Sunday, April 29, 2018

Menyebrang jalan tanpa menoleh begitu membahayakan

Sering ya di jalan kita lihat orang nyebrang entah jalan kali, naik motor atau mobil. Dan sering juga di antara mereka melakukannya tanpa menoleh yang jelas sangat membahayakan penyebrang itu sendiri dan orang lain. Memang sepele dan bukan perkara besar kelihatan, tapi bila sudah ada insiden baru ini jadi masalah besar. Ya bahaya jawanya kasep atau sangat terlambat. Iya kalau diri sendiri saja yang kena imbasnya, lah biasanya orang lain juga kan kasian.

Malahan yang kaget pas lewat tiba-tiba gak menoleh hampir nabrak yang mau nabrak menghindar jadi kecelakaan yang salah gak menoleh saat menyebrang tadi gak terluka atau gak ada kerugian mau tanggung jawab? Aku yakin 90% gak mau! Apalagi yang nyebrang jalan kaki dan lawannya motor atau mobil, pastinya malahan nyalahin yang bawa kendaraan, padahal yang salah yang nyebrang. Masih ada kendaraan lewat dan sudah dekat malah di datangi (nyebrang gak menoleh). 

Biarpun pelan kalau sudah dekat kan gak bisa di hindarkan jadinya terjadi deh insiden. Lah si pengendara jalur benar dan gak kencang jadinya kena apes gara-gara kelalaian orang lain. Hal serupa terjadi pada saudaraku, yang salah yang nyebrang eh tapi tetap saja di salahkan motornya bila urusan sama polisi. Padahal yang nyebrang salah karena gak menoleh langsung saja jalan di lewati. Saudaraku menghindar sampai motornya jatuh dan yang nyebrang gak terluka. 

Naasnya yang di bonceng jatuh kena aspal kepalanya jadi luka serius. Hasilnya, motor yang di salahkan. Dimana-mana memang yang besar di salahkan walaupun gak salah bila di Negri ini, gak di lihat dulu kronologinya. Memang ada peraturan baru harus di telusuri kronologinya baru bisa di simpulkan siapa yang salah, tapi dari kejadian kemarin yang di alami saudaraku gak semuanya aparat ngerti hukum update itu jadinya ya saudaraku sudah apes tertimpa tangga. 

Motorpun di sita di kantor polisi dan urusnya ribet. Ya memang sih sudah apesnya atau cobaan dari Tuhan, tapi masa dikit-dikit Tuhan di kambing hitamkan? Nyebrang gak noleh se'enaknya nanti ada korban katanya takdir Tuhan padahal dengan sengaja remeh dan sembrono, kan ini gak bener namanya! Seperti judul di atas, menyebrang tanpa menoleh dahulu jelas salah dan membahayakan, mari kita lebih berhati-hati dalam menyebrang entah jalan kaki atau bawa kendaraan agar terhindar dari insiden yang gak di inginkan semua pihak. Semoga kita semua terhindar hal-hal yang gak di inginkan saat di jalan, amin. Salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: