Thursday, December 7, 2017

Beda tekanan ban beda keiritan bahan bakarnya

Ada yang aneh pada Vario 150 punyaku. Masalahnya makin lama kok makin boros ini bahan bakarnya? Kadang jarak dekat 2 hari Rp. 20.000 habis. Jarak jauh touring biasa Rp.60 ribu jadi Rp.70 ribu lebih habisnya. Surabaya PP Rp.20 ribu gak cukup biasa sisa. Apa ini minta di ganti filter udaranya? Jaman Vario 125 dulu gak ganti 2 tahun kuat sih tetaps irit dan bertenaga!

Lalu kenapa si Vario 150 ini? Aku akhirnya nyadar kok agak licin sih ini motor? Aku cek ban belakang normal. Kemudian ban depan agak kurang angin, tapi masih gak parah kok. Kalau parah kan hampir kempes dan empuk banget. Ini cuma dikit empuknya tapi kok licin? Ya sudah aku isi angin saja deh. Setelah aku isi angin ban depan dan isi bbm Rp.20 ribu kok 3 hari gak habis nih? 

Jadi irit dari biasanya. Buat pp Surabaya cuma berkurang 1 liter doang nih,mungkin lebih tapi dikit. Aku isi 20 ribu kan biasa 4 bar, biasanya habis sampai kedip atau selisih 1 dan mau kedip. Lah ini berkurang 2 bar saja, sisa 2 bar. Padahal ini boncengan pula. Memang gak sejauh biasanya, tapi biasanya 20 ribu buat pp Sidoarjo dan kirim barang 1X sudah habis 4 bar lalu kedip. 

Lah ini ke Surabaya yang jaraknya lebih jauh tapi selisih 2 bar. Dan bar bbm gak habis rasanya. Biasa nyalakan dan matikan beberapa kali sudah berkurang barnya padahal jarak gak jauh, lah ini gak habis-habis. Jelas bbm lebih irit banget. Padahal selisih dikit isi anginnya tapi ke bahan bakar selisih banyak, jadi rasanya aneh banget. 

Iya kalau terlalu kurang tekanan anginnya bikin boros banget itu wajar, nah ini dikit kok efeknya besar. Setelah isi angin dikit iritnya pooool. Yang jelas juga jauh lebih hemat hehehe. Sahabat bikers sekalian juga ngalamin? Salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah! 

No comments: