Wednesday, April 25, 2018

Motor jaman sekarang gak sekuat dulu tapi makin laris, termakan oleh model?

Motor jaman sekarang banyak yang bilang gak sekuat motor jaman dulu. ya Risdiken rasa-rasakan sih iya, dan puncaknya beberapa tahun terkahir makin parah. beli motor ada-ada saja yang gak beres walau gak terlalu parah tetap saja kan gak sempuran. jaman dulu mana ada kayak gitu, ya pastinya jarang banget. bahkan standaran motor bebek bawa 3 orang naik tanjakan tajam kuat, sekarang 2 orang saja sudah ngeden. mau kuat ya perlu di modif ini itu dulu.

Lalu apa karena modelnya bagus-bagus jadi laris/termakan model? Gak juga sih menurutku, soalnya ya namanya populasi penduduk makin banyak ya kebetuhan makin tinggi karena itu jualan motor makin laris. Selain itu termakan modelnya juga ada benarnya sih sebagian. Soalnya ada motor baru selalu ada yang jual motornya padahal masih bagus dan gak lama-lama amat motor lamanya untuk dapat yang baru. Contoh begini: jual Vario 125 model lama sekarang mungkin Rp. 9 jutaan terus beli yang terbaru 2018 yang mirip CBR250RR depannya seharga 19 jutaan. 

Kan basis mesinnya sama cuma utak atik settingan ECU dikit dan ganti model doang, gitu sudah bikin sebagian bikers jual motornya yang masih bagus dengan harga turun banyak dan nambahin uang Rp.10 jutaan. Overprice aslinya rugi tapi ya gak masalah asal gak memaksakan belinya dan uang benar-benar siap bukan untuk keperluan lain yang penting bila benar-benar pengen. Ya itu kalau cash, ada juga yang jual yang lama terus buat DP yang baru hehehe. Ya kalau bikers uang pas-pasan sih ada 2 pilihan. Pertama beli motor bekas yang jauh lebih murah spek beda dikit dengan yang baru tapi namanya barang bekas harus pinter milih daripada malah tekor karena ketipu. 

Kedua uang gak cukup ambil baru sistem kredit atau leasing, motor pasti aman karena baru tapi tetap ada resiko yaitu kalau gak bisa bayar di tarik motornya. Kebetuhan motor makin banyak makanya motor makin laris padahal makin hari makin mahal. Model memang bikin daya tarik tersendiri apalagi motor hobby. Anehnya motor biasa seperti matic dan bebek juga trennya ikutin sport, bila kurang gaya ya kurang laku. Ada pendapat? Silahkan sahabat bikers sekalian. Salam bikers salam persaudaraan, apapun montor dan merknya bikers adalah saudara! 

No comments: