Thursday, November 16, 2017

Supra X Helm In 125, motor 125cc serasa 100cc


Supra siapa yang gak tau?  Pasti orang yang sering di jalan tau lah hehehe. Nah Supra Helm In motor anak tiri dari Honda ini unik juga. Lho kok anak tiri bro?  Ya gimana bukan anak tiri, dari jaman pertama rilis dulu sampai sekarang belum update. Paling cuma stripingnya saja. Padahal Revo sudah update dan Supra X 125 juga mau update. Ini si Helm In ya gitu-gitu aja. Aku bilang motor unik karena ini motor 125cc tapi rasa 100cc! Alasannya ya powernya ini gak sedahsyat yang 125 biasa. Lawan Revo saja sama-sama standard kalah, gak pantas banget kan motor 125cc kalah sama 110cc. 

Tapi nyatanya kalah dengan adiknya si revo 110cc bahkan sama Beat jadi bulan-bulanan. Lah kenapa gak di bikin 110/100cc saja toh lemot. Sia Sia si bikin 125 powernya gak lebih hebat bahkan di bawah yang 110cc. Kemudian untuk ukuran motor 125cc irit banget. Nah kan, motor 125cc serasa 100cc. Kencang ya kalah sama adiknya, tapi bbm irit kayak 100cc jadi ini motor 125cc dengan rasa 100cc. Tapi ya kalau urusan power gak oke jangan kecewa, ganti saja busi yang racing standard harian tenaganya gak mengecewakan kok. 

Bisa lawan adik-adiknya dan menang plus nantangin matic 125cc yang sudah termasuk kencang gak akan gentar. Dengan settingan tepat aku yakin ini motor akan sangat cepat. Aku bingung kok di bikin seperti itu karakter motornya. Buat irit standard gak terlalu boros tapi tetap bertenaga kan gak masah, malah dibikin irit tapi tenaganya kurang. Memang untuk kenyamanan, tapi gak sampai segitu kan gak apa-apa. Oke lanjut lagi besok ya. Salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara! 

2 comments:

63mb3l15m3 said...

ane juga pengguna supra x helm in baik karbu maupun injeksi bro. dan faktanya,,, memang di jalan raya, imbang dengan revo.
bahkan versi injeksi vs revo injeksi malah menang revo injeksi. di spedo ane 105. dan ane yakin revo injeksi up to 107/108.
tapi coba tes irit. pasti lebih irit supra helm in. itulah masalah awal kenapa cc lebih besar tapi malah lebih irit.

di tanjakan sama revo juga kalah bro, sebenernya bisa dipaksa misal gigi 1 sampe 30, gigi 2 sampe 50/60, tapi berisik. ane pake revo, tanjakan gigi 2 50, pindah 3 bisa 70, enteng. supra125 helm in standar nanjak pake gigi 3?malah loyo.

soal supra helm in vs blade, coba baca speknya bro,,, puncak power supra helm in di 7500, sedangkan blade125/suprafi di 8000. maaf, gak bahas torsi, krn torsi tu cmn ngefek di jalan datar. klo tanjakan, pasti napasnya diabisin tiap gigi, maen di atas 6000rpm, disini power lebih banyak bicara.

katakan supra helm in torsi lebih besar, di tanjakan dia akan main di gigi 2 40 gigi 3 60, tapi blade dengan power lebih bisa main gigi 2 50, gigi 3 pasti lebih enteng lagi karena pindah dari gigi 2nya pada kecepatan yg lebih tinggi daripada supra helm in. dari sini aj dah keliatan batas potensi supra helm in.


ane juga sempet baca keinginan bro risdi buat bore up supra helm in nya.
punya ane udah diboreup(yg karbu).
nah, selain bore up mesin, ane juga iseng pesen boreup karbunya. dan ternyata... keliatan beda spek dengan supra 125R/D/Kharisma:
1.stang seher lebih pendek (sama dengan vario, 93mm) jelas efeknya pergerakan stang dalam muter kruk as lebih menyudut, sehingga gaya gesek piston dengan liner lebih besar, efeknya payah RPM atas. tapi beban pada stang sendiri berkurang sehingga kualitasnya bisa dikurangi. dari sini dapat diduga AHM mau ngirit biaya produksi dengan mengurangi kualitas stang.
2.jarum klip karbu, gendut. iritnya minta ampun tapi ya itu rpm atas KO. versi boreup karbunya udah dicoba di kharisma standar, efeknya lebih irit, tapi top speednya kurang bertenaga.


punya ane baru sekitar 10ribu KM setelah boreup, fine2 aj sih. berkendara cepat tp gak maksa rpm tinggi di gigi 1, 2. gigi 3,4 sesuai setingan karbu, klo emg agak boros jarang di bawah 100kmpj(solo jogja). cuman memang kurang memuaskan krn:
1.klep standar, knalpot standar(cuman ganti leher).
2.jarum PE26 KW 99 harga 135ribu, kurang pas, belum dibikin sesuai kebutuhan. (tengahnya kebasahan). boros banget 1:35. sebenernya bisa distel irit, rekor seliter dapat lebih dari 40km, tapi atasnya kekeringan. meskipun lebih oke daripada karbu GL KW,keborosan,,, 1:28-32.

punya ane juga jd kopling manual, per TDR, kampas standar tp klo pas kemacetan/ overheat jd goblok. not rekomended.

sedangkan untuk versi supra helm in injeksi, sebenernya bisa minta tlg montir ahas, buat setting beda, ane pernah ngeluh atasnya culun, masa kalah sama supra lama setelah servis, atasnya bisa lumayan (bisa lah lari dari revo injeksi). cuman,,, startnya agak kurang nendang. tengah atas sih lebih berisi.

overall sih mmg supra helm in bukan buat tarikan, potensinya justru gigi 1, 2 nya pendek, habis tuh baru habisin napas di gigi 3 n 4. standar mentok paling 110.

ane pengen ganti motor juga cmn 1 pilihan, aerox155. krn bagasi aj sih.
klo AHM mau bikin supra helm in 150 sih ane beli(mesin gak perlu kayak sonic, ane yakin rangkanya gak muat), cukun mesin tidur kayak daytona yg 150cc, kan bisa 20 hp juga, https://enoanderson.com/blog/2014/12/02/mesin-150cc-ala-bebek-ini-mampu-menyemburkan-tenaga-207-hp-edaaann/
katakan AHM bikin powernya 12-13 ps kan dah cukup lah untuk motor harian yang bobotnya gak sampe 110kg....harga di bawah verza maupun vario 150.
suntik mati MEGAPRET, facelift VERZA, upgrade supra helm in (dah dari 2011 lho).

jadi pilihannya makin banyak, bebek komuter ya supra fi/blade fi, entry level revo, mau bagasi, touring supra helm in 150. mau batangan tapi seret duitya ya verza.

TOH SUPRA GTR GAK LAKU JUGA.

Risdiken said...

Terima kasih bro komentarnya. informasinya sangat cukup detail dan menambah wawasanku. semoga bermanfaat bagi sahabat lainnya.