Thursday, December 28, 2017

Vario 125/150 ganti, akankah masih tromol?

Vario 125/150 tinggal menunggu waktu saja untuk segera update, nah kalau nambah fitur di produk baru sih wajar, tapi apa ada yang tetap pada Vario 125/150 ini? misalnya rem tromol masih ada atau lampu belakang yang gak led dan gampang mati belum lama setelah beli dan lainnya? kalau masih tromol mungkin banyak sebagian bikers yang akan kecewa. kan lebih baik cakram semua, memang betul. tapi kalau tetap sih bagiku pribadi gak masalah asal fiturnya nambah banyak seperti yang ada pada Aerox 155 atau PCX. contoh keyless/smart key dan lainnya.


walaupun aku bilang gak masalah tapi kalau beneran tromol ya terlalu banget wkwkwkwk. harga pastinya naik tapi tromolnya masih di pelihara. aku bilang gak begitu masalah asal fiturnya nambah banyak soalnya mending tromol sedikit lebih aman ya bila dalam keadaan turun dari tanjakan tajam. kalau rem cakram kan kalau di rem terus menerus terutama keadaan menurun bisa ceplos (rem gak bisa berfungsi sementara karena panas). kalau tromol kan satunya ceplos satunya masih bisa. matic kan bahaya untuk menurun karena gak ada peremdam kecepatannya tidak seperti motor kopling atau motor bebek. 


makanya di cangar banyak korban motor matic berjatuhan karena rem blong kebanyakan rem sampai rem gak bisa berfungi gara-gara kepanasan. padahal kalau dingin normal kembali. iya kalau sekedar dlosor, kalau sampai nabrak mobil kan ya biasanya banyak yang patah tulang (kejadian beberapa hari lalu serem >_<). ya gak masalah sih aslinya tromol atau cakram semua. pinter-pinter mainkan rem di jalan menurun di tanjakan tajam yang panjang. kalau aku ya siasatnya belum turun masih jauh perjalanannya, tapi sekiranya sudah lama ya aku berhenti dulu biar adem remnya, setelah itu lanjut lagi baru aman. jadi karena itu kalau tromol masih gak masalah, sedikit ada manfaatnya tapi kebangetan hehehehehe. 


ya palign tidak versi baru nanti minimal semua lampu sudah LED. memang sih yang depan saja sudah cukup membantu bikin awet gak ganti-ganti lampu, tapi yang belakangnya kan parah sama seperti jaman 110 dulu. karena itu lampu belakang harus led kedepannya, kalau tidak super kebangetan! hehehehehehe. ya tromol gak tromol hanya AHM yang tau, kalau sahabat sekalian mending cakram saja rem belakangnya? salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: