah makin hancur, buat tambahan jadi kurang jadinya makin lama belinya. asli Risdiken gak nyangka, saat itu juga ada pikiran bisa beli tahun ini (bulan Agustus lalu). padahal uang gak ada kok sampai mikir gitu, bagaimana bisa? Allah menjawab gaka ada yang gak bisa, seakan pikiranku di buka bagaimana cara-cara agar aku bisa beli moge, dan nyata seumpama bila aku lakukan bisa.

kebetulan pembeli akame seorang broker motor termasuk kelas moge yang ternyata jaringannya besar. Risdiken di tawarin ER6N wah maaf bro. saya nyari yang 4 silinder, tolong saja kalau ada. terutama R6. oke beres bro, nanti saya kasi kabar tuturnya, dan dia bisa bantu kredit motornya karena punya chanel bank. setelah gak mau ER6N Risdiken di tawarin ZX6R (bukan 636 ya). aku lihat, wah walau tahunnya di atas R6 merah tadi, modelnya kurang masuk. beli mahal-mahal sekalian model harus bagus juga gak sekedar enak di naiki hehehehehe. dia malah meyakinkan langsung proses. 160 masih sampai lah, apalagi kredit paling DP 50-60 angusran 4 juaan pikirku saat itu sayang kurang masuk modelnya. dulu lihat klepek-klepek hehehehehehe.

aku tanya kalau Z800 ada ta? Broker bilang : saya bisa cari mas, tapi biasanya rata-rata kisaran 170 jutaan. waduh berat ini, mana kuat aku. oke nyari R6 saja lah soalnya saat itu bnyak R6 FP harga bagus 150 jutaan ada selain yang aku sebut warna merah tadi. Risdiken pernah bilang R6 bila beli moge aku coret walau keren kan bikin capek, tapi karena adanya perkiraan bajet 140-160 max itupun di angsur dan adanya R6 mau gimana lagi. toh modelnya lama-lama bikin berpikir, persetan capek, moel keren pakai semiggu sekali beres! tapi aku mikir dia kan makelar, banyak dikit pasti ada muslihatnya, takutnya kenapa-kenapa aku. memang pemikiranku saja, aslinya itu orang baik, tapi tentu namanya makelar atau broker ya tentu ada sedikit banyak bohong, apalagi dari pas ngobrol Risdiken bisa simpulkan cocok gak aku sama orang ini.

karena itu aku jadi gak sreg sama broker itu. tapi aku nyoba di beberapa bank ngajukan kredit moge sulit gak ada yang berani jamin. padahal kalau mobil bekas pada mau semua. pakai jasa broker takut di blubuk barangnya, nyari bank sendiri seperti kata broker itu gak ada yang mau kreditkan moge kalau bukan bank yang biasanya menerima kredit moge. wiiih capek juga nih. perjuangan berat di mulai di sini. malahan di bank B*A di sarankan moge baru kebetulan bunga super ringan langsung bisa. Risdiken cek memang gila, di broker dan di manapun rata-rata 4 jutaan lebih, di bank tersebut cuma 3 jutaan, selisih ratusan ribu sekitar 700-999 ribuan/angsuran. sayang harga 165 juta ada Ninja 650 saja walau murah ya rugi aku. seken segitu dapat z800, kan mending Z800 saja. karena ragu dengan broker dan di bank manapun gak bisa, Risdiken bingung.

putar otak kembali deh. aku ingat, si Bartos sebut saja demikan spesialis bank finance (kredit). dia biasa loloskan orang ngajukan kredit yang gagal jadi bisa di terima. kali saja bisa kredit moge. dia punya channel banyak. kontak sana sini ketemu ada yang mau dari pihak bank A*i*A. aku kira tinggal DP beres motor di bawah ke rumah, ternyata gak semudah itu, aku harus jujur ke penjual motor kalau secara kredit belinya melalui bank. nanti Risdiken DP ke pemilik 50-60 juta pinjem BPKB untuk pencairan uang. setelah uang cair penjual dapat bayaran full, aku bayar ke bank. hmm sulit nih kalau kayak gitu. sekarang misi pencarian moge di mulai. Risdiken kontak penjual R6 tadi apesnya kontaknya hilang. Ridiken search di facebook gak ketemu juga. waduh gimana nih, yang hitam sudah laku, tinggal merah gak ketemu nih R6nya.

Risdiken berdoa dan sholat malam, Ya Allah beri petunjuknya. eh setelah solat kembali pikiran serasa terbuka, ide yang gak terpikirkan seakan terbuka jelas dan ide itupun aku terapkan. langsung serach saja di facebook R6 merah. dan langsung cling walau sudah lama karena warna jarang jadi muncul. aku lihat kontaknya orang yang berbeda ternyata. oke save. siangnya aku telp apesnya sudah laku. huff gimana nih, masa iya gak jadi gara-gara gak nemu unit yang cocok? akame motor kesayangan sudah terjual gara-gara ini, aku gak mau jadi sia-sia belaka. R6 masih banyak di kisaran harga 175-220 jutaan, wah segitu bajet kurang, maksa angsuran lebih mahal. ya nyari refrensi tentang R6, dan nemu banyak. rata-rata bilang ini motor capek banget di naiki soalnya setangnya ekstra nunduk. bahkan tersadis. risdiken sudah tau, tapi dari baca berbagai opini, lihat youtube, dan lainnya kok jadi keder ambil R6?

setelah bilang persetan gak peduli, sekarang mulai keder. oke minta petunjuk pada Allah mana yang paling cocok untukku? ya kalau gak R6 naked saja Z800. tapi bila ada GSX-R600 K8 FP atau CBR600RR FP harga bagus sikat! di salah satu jual beli moge ada GSX-R600 ternyata sudah laku sebelum posting. kontak lama yang aku simpen siapa tau beli moge ternyata mulai realisasi aku hubungi gak respon tanda sudah laku. dan setelah sholat kembali, pikiran Risdiken seakan di beri isyarat dan isyaratnya Z800. oke Fix Z800 saja deh. tapi ada yang jual R1 lama yang belum crossplane model lumayan keren di stiker headlampnya jadi kueren mantep, cuma 150 juta saja! Risdiken mau lihat unitnya ternyata di lombok, ya Risdiken gak afdol kalau gak lihat unit langsung jadi coret.

BULATKAN TEKAD PILIH Z800 & PERJALANAN DALAM MEMILIKINYA

semua penjual Z800 kontaknya Risdiken save entah dari facebook atau jual beli online. penjualnya kebanyakan sangat ramah sekali, Risdiken jadi gak enak gak beli motornya. ternyata motornya bagus-bagus. tapi Risdiken beli bukan karena sungkan, ini motor gak main-main harganya harus paling pas di hati! pertama lihat di Surabaya 2 unit. ternyata 2 unit ini spesial. yang pertama warna hijau tahun 2013, ini sebenarnya unit paling istimewa sepanjang perjalanan Risdiken lihat Z800,. mesin super halus sangat terawat, body kinclong, part branded melimpah. yang Risdiken kurang sreg karena knalpotnya scorpion. aku kira suaranya gak enak soalnya idelnya kurang mantep suaranya. di geber juga begitu, padahal  bila jalan ternyata mantap. oke negosiasi jatuh ketemu 165 juta. oke saya lihat unit lain dulu pak. bila cocok ntar saya kontak lagi.

dan Risdiken ke sana bawa motor di kira bawa mobil hehehehehehehe. unit ke 2 harga lebih mahal, awalnya 165 juta suruh nambah dikit di lepas, eh ternyata banyak yang nawar jadi seakan lelang saja. makin tingi harganya karena makin banyak yang ngincer. motor juga rawatan, enaknya lagi warna oren risdiken lebih suka daripada hijau karena masih ada nuansa warna merahnya kan Risdiken suka warna merah. apalagi knalpotnya M4 Slip on. wah ini nih, setelah akame pakai M4, Z800 M4 lagi, jadi ciri khas nih. apalagi walau slip on knalpotnya punya suara yang gahar. sayang ada baret dikit, entah kenapa. mungkin habis crash. lanjut perjalanan ke Tulungagung rencananya. paling murah dan paling banyak asesorisnya.

belum berangkat sudah di telp unit nyadi bawa ke Malang, wah mantep gak jauh-jauh. sebenarnya pemilik Z800 ini yang aku kontak duluan, nego-nego berandai-andai kalau 160 boleh gak dan ternyata boleh, padahal urusan part, jauh lebih komplit dan branded gila deh. tapi tiba-tiba mau di naikin saja harganya soalnya pajaknya habis mati di on kan lagi kalau mau 165 di lepas. tapi walau segitu tetap worted. apalagi knalpotnya M4 juga, dan anehnya suaranya lebih gahar lho sama-sama M4 dan Z800nya. cuma yang di Malang ini warnanya gelap knalpotnya, sedangkan yang di Surabaya tadi putih seperti yang nempel di akame. oke cek terus lho kok tangkinya penyok dikit nih? waduh ini bikin pusing. dan di beberapa bagian ada baret dikit, mungkin habis jatoh. oke gak masalah asal mesin normal. dan di cek ternyata suaranya kasar menurutku. waduh shock berat aku.

Aku bilang nanti kalau setuju aku kabarin dan cabut,, di tengah jalan Z800 hijau Surabaya saja yang aku putuskan aku pilih, yang oren minta 168 lebih ya kurang worted. aku telp aku jujur kalau ambil motornya secara kredit dan mekanismenya aku jelaskan dan untungnya orangnya baik sekali dan mau! minta fotokan STNK boleh, yang merah gak boleh gak percaya kayaknya, itu juga yang bikin Risdiken sebel. jadi aku kontak yang hijau saja, yang oren gak aku kasi kabar. dan masalahnya timbul di leasingnya. angsurannya gak sesuai dari perjanjian awal. aku ngamuk dan komplin, kalau gak sesuai batal saja deh! dia bingung dan boleh lah harga semula, tapi katanya masalah pada motornya di bawah 2014 gak boleh 3 tahun, harus 2 tahun paling lama! what!! gilaaaaa luuuu!! mau aku batal saja nih, kalau 2 tahun ya terlalu berat lah ntar gak jajan aku hehehehehehe.

aku minta tolong ke penjual bila bisa bantu leasing sampai-sampai dia bantu, bayangkin betapa baiknya beliau. orang lain pasti di cuekin, huh gak punya uang mau beli moge! pasti mikir gitu, tapi beliau dengan tulus bantu aku, Risdiken gak pernah lupa dengan kebaikannya walau gak sampai kebeli motornya. lalu yang merah aku tanya nik tahun berapa? 2014 katanya dan bisa. oke aku bilang belinya nanti secara kredit dan aku jelaskan mekanismenya.dia setuju bila DPnya 70%. lah kalau DP 70% buat apa kredit, mending cash saja kan. ini yang aku mulai gak suka. ya gak nyalahin namanya takut penipuan dia begitu wajar, tapi terlalu berlebihan. aku dp jadi 45 yang semula 60 gara-gara ada perlu tapi pasti di bayar lunas oleh bank eh gak mau. dan ke'esokan harinya aku chat dia punya status ya ngobrol enak. lalu dia bilang : beli 250cc saja mas, ayo riding bareng aku. ya niatnya baik gak mau nyinggung dan bilang begitu. tapi dia bilang begitu secara otomatis kan menyinggung Risdiken.

dia berpikir Risdiken maksain beli moge jadinya begitu. jujur, di katain begitu hatiku terasa sakit di remehin orang kaya gak bisa beli moge walau secara halus. kalau gak mampu dari awal akame gak aku jual kan. motor kesayangan terpaksa aku lepas pula. aku bukan type orang yang sembarangan. aku sudah pikir oke uang dari penjualan akame buat tambahan DP karena itu dapat beli moge cepat sisanya bisa aku angsur. dia gak mau Risdiken terpaksa ambil rencana B. gadaikan BPKB mobil saja, toh lebih murah, bayar ke penjual lebih gampang kan sudah dapat cash baru lihatin unit lagi, cocok bayar. pihak leasing gak aku bilang cancel buat jaga-jaga bila nemu unit 2014 lagi. aku cek lagi lho ada! oke samperin. dan harganya murah walau partnya lumayan oke. sayang terlihat habis crash, takutnya silir atau gak senter gak Risdiken ambil. apalagi motornya kayak kurang terawat, huff. makanya murah, ada harga ada rupa. oke Risdiken cukup down sebenarnya saat itu.

apalagi aku lupa kalau BPKB mobil masuk bank butuh modal saat itu. haduh gimana ini? Risdiken hampir kehilangan arah dan putus asa, cobaannya & deritanya begitu berat walau gak bisa Risdiken tulis semua. jalan buntu nih, Rsidiken harus gimana? tetap jangan nyerah kerja seperti biasa dan sambil berdo'a saja dan harus yakin dan sigap berusaha menggapai impian. sudah deh gak cek unit sementara waktu, istirahat. korban waktu dan tenaga soalnya kalau cek barang kan paling dekat Surabaya. ada nomor tersimpan tinggal 1, harga kemahalan gak ada uang males ah. tapi kok hati ingin hubungi. akhirnya oke hubungi sajalah. bila respon gak enak ya sudah diem saja biarin. ternyata responnya bagus, oke lanjut. paginya Risdiken cek unit di Citra Land Surabaya. saat dicek hmmm asli mulus motornya. part asesoris branded gak ada yang kw cukup komplit dan yang istimewa knalpotnya spark fullsystem titanium. mantap wiii bikin ngiler. pasang 177 aku nego 170 (padahal gak ada uang).

dia minta 173 di lepas, aslinya worted banget, tapi duit gak ada. kalau saja 170 mau aku panggil si leasing suru proses, toh orangnya baik pasti mau. memang selisih 3 juta gak masalah, tapi saat itu bimbang banget. ya sudah gak lama-lama barang oke pamit dulu nanti di pertimbangkan ambil apa gak soalnya sama lihat unit lain kataku. dia sikukuh gak mau lepas harga segitu, akhirnya beberapa hari gak aku kontek dia kontek aku, gimana minat sama motorku? katanya. dalam hati minat sih minat duitnya gak ada hehehehehe. terpaksa aku bilang sudah ada pandangan lain. kalau saja itu aku nego 170 pada saat hubungi aku pasti kena, soalnya aku bilang kemarin mentok 170 dia malah kontek aku tandanya mau kan hehehehehe. Risdiken pikir-pikir. sejak saat itu Risdiken jadi tukang php. lihat doang gak di beli wkwkwkwkwkwk. cukup memalukan.  berarti orang php bukan sekedar cuma ingin lihat, bisa saja ada uang tapi bimbang seperti Risdiken. jadi orang php pas jual moge jangan pikiran negatif dulu.

telp/wa sana sini gak ada yang di beli. ya uang ada masih kurang kan. soalnya aku sudah fix putuskan nabung saja dan tebus BPKB mobilnya biar gak ada hutang. bila memang harus kredit BPKB di masukin lagi gak masalah, bila ada rejeki banyak ya beli cash tanpa gadai BPKB. ternyata gadai BPKB angusran lebih ringan daripada pihak leasing yang pertama yang sama-sama kenalan temanku. urusan survei pasti lolos soalnya cuma prosedur saja, di terimanya pasti. cuma buat formalitas. setelah tebus BPKB mobil uang risdiken Rp.0 untuk beli moge bayangkan. tapi BPKB di tangan, temanku manasin terus segera cairkan deh duitnya wkwkwkwkwkwk. uang beli ada ya jangan dulu lah. risdiken targetkan 3 bulan harus ngumpul banyak untuk beli moge. berdo'a dan iktiar terus tanpa lelah dan menyerah Risdiken lakukan. akhirnya lihat unit kayaknya ada yang cocok di Gresik, samperin!

tiba di sana cek dan ricek eh lumayan nih. 165 juta part asesoris yang aku butuhkan sudah tersedia gak ribet deh tinggal pakai. harga dengan motornya pas sih (sudah nego segitu). yang bikin ganjal adalah knalpotnya yang slip-on dan panjang risdiken gak suka. terlalu panjang secara tampilan kurang suka. okelah kalau gahar suaranya, ternyata suara memang mantap tapi kurang keras, ini yang bikin risdiken keder mau ambil. maunya langsung pakai gak nambahin lagi, motor mahal nambahin lagi takut istri ngambek rawat motor terus wkwkwkwkwkwk. jelas ganti leher biar kencang nih, oke deh nanti dulu, bila cocok aku beli, aku kabari segera. aku bilang begitu pada pembelinya. nah penjualnya ini showroom motor bekas spesialis motor kawasaki terutama Ninja 150R dan 250R. mogenya gak ada cuma itu saja. di saat itu ya Alhamdulillah rejeki mengalir kayak air sahabat sekalian. Risdiken cuma bisa bersyukur saja. uang bisa sampai 40 juta dalan 2 bulan di tangan tinggal masukin bank BPKB bisa deh ambil moge.

kalau saja aku bayar 140-150 juta dulu motor aku bawa ninggal BPKB kayaknya mau itu penjualnya soalnya orang showroom kan lebih ngerti surat-surat jadi gampang. tapi karena kurang sreg dengan motornya risdiken bersabar saja barangkali ada yang lebih oke lagi sambil ngumpulin uangnya. ada lagi warna hijau keren, minta 180 jutaan uang belum ngumpul ini peroangan bukan showroom. langsung wa. sebenarnya saat itu pula keluarga ada yang butuh modal buat usaha tapi segera di bayar lagi beberapa bulan lagi. ya sudah pinjemin saja lah. uangpun kurang dan risdiken nekat lihat unitnya. lihat unitnya cocok nih. keren, gak banyak asesoris tapi masih fresh, ya tinggal nambahin dikit saja sih. saat itu cenut-cenut aku. barang cocok duit kurang. oke lagi-lagi php. Risdiken bilang nanti aku hubungi lagi. dan di kontak duluan. akhirnya terjadi tawar menawar soal pembayaran karena uang risidken belum full.

akhirnya gak mau dia aku tawar 173 tapi bayarnya 1 bulanan. kalau saja ada cash segitu pasti kena, makanya kemarin-kemarin risdiken bahas di tips & trik beli moge bekas secara cash! gak lama ternyata sold out alias sudah laku. kebetulan temannya anak pak komar. asli Risdiken harus sabar dulu. semua unit sudah laku, tinggal yang punya remehin Risdiken saja yang tersisa karena motor kesayangan ternyata gak jadi di jual dipakai terus, tapi kalau aku beli di bolehin tapi dia gak pasang iklan lagi di jual beli online dan media sosial. waduh waktu sudah dekat hampir 3 bulan belum ada unit yang oke, terpkasa itu motor aku ambil walau sakit hati daripada gak dapat motor sama sekali. daripada stress Risdiken gak dapat-dapat motor, Risdiken tetap touring seperti biasa. ke coban Ciblungan, sama Coban Jodo.

ya hampir mendekati 3 bulan Risdiken cukup nut-nutan. nyari di medsos, iklan jual beli terus di lakukan sambil ngumpulin tabungan. uang lumayan ngumpul saudaraku butuh dana untuk modal, oke pakai saja deh sambil nunggu unit baru. apalagi bila uang Risdiken belum di bayar perusahaan yang aku suplai nanti bisa pinjem uang saudaraku pas dia kembalikan, jadi pinjam meminjam hehehehehe. uang makin nipis di saat waktu sudah dekat. tapi alhamdulillahnya uang buat beli cash sudah ada. ya rejeki alhamdulillah lancar saat itu, kerjaan Risdiken beresin semua dengan cepat kayak mimpi saja. kebesaran kuasa Allah. pas butuh rejeki mengalir lancar sampai cukup buat beli moge impian. jadi uang siap tapi belum cair karena pembayarannya kan gak langsung, nunggu beberapa bulan. jadi pas 3 bulan sebenarnya uangnya cair.

di tengah nunggu uang cair eh ortu ingin ganti mobil karena gak enak sudah 5 tahun dan buat kerja keras, jarak tempuh sudah ratusan ribu kilo meter. ya pinjem dulu uangnya yang ada di tabungan buat beli motor nanti yang lama laku baru aku pakai beli moge, oke deh sikat. ya disini Risdiken maunya sih expander saja kan keren, berhubung keluarga lebih sreg ertiga ya ambil deh ertiga lagi >_<. Risdiken sempat goyah, ambil expander saja apa moge? tapi Risdiken tekad kuat, dari awal ingin moge lurus saja. nanti kalau rejeki ya bisa kebeli juga. dan nyatanya alhamdulillah bisa dapat mobil baru juga walau bukan yang di impikan. paling tidak sedikit lebih baik lah dari sebelumnya. nah di saat makin dekat kurang 1-2 minggu nunggu uang tambahan cair eh ketemu Z800 fullsystem knalpotnya dengan part yang ajaibnya semua yang Risdiken inginkan terpasang di motor itu. sayang lokasinya di Kediri. Risdiken minta tolong saudaraku untuk ikut cek motor pagi-pagi, dia mau oke besok berangkat!

paginya berangkatlah aku dengan saudaraku. perjalanan dari Sidoarjo ke Kediri 3 jam kepotong makan dan isi bbm sebentar. gak pakai lama langsung sampai dan telp penjual. gak lama di samperin penjual motor dan lihat unitnya. hmmm segi tampilan sih gak sebagus dan semulus yang di Surabaya yang full carbon bodynya bikin meleleh lihatnya. tapi masih cukup oke kok motornya. memang ini juga carbon tapi garapan carbonnya kurang mantap. tapi gak apa lah motornya masih terlihat oke kok gak ada baret. jarak tempuh masih 11 ribuan nih. lihat partnya komplit dan sesuai harapanku pas semuanya. tinggal coba nyalakan motornya langsung deh kedengar. dengerin suara mesin, halus-lus paling halus dari yang pernah aku denger, istimewa ini motor! sudah mesin halus knalpot fullsystem, asesoris pas di hati. langsung gak sampai 5 menit nego! jatuhnya sih turun-turun jutaan tapi ternyata pajak mati. oke bayar full tapi pajak hidup plus isi bensin penuh! penjual setuju oke aku DP 5 juta dengan jangka waktu 2 minggu dan di kasih lebihan 2 hari okelah.

semuanya akhirnya beres, tapi yang bikin keringetan kok gak cair-cair ini duitnya di perusahaan? usut punya usut penagihanku bermasalah jadi tersendat. alamak gimana ini? apa mau orangnya kasi perpanjangan? kalau gak sih 5 juta hangus gak lucu hehehehehe. ya kalau harus nambah dp lagi sih gak masalah asal gak hangus. tapi ada satu kesempatan terakhir buat Risdiken, yaitu pas keluargaku yang pinjem dana tadi ngembalikan berarti dia juga pegang uang banyak dari hasil kerjanya yang sudah di bayarkan dari perushaaan tempat dia menyuplai barang. oke kalau itu duluan ya giliranku saja yang pinjem. katanya sih 1 minggu cair nih oke aku pinjem saja. oke ternyata 1 minggu meleset wihh kacau, Risdiken panik, gimana nih perusahaannya? semoga minggu depan gak meleset tapi Risdiken gak berharap terlalu tinggi karena ya biasanya perusahaan itu bayarnya sering meleset.

dan sebelum itu Risdiken habis bayar lunas itu motor rencananya akan naiki langsung walau awalnya agak keder/takut. masalahnya banyak yang mereview ini motor berat, beloknya agak susah, dan lain banyak pokoknya. apalagi pemilik motor ini katanya butuh 1 bulan adaptasi. what!! aku naiki ya jadi beneran bingung naiki apa gak, tapi Risdiken tekad! dari MX-King ke Z800 saja bisa kenapa aku yang dari 250 gak bisa? nekad tapi tetap hati-hati. tapi kelurgaku menyarankan di stroringin saja. ya elah sudah semangat kok gimana nih. ya sudah deh nurut saja daripada ribut atau kenapa-napa. apalagi Ibu sudah bilang gak berani bantah wkwkwkwkwkwk. akupun kontak penjual dan minta jasa storing saja, oke dia carikan harga yang murah dan akhirnya dapat! sebelum hari H pemilik motor mengatakan kalau dia mau ke Malaysia dan ke Malang beberapa hari dan semoga gak berbenturan pas ngambil dengan dia pergi. oke deh gak masalah atur ulang rencananya tanggal berapa jadi ambilnya.dan hari H sudah dekat uang gak cair ya beneran toh. uang dari perusahaan yang Risdiken suplay juga belum di transfer. hufff, gimana nih, gak ada pilihan lain perpanjangan saja.

tapi keluargaku bilang besok asli tranfer. oke kalau gitu aku berangkat duluan saja nanti transfer di rekeningku. kalau sudah masuk gak jauh-jauh berangkat sudah sampai sana samperin saja langsung yang jual motor. tapi Allah berkehendak lain, biar gak ribet ternyata di bikin cair hari itu juga pas saudaraku telp. oke saudaraku yang lain aku hubungi minta kawal soalnya bawa banyak uang (kebetulan karena situasi tidak memungkinkan transfer jadi cash ambil di tempat perusahaan. oke ambil duit di masukin kresek/kantong plasti biar gak mencolok. langsung malamnya Risdiken masukin ke bank kan bisa setor tunai di ATM bank B*A. dan apesnya max setornya cuma 30 juta/hari. waduh masa iya Risdiken ke kediri sama uang cash, ya bahaya, maling selalu cium bau duit. akhirnya putar otak ketemu deh cara lain yaitu pinjam kartu ATM Ibu dan masukin di sana sisanya dan selesai. paginya transfer ke rekeningku, langsung berangkat ke Kediri.

Ibu awalnya kuatir, suru bawa mobil. masalahnya bila macet dan masalah lain bawa mobil ya gak bisa ambil itu motor karena aku mau bayar di bank pindah saldo saja, transfer max 50 juta saja soalnya ATMku. akhirnya berangkat kami berdua membawa matic Vario 150 di tengah perjalanan ban pecah! ini nih gak nurut Ibu hehehehehe, tubeless baru beli belum sebulan kena paku berkali-kali pecah parah sampai di tambal gak bisa jadinya kasi ban dalam deh. 1 jam lebih hari jum'at pula. sampai pas hampir jam 12 belum sampai, Risdiken putuskan untuk sholat jum'at sudah waktunya, baru setelah itu meluncur lagi ke Kedir dan gak lama sampai karena sudah dekat. telp yang jualan, lakukan proses pembayaran ke bank dan ke pihak storing katanya gak bisa siang karena terlalu dadakan. bisa tapi sore. oke dah bayar! Risdiken gak langsung pulang karena gak tau jalannya yang storing jadi iring-iringan. karena itu Risdiken nunggu sampai sore Risdiken buat jalan-jalan saja deh.


oke akhirnya setelah puas jalan-jalan hari mulai sore dan mau sholat asar dahulu. saat hendak wudhu di telp, mas storing sudah siap. oke aku sholat dulu. setelah sholat meluncur ke lokasi, gak lama mobil dari dealer kawasaki datang dan siap kirim barang. kamipun berangkat sore. dan ternyata sopirnya memilih jalan cepat aku gak tau, jadi dia aku suru duluan nanti aku ikuti dari belakang sampai tempat dia gak tau arah baru aku di didepan. apsenya jalan yang di lewati banyak yang di tutup sana sini karena perbaikan jalan. muter-muter jadi tambah lama. lewat jalur cepat jadinya malah lama. kalau saja lewat muter jauh tapi lancar pasti aman. akhirnya terbebas dari kemacetan jalan Risdiken kembali launjut. dan sampai perempatan Mojokerto apesnya jalan di tutup untuk roda 4. aku kira sudah bisa lewat ternyata belum bisa. akupun lihat map lagi padahal batre hp menipis. oke daripada bingung aku yang naik mobil salah satu kru storing naik motor boncengan bersama saudaraku.

sementara lewat jalan tikus biar bisa sampai. akhirnya lewat jalan tikus beres kamipun lega. sampai mojosari terus lurus hinga sampai pertigaan Krembung. aku pikir lewat Krembung lebih cepat jadi aku memilih lewat sana saja. tapi ternyata mobil di larang lewat! aduuh kok tutup juga? hp tinggal 20-15% persen nih bantrainya dari pagi belum cas, buka map lagi dan banyak jalan di tutup kamipun lewat jalan tikus lagi. yang semula di kira lebih cepat jadi lebih lama deh. huff terlalu malam. oke, akhirnya jam 8 kurang kami sampai rumah, motorpun berhasil mendarat dengan aman. beli minum untuk supirnya, cek motor beres. tinggal gas saja deh alhamdulillah sampai rumah dengan selamat. benar-benar perjalanan yang melelahkan. bukan saat mengambil motornya sih, tapi perjuangan untuk mendapatkannya begitu butuh perjuangan. dulu cuma mimpi kini jadi nyata. dulu pernah janjian sama pak komar, ayo pak sama-sama berjuang membeli moge, ayo mas jawabnya dan ternyata beliau dapat duluan dan ini juga memotivasiku.

SISI RELIGI YANG BISA DI AMBIL DARI CERITA INI

Sisi lain dari cerita Risdiken segi religi adalah Do'a. menurutku ini amanah yang harus Risdiken sampaikan karena sekaan mimpi tapi jadi nyata. seperti yang yang Risdiken bahas sebelumnya, aslinya gak ada kepikiran beli moge tahun ini, hanya bierharap paling tidak tahun depan bisa punya, itupun akhir tahun depan. dan ternyata sebelum tahun 2018 ini habis alhamdulillah sudah terealisasi. itu semua gak mungkin tanpa kebesaran Allah. asli gak nyangka saat itu saat itu, Risdiken hanya kerja seperti biasa dan modal do'a yang penting yakin dan percaya hingga rejeki seperti aliran sungai yang semula biasa saja tiba-tiba jadi penuh. karena do'a itulah selain rejeki entah kenapa kepala ini rasanya jadi punya solusi-solusi yang bisa aku lakukan biar dapat segera mendapatkan motor impian ini. berbagai cara yang gak terpikirkan sebelumnya tiba-tiba nempel semakin mempermudah Risdiken walau tentu ada rintangan seperti yang aku tulis di atas. yang aku pikir bakal sulit dan gak mungkin ternyata jadi mudah. biasanya gak seperti ini. ya inilah kekuatan Do'a.

yang penting kita optimis dan yakin akan Bantuan-Nya insya Allah bisa. Risdiken buktikan berkali-kali. jangan ada rasa ragu/kurang sedikitpun pada-Nya. kalau sampai ada keraguan akan sulit do'a kita terkabul. jadi gak sekedar kerja keras saja yang harus di lakukan, ikuti dengan Do'a dan sholat malam. memang ada orang gak berdo'a tetap sukses karena kerja keras, tapi itukan juga berkat Ridho-Nya. bila Tuhan gak berkehendak pastinya gak akan sukses. jadi bila kita sudah berusaha semaksimal mungkin untuk mencapai tujuan tapi sulit yang hampir gak mungkin atau gak mungkin sama sekali mintalah pada-Nya agar di mudahkan dalam menggapai tujuan/impian. memang perjuangan Risdiken cukup berat, bila gak kerja keras gak akan tercapai, tapi bila tanpa do'a cuma kerja seperti hari-hari seperti biasanya gak akan bisa sekarang ini dapat moge. ibarat kita menuju sebuah tujuan kita tau lokasinya gak tau jalannya karena banyak rintiangan. seperti sungai yang deras kita kesulitan menyebranginya, dan do'alah yang jadi jembatanannya sehingga kita gak perlu turun ke sungai untuk menyebrang, cukup lewat jembatan.

PELAJARAN YANG BISA DI AMBIL

1. Pelajaran yang bisa di ambil dari perjalanan Risdiken membeli moge adalah kuncinya jangan bilang gak mungkin. kehidupan sudah ada yang mengatur, walau gak mungkin bila Tuhan berkehendak ya jadi mungkin. karena itu bila punya impian yang ingin di gampai jangan mikir gak mungkin dulu. berusahalah sekuat tenaga sambil di imbangi do'a insya Allah akan ada jalan.

2. belum ada uang jangan hubungi penjual moge, takutnya nanti sudah di percaya penjual kita malah mengecewakannya. kan kasian banget. memang galau gakburu-buru bila kebetulan barangnya bagus bisa di ambil orang, tapi kalau kita php kan kita yang salah dan merugikan orang. sekiranya ada perkiraan kapan uangnya cukup bolehlah di DP dulu.

PENUTUP

salah satu keinginan terbesarku alhamdulillah terwujud, jujur saja risdiken sangat bersyukur. asli seperti gak mungkin jadi kenyataan. semua ini sebagian bukan Do'a Risdiken saja, tapi bantua Do'a teman-teman & keluarga. Kedepan Risdiken akan berusaha untuk meggapai impian risdiken lainnya yaitu bisa touring ke tempat yang indah di manapun itu. seluruh Indonesia dan kalau memungkinkan luar negri juga. dan sepertinya gak mungkin tapi kalau berusaha gak ada yang gak bisa, berusaha dan di bantu Do'a insya Allah ada jalan. semoga juga terkabul, amin. salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

4 comments:

Unknown said...

sangat inspiratif mas, dari perjuangan njenengan saat beli CBR250 ke R25. Insya Allah kalau saya sudah bekerja juga punya niatan beli 250cc pure pakai uang sendiri mas.

Risdiken said...

Trims bro. Ya semoga berhasil, aku yakin sampean bisa

Anonymous said...

Gokill... Sama.. pengen punya mogee.. kalau boleh tau pajak z800 masnya brp..? Tahun brp motornya?

Risdiken said...

2014 Pajaknya 2 jutaan bro