Thursday, December 21, 2017

Suara moge mesin Crossplane 2 silinder akankah beda bila di terapkan pada motor 250cc?

Judul di atas terpikir olehku setelah dengar suara motor 700cc-an alias MT-07 pakai knalpot racing. hasilnya? menurutku suaranya aneh, ada mirip-pirip ducati yang V-Twin kadang ya serak-serak gak enak ada juga yang ngebas tapi jarang. tapi bila secara keseluruhan dari yang aku dengarkan suaranya kok gak enak, bahkan lebih parah dari inline 2 silinder 650cc dari kawasaki. ya gak dengar secara lansung sih si crossplane 2 silinder ini, cuma di youtube, tapi tetap saja bila enak ya kedengaran enak, kalau gak ya enggak.

nah bila yamaha kelak mau cangkokkan mesin 2 silinder crossplane pada R25/MT25 ya mending pikir-pikir dulu deh, atau bila berani rugi dikit bikin prototype saja, di coba suaranya enak apa gak. ya model keren bak moge tapi sauranya gak merdu wah di kira 1 silinder malah gak ada yang mau beli. ya gak bururk-buruk amat gak separah 1 silinder di brong, tapi tetap saja kurang mantap. tapi itu bila 700c-an, kalau 250cc siapa yang tau kalau belum di coba? soalnya motor 2 silinder 650cc & 250cc malah yang merdu 250cc. 

sedangkan 650cc memang dentumannya keras menandakan ini moge yang gagah dan mesinnya bertenaga kuat, tapi kalau sudah jalan kurang merdu. kalau yamaha berani uji coba bikin prototype dan suaranya malah lebih enak jangan ragu, bikers akan kesengsem nantinya hehehehehe. syukur-syukur 2 silinder crossplane, kalau 3 silinder ya mantap wkwkwkwkwkwk. salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: