Monday, April 2, 2018

Motor biasa oktan ketinggian malah panas dan jadi kurang optimal, benarkah?

Banyak yang beranggapan kalau motor oktan tinggi makin panas di mesin malah kurang bagus, benarkah demikian? sepengalaman Risdiken coba pada motor sendiri, gak ada masalah tuh, jadi hoax dong? ya gak juga. tiap motor walau kubikasi sama sebenarnya punya beberapa perbedaan, tergantung penyetelan motornya (mungkin kalau gak salah kompresi bahan bakarnya). jadi ada yang di setting untuk bahan bakar oktan biasa paling tinggi 92 sudah mentok, di atasnya malah gak enak (Blade 125 saudaraku).

aneh kan di kasi pertamax plus (dulu belum turbo) malah brebet, di kalau pertamax biasa lancar jaya. tapi kalau di isi premium ya jelas loyo, keraknya banyak walau di katakan sudah gak berkerak nyatanya Revo gambar atas bongkar mesin keraknya banyak karena makan premium terus. jadi basis mesin Supra X Helm in dan Blade 125 kan sama, tapi nyatanya si Helm in makan pertamax plus malah makin ngacir, sedangkan Blade 125 malah brebet. 

mungkin pas service di setting kompresinya atau gimana risdiken gak tau pokoknya aneh saja pakai pertamax plus kok gak enak. jadi gak sepenuhnya salah mesin panas terus kurang optimal, tapi jarang. Risdiken nyoba dulu pas punya supra karbu di larang tetangga pakai pertamax semua karena bisa panas dan gak enak, nyatanya lancar jaya. ya beberapa motor jaman dulu mungkin ada yang ngefek, jadi di bilangin dari mulut ke mulut jadinya ada yang anggap hoax deh karena gak semuanya benar. 

di kiranya semua motor begitu padahal ya enggak. apalagi jaman motor injeksi, aslinya makin bagus oktannya makin mantep ya tergantung setelan kompresinya juga seperti si Blade 125 VS Helm in tadi. ada yang bilang hoax, semua motor aman kok pakai kompresi tinggi (motor 250cc ke bawah) ya itu salah, soalnya memang yang risdiken lihat di lapangan ada yang ngefek tapi ya gak banyak. motor jaman sekarang memang sepertinya sudah bisa makan pertamax turbo semua, makin bagus makin enak, tapi motor yang sudah lama belum tentu. 

ada lagi cerita dari saudaraku, motornya Supra 100cc malah neggak pertamax gak enak, padahal supra punyaku dulu gak masalah. ya tergantung setelan komporesi bahan bakarnya dan kondisi mesinnya juga bila motor sudah lama. ya kalau panasnya bener kan makin sempuran pembakarannya makin panas, tapi kalau bikin lemot karena panas ya salah itu, tergantung motornya dan biasanya motor sudah lama. kalau motor baru seperti itu ya di bawa saja ke bengkel di konsultasikan ke mekanik yang handal. salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: