Friday, April 13, 2018

CBR250RR kurang kuat buat tanjakan, bisa-bisa salah inreyen!

Risdiken menemukan beberapa kasus aneh pada CBR250RR. salah satunya adalah ketika motor ini buat tanjakan ternyata kurang bertenaga, tapi anehnya bila trek normal memang paling kencang di antara motor sport 250cc lainnya! lah aneh kan, bagaimna bisa? kalau menurut analisa Risdiken sih bisa dari inreyennya kurang bisa sang bikers. kadang kan orang bilang masih baru gas pool dan buat di tanjakan saja biar enak. tapi di buku panduan nyatanya tidak begitu.

walaupun demikian tapi banyak orang males baca buku panduan dan pakai pemikiran lama itu yang bilang motor baru buat gas besar/rpm besar dan buat edan-edanan langsung naik tanjakan padahal kan masih agak singset belum normal. akibatnya? bisa saja top speed drop, tenaga yang drop juga bisa. motor jadi gak enak, bensin boros dan masalah lainnya. nah mungkin karena salah inreyen itu jadinya buat tanjakan ternyuata kurang bertenaga. 

dulu hal yang sama terjadi di R15 V2 atau R15 yang di jual disini pertama kali juga begitu. ada kasus seperti CBR250RR ini terjadi pada R15 sebelumnya. buat nanjak gak kuat, malah parahnya tenaganya juga loyo buat jalan biasa (lokasi berdekatan dengan pemilik CBR250RR) malah makin parah. ya yang punya nyesel banget, tapi mau gimana lagi, gak baca buku panduan asal pakai ya hal ini terjadi cukup terbuka lebar. jadi kemungkinan yang punya CBR250RR ini juga melakukan hal yang sama dengan pemilik R15 V2 yang baru beli asal pakai dan di buat gradakan atau di forsir langsung. 

hasilnya seperti ini deh. jadi kalau dari sananya CBR250RR cuma kencang di jalan biasa tapi buat tanjakan kurang bertenaga Risdiken gak setuju nih. Ninja 250 FI & R25 saja ya enteng-enteng saja tanjakan kayak bagaimanapun bisa dan libas dengan mudah. jadi gak ada alasan CBR250RR yang lebih kencang malah loyo. jadi bila sahabat bikers baru beli motor sport terutama 250cc ya harus lebih hati-hati dan jangan mengabaikan buku panduan, memang malas baca sebanyak itu, cari yang sekiranya penting saja. 

yang aku tau sih inreyen motor Yamaha kebanyakan 1600 km sedangkan Honda 1000 km. sahabat sekalian ada yang ngalamin hal serupa, motor lemot di tanjakan CBR250RRnya? kalau inresen sesuai prosedur berarti motornya gak beres ya claim saja ke AHM. salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: