Sunday, April 15, 2018

Beli motor impian itu menyenangkan, tapi jangan sampai terlalu memaksa

Risdiken kembali melanjutkan perbincangan tentang dunia roda dua bersama saudaraku rider MX-KING & Blade 125. Kali ini cerita motor sport 250cc dan ternyata ada berita yang bikin Risdiken sedih. Saudaraku bilang langganan lama penjualan fried chicken emperan yang baru terjual rumahnya karena harus pindah sebab masuk wilayah yang di beli pemerintah harus pusing dengan anaknya minta motor.

Gak tanggung-tanggung anak-anak laki-lakinya minta beli Ninja 250 Fi dan CBR250RR! Menurutku ini keterlaluan, lah bapaknya jualan fried chicken di emperan anaknya minta 2 motor sport 250cc 2 biji baru sekaligus. Lah itu uang kan buat beli rumah lagi yang makin lama makin mahal bisa-bisa dapat rumah lebih kecil dari sebelumnya eh anaknya menarget ke dia motor sport 250cc. 

Kalau beli malah gak punya rumah dan kontrak kan malah makin susah. Semua orang beli motor impian ya tentu ingin dan sangat senang, tapi dengan catatan kita belinya gak terlalu memaksakan. Beli bisa karena uang megang tapi untuk keperluan lain malah di belikan motor ya sama saja mencelakai diri sendiri. Sebagai besar bikers ingin punya impian termasuk Risdiken, tapi ya lihat situasi, memungkinkan apa gak? 

Makasa dikit-dikit gak masalah tapi bila keterlaluan itu salah total! Itupun kalau kita kerja sendiri ya, kalau minta ortu ya gak pantes banget. Kita ini dibesarkan oleh mereka belum nyenengin sudah bikin susah. Kecuali ortunya mampu ya gak masalah, minta mogepun gak masalah asal mereka mampu. Dan yang di belikan dapat menggunakan motornya secara bijak dan hati-hati. 

Kita memang sangat puas bisa beli motor impian entah beli sendiri atau di belikan, tapi ya jangan sampai kalap seperti yang Risdiken bahas di atas, nyusahin diri sendiri dan orang lain, bukannya bahagia malah sengsara. Risdiken tau betul rasanya ingin banget beli motor impian dan Berkali-kali bikin galau, tapi Risdiken tahan semua itu bila memang gak memungkinkan Risdiken gak akan makasa karena aku tau sendiri bila maksa pasti imbasnya besar dan aku gak mau ambil resiko seperti itu. Iya kalau memungkinkan walau sedikit paksaan masih gak masalah yang penting kita bisa lihat situasi. 

Risdiken nulis ini perihatin pada langganan jualan fried chicken itu dan sebel pada anaknya kok gak kasian sama ortunya. Ya semoga saja mereka sadar dan bila ingin beli dengan uang hasil kerja mereka sendiri. Bila sahabat bikers sekalian ingin beli motor impian ya itu penting, tapi kita lihat dulu situasi kita bagaimana. Semoga yang belum dapat motor impian segera dapat dengan cara yang baik dan berkah. Salam bikers salam persaudaraan, apapun montor dan merknya bikers adalah saudara! 

3 comments:

Unknown said...

Duh anaknya kebangeten mas. Efek tontonan mungkin mas jd merubah mindset sampai lupa keadaan ekonomi

Risdiken said...

Memangnya nonton apa bro?

Unknown said...

Ya kaya' sinetron sama lingkungan luar juga ngaruh mas.