Saturday, December 23, 2017

Pengen motor 250cc suara 4 silinder? ada beberapa cara yang bisa di tempuh

Motor 4 silinder memang mantap suaranya, karena itu juga banyak yang mengidamkannya. Tapi apa daya motor 4 silinder (moge) harganya menggila jadi makin gak terjangkau. Kadang Ada bikers ingin motornya seperti 4 silinder pada motor 250cc mereka. Dan ada yang memesan knalpot 4 pipa yang masuk ke mesin. Hasilnya? Nihil bro, suara tetap 2 silinder. Sebenarnya ada 2 cara nih sahabat sekalian. Apa saja itu?

1. Ganti mesin dengan mesin moge 4 silinder. Yang ini butuh dana gak sedikit tapi jelas jauh lebih murah dengan beli moge-moge secara utuh. Kita beli gak bisa plug and play jelasnya. Harus menata agar harus pas dengan rangka dan body. 

Kalau beres baru deh mantap. Masalah utama pada penyedia mesinnya ada gak? Masa iya beli barang black market, kan gak enak. Kecuali motor habis crash atau apa mesin normal cuma body yang rusak, baru deh bisa di gunakan.

2. Memodif mesin motor jadi 4 silinder otomatis kubikasi jadi naik. Katakanlah persilinder 125cc jadinya 500cc. Lho memang bisa bro? Bisa lah, motor 1 silinder jadi 4 silinder saja bisa kok. Aku sendiri kenal seseorang yang punya kenalan ahli mesin motor yang sering bikin motor bebek atau sport 150cc di ubah jadi berbagai macam jenis mesin. 

2 silinder, V-Twin bahkan 4 silinder. Ya tinggal dananya saja berani berapa? Mekaniknya juga terlihat gak sembarangan, benar-benar di perhitungkan biar di pakai benar-benar kayak motor asli pabrikan. Selain nambah silinder juga bisa memperbesar kubikasi, tergantung yang pesan minta kayak bagaimana. 


Nah dua cara itu yang bisa bikin motor mantap dari segi suaranya dan performa. Memang sih mahal dan butuh waktu yang lumayan lama, tapi ya hasilnya bikin hati seneng hehehe. Memang aku jarang melihat motor yang di modif seperti itu, tapi anehnya di bengkel orang yang aku bahas tadi rame pekerjaannya. Kalau sahabat bikers sekalian ada yang ingin rubah? salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara! 

No comments: