Saturday, April 14, 2018

Beli BBM di emperan bisa lebih aman daripada di SPBU?

Risdiken kembali geleng-geleng dengan ulah beberapa SPBU yang nakal dan belum tertangkap ngoplos bbm. Risdiken baru ngerti dari saudaraku pas ngobrol. Aku mempertanyakan, kenapa di pengecer kok warna pertalite dan pertamax (turbo juga kalau jualan) ada yang kuat warnanya. Biru ya biru pekat, hijau juga hijau pekat dan ada pula yang agak pudar warnanya seperti biru ya agak putih. Bagaimana bisa seperti itu kok warnanya ada yang kuat ada yang pudar, apa yang pudar pewarnanya kurang?

Saudara Risdiken sambil tersenyum bilang kalau warna terlihat pudar, gak pekat seperti itu di campurin. Entah premium atau bisa juga cairan lainnya bila di oplos bisa dapat untung banyak. Lah kalau warna pudar gitu banyak terlihat di begerapa emperan bisa membuktikan ada tindakan pengoplosan di SPBU lah pengecer kan hampir gak ada yang boleh beli premium. dan praktek itu mulai subur soalnya di emperan warna yang pekat dan pudar bbmnya skalanya 50:50. 

Kita beli bbm jenis apapun sesuai keinginan kita, kalau di campur kan gak sesuai. Beli pertamax seumpama eh ternyata di campur pertalite kita gak tau kan kita rugi karena juga bisa kerasa pada kendaraan yang kerasa kurang mantep tenaganya walau sudah bbm bagus. Beli pertamax turbo tarikan masih kurang maksimal dan seterusnya. Memang di Surabaya sudah di grebek SPBU nakal yang oplos bbm, tapi dengan terlihatnya warna bbm yang agak pudar  di pengecer kemungkinan besar membuktikan praktek nakal SPBU oplos bbm masih banyak. 

Kita buktikan ya gak bisa karena langsung masuk tangki motor, kecuali bawa botol minuman kosong dan coba di isi situ dulu baru bisa tau. Tapi jelas gak mungkin kan seperti itu, kecuali mogok di tengah jalan dan terpaksa minta teman belikan di SPBU dengan botol minuman. Jadi kita gak akan tau SPBU yang kita datangi jujur apa gak. Tapi bila di emperan kita tau mana yang di oplos atau gak, karena dari warnanya ketahuan kan di taro di botol. Jadi bila gak mau ketipu ya beli di emperan tapi pilih yang warnanya kuat wkwkwkwk. 

Ya gak mungkin perjalanan jauh ngecer, pastinya beli banyak di SPBU lebih hemat, tapi ya beli di SPBU jadinya 50:50 deh dapet bbm asli atau oplosan. Di tempat sahabat bikers sekalian ada yang lihat bbm eceran ada yang warnanya kuat pekat dan agak pudar? Berarti di sana ada SPBU yangvgak jujur nyampur/ngoplos bbm, waspadalah! Salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

2 comments:

Unknown said...

Kalau saya pribadi lebih sering ngisi bbm di spbu COCO mas.

Risdiken said...

Iya sama bro, sayang banyak yg gk jujur