Thursday, April 12, 2018

Kisah duka di perjalanan kulinerku part 2 (penjual lontong mie)

Gambar ini ilustrasi saja, lontong mie aslinya gak kefoto karena gak punya kamera saat itu. 


Dulu saat masih SD Risdiken lumayan familiar dengan lontong mie soalnya di sekolah ada dan enak, di rumah pun juga ada tetangga jualan. Tapi ya sekedar makanan biasa gak ada istumewa-istimewanya bagiku dulu. Tapi hal itu berubah total ketika aku menemukan lontong mie yang enak, bahkan sampai sekarang gak ada yang lebih enak dari lontong mie langgananku dulu itu. Lontong mie terenak yang pernah aku makan. Aku mulai mengenal lontong mie enak ini saat SMA kelas 1.

Pulang jalan kaki kadang di jemput (saat itu gak punya motor sendiri) aku melihat warung lontong mie yang lumayan rame pembeli. Akupun sempatkan sejenak mencoba di sana dan di luar dugaan uenaak banget, akupun ketagihan dan setiap hari beli! Gak bosen bro? Asli karena terlalu enak jadi gak bosen sama sekali. Ajaib kan hehehe. Karena hampir setiap hari penjual lontong mie ini (Bu Imam, nama aslinya gak tau aku nyebutnya begitu dulu) hafal denganku dan menjadi akrab.

Akupun sempat minta nomor hpnya bila beli telp dulu masih ada apa gak, kalau masih ada ya mluncur. Sebelum itu cukup lama aku kenal dan gak jarang harus balik kecewa karena habis. Kadang habis karena benar-benar laris, kadar di borong orang buat makan bersama. Karena itu aku sampai nyimpan nomornya. Kadang belum tanya sudah di sasak kalau gak jual biar gak telp atau langsung berangkat dan balik karena habis.

Bahkan karena sering balik si penjual akhirnya sengaja menyisakan 1 porsi untukku biar bisa nikmati lontong mie buatannya yang luar biasa. Biasanya hari minggu atau libur gak jualan, tapi kalau jualan ya aku di hubungi. Tentu saja aku gak akan melewatkannya. Karena makin hari makin laris, lontong mie Bu Imam ini akhirnya buka di teko, bukan di emperan kaki 5 lagi. 4-5 tahun gak kerasa dari SMA kelas 1 sampai kerja aku langganan lontong mienya.

Bahkan bila hari minggu libur gak jualan tapi nerima pesanan aku di telp dan di kasi jatah 1 porsi. Ya baik banget Bu Imam ini, gak sekedar cari untung saja. Buktinya ngapain sengaja nyisain 1 untukku yang cuma Rp.5000 bayarnya (saat itu) mana ada untungnya. Tapi beliau tau aku begitu suka lontong mienya jadi walau gak jualan dia ingin ingin aku tetap bisa nikmatinya ketika ada pesanan. Hampir tidak hari tanpa lontong mienya Bu Imam ini. Kalau pas mau kerja aku sempatkan dulu beli.

Hmm saat pagi makan lontong mie hangat dan nikmati plus sambalnya yang pedas nikmat sangat memanjakan lidah. Mienya seperti di kasi bumbu biar sedap dan memang beneran sangat nikmat, plus petis dan kuahnya juga enak yang menambah kesempurnaan lontong mie ini. Petisnya kayaknya di racik soalnya gak ada petis yang nikmatnya kayak gitu, jadi termasuk resep rahasia. Semua itu di tambah sambalnya uuuuy nikmat gak karu-karuan.

Setelah itu minum teh hangat. Yang hangat karena mulut kena pedas lontong mie tadi rasanya teh hangat jadi panas tapi enak. Benar-benar gak bisa lupa aku saat itu. Pokoknya the best deh lontong mienya Bu Imam ini. Suatu ketika tiba-tiba Bu Imam jarang jualan. Aku tanya kenapa ternyata perutnya sering sakit-sakitan. Dan karena itu aku jadi makin jarang bisa nikmati lontong mienya. Akhirnya beberapa waktu kemudian gak jualan sama sekali.

Aku sempat ngira gak jualan lagi, tapi setelah beberapa bulan gak jualan eh jualan lagi! Asiiiik langsung serbu deh. Dan disana pula Bu Imam jelaskan kalau alasan gak jualan karena habis operasi rahim. Rahimnya bermasalah mungkin ada tumor jadi di angkat melalui operasi, setelah operasi harus istirahat total karena biar benar-benar Fit baru bisa jualan lagi. Tapi jualan itu gak begitu lama, tiba-tiba Bu Imam kembali sakit dan gak jualan lagi. Karena makin parah Bu Imam akhirnya gak bisa jualan lagi.

Akupun sedih, orangnya baik seperti itu harus menderita dan gak bisa makan lontong mienya lagi. Usut punya usut ternyata Bu Imam rahimnya luka. Dan luka itu akibat operasi sebelumnya yang gak sempurna (malpraktek) dan malahan ada isu ada yang tertinggal di rahimnya peralatan operasinya. Karena itu sakitnya gak hilang hilang dan makin parah. Saking parahnya sampai teriak-teriak. Risdiken tau karena Bu Imam ini masih tetangga langganan soto ayamku. Saking sakitnya sampai gak sadar gak inget siapa-siap.

Waduh aku sangat perihatin banget tapi gak bisa bantuin apa-apa. Sampai suatu ketika aku berkesempatan ketemu Bu Imam untuk terakhir kalinya! pas mau beli Cilok di dekat Masjid aku bertemu pak Imam bersama Bu Imam berjalan jalan di pasar baru Porong. Lalu aku di sapa dan berhenti sejenak. Bu imam berkata : "lama sekali gak berjumpa, bagaimana kabarnya Ris?" aku menjawab : " baik kok" Bu Imam : "gak kangen?" aku : "kangen lontong mienya yang enak bu" sambil tersenyum. Bu Imam : "lho kok kangen lontong mienya bukan kangen aku" sambil tersenyum. Aku : iya aku juga kangen Bu Imam lah hehehe" setelah berbicara beberapa menit aku kembali melakukan perjalanan beli cilok.

Dan gak nyangka saat itu pertemuan terakhirku dengan beliau. Gak beberapa lama dengar kabar sakitnya makin parah hingga meninggal dunia. Akupun shock banget, kemarin-kemarin masih bisa jalan-jalan tiba-tiba sudah tiada. Lho gak nuntut bro ke rumah sakitnya? Mana mungkin nuntut nih sahabat sekalian, wong cilik kebanyakan terabaikan oleh hukum, apalagi jauh dari media. Keluarganya hanya bisa pasrah.

Nuntupun bisa terbalik kena jerat hukum bila kalah di persidangan. Ya keluarganya cuma bisa ikhlasin tanpa ada perlindungan hukum atau tindakan hukum atas malpraktek dokter dan rumah sakit tersebut. Mungkin kalau jaman sekarang bisa viral banyak medsos, dulu gak ada dan gak ada menyentuh dokter malpraktek itu. Risdiken pun sudah gak bisa nikmati lontong mie yang enak tersebut dan resepnya gak di turunkan pada anak-anaknya.

Akhirnya biar gak sedih, pak Imam gak inget-inget, rumahnya di jual dan pindah. Bertahun-tahun berlalu, pas urusan kerja Risdiken lewat daerah rumah baru pak Imam tapi gak ada tanda-tanda jualan. Memang resepnya gak ada yang tau, tapi saat jualan dulu yang beli bahan-bahan masakan pak imamnya, jadi bisa saja bikin juga, tapi ternyata gak. Masih menaruh harapan akan muncul kembalinya lontong mie nikmat tapi ya sudah gak ada.

Nah karena lontong mie bu imam aku jadi anggap lontong mie bukan makanan biasa lagi. Tapi makanan spesial. Setelah itupun aku mencoba berbagai lontong mie yang enak dan luar biasa tapi belum bisa nandingi kenikmatan buatan bu Imam. Bahkan legenda lontong mie Sidoarjo yang sangat enak sekalipun masih kalah. Sangat di sayangkan sekali. Lontong mie enak itu sudah gak ada untuk selamanya.

Bu Imam yang baik hati, perhatian, dedikasi pada keluarga dan selalu ramah pada pelanggan dan di anggap saudara sendiri dengan baik telahpergi. Selamat Jalan Bu, semoga engkau di terima di sisinya. Denikianlah kisah duka perjalanan kuliner Risdiken setelah cerita penjual soto ayam. Sungguh di sayangkan beliau pergi dengan cepat, tapi Tuhan sudah berkehendak ya harus di ikhlaskan. Sampai jumpa di kisah perjalanan kuliner Risdiken berikutnya.

No comments: