Saturday, December 30, 2017

Naik motor matic turun dari Cangar ke Pacet? hati-hati sahabat sekalian, butuh trik khusus agar motor gak gampang blong remnya


Cangar begitu indahnya sampai-sampai lewat kesana bolak balik masih senang rasanya. memang sudah gak seindah dulu, pingir jalan banyak yang di rombak dan perbaiki biar enak di lewati tapi ada sisi kealamiannya yang hilang jadinya. nah karena keindahannya itu gak heran banyak bikers dari berbagai daerah senang touring kesana. untuk sekedar foto-foto atau menikmati suasana di sana sambil makan-makan. dan teentunya kini motor matic makin banyak jadinya yang kesana naik matic juga makin banyak.

aku sudah menulis sih sebenarnya tentang di cangar dan bromo keadan tanjakannya yang ekstrim, apalagi buat turun banyak mobil/motor K.O dan akhirnya rem blog kecelakaan deh. jadi bila naiknya sih mesin fit matic kuat, aku saja Vario 125 dulu boncengan 2 orang dengan berat 78 + 70 kg bisa (sekarang sedikit landai malah lebih enak lagi). tapi kalau turun ya rem harus di perhatikan. masih layak gak kampas remnya? terutama yang tromol belakang. sekiranya sudah terlalu dalam tarikan remnya di rapetin dan kalau habis beli dulu. 

rem depan juga begitu, harus di perhatikan. setelah itu bila keadaan turun jangan memaksa motornya. di tengah perjalanan rem sudah mulai dalam dikit segeralah menepi dan berhenti, berarti mulai aus remnya. tunggu sampai dingin dan coba remnya balik lagi udah gak dalam di tarik apa masih dalam? kalau sudah dingin kembali normal baru turun kembali. jangan kalau panas bau sangit di siram air, biasanya gak ngfek tetap gak fungsi remnya. 

kalau beneran dingin baru bisa normal. ya tips ini juga berlaku di semua tempat menurun tajam. jangan memaksa motor ngerem terus menerus dalam waktu lama karena bisa blong. yang paling sebel adalah ketika ada mobil juga turun, kita jadinya menahan kecepatan dan bolak balik ngerem yang bisa bikin cepet aus. jadi kita harus mengistirahatkan rem motor dulu biar dingin bila turunan terlalu jauh biar aman. setelah dingin mungkin 10 menitan baru deh. bagi motor sport/bebek & mobil juga gak boleh lengah.

memang bisa di tahan di gear/gigi 1 bila turun, tapi karena terlalu tajam gak jaminan benar-benar aman. mungkin cuma meredam dan memperlambat laju motor saat  blong, tapi motor gak berhenti dan bisa bahaya. jadi pinter-pnter juga mainin rem. mobil juga bisa berhenti kok, kanan jalan dari arah batu ke pacet kan kadang ada tempat luas, bisa di situ mobil berhentinya. ke cangar dan mau kembali lewat jalan menurun? hati-hati sahabat bikers sekalian. salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: