Thursday, November 23, 2017

Kisah duka di perjalanan kulinerku (Penjual Soto Ayam)

ya sebenarnya sudah lama pengen nulis ini tapi ya batal terus. sekarang mumpung lagi keingininan kuat nulisnya aku tulis saja. nah di perjalanan kulinerku di berbagai tempat dari resto,depot sampai emperan ada cerita dukanya lho. nah cerita dukanya ini tempat aku beli soto ayam langgananku orangnya meninggal. dan saat mengetahui itu ya ada rasa sedih cukup dalam. oke kita mulai saja ya ceritanya dari awal. biasanya kan aku urusan kerja bawa motor, jadi leluasa mau makan di mana saja termasuk emepran karena gak makan banyak tempat.

nah setelah beli kebutuhan bahan baku kertas untuk di kerjakan aku melihat ada sebuah gerobak soto di pinggir jalan di Jl. Imam Bonjol sebelahnya keduaan besar Belanda. nah disitu kayaknya enak nih, tapi lama gak kesampaian seperti ceritaku yang sudah-sudah. baru setelah kesitu lagi beli kebutuhan bahan baku dekat situ aku sempatkan deh mampir sebentar untuk mencobanya (gamabr di atas, aku tulis pandegeleng karena gak tau nama jalannya, baru tau sekarang kalau jalan Imam Bonjol). kesan pertama saat makan di situ ternyata sedap soto ayamnya. wah bisa buat langganan nih. 

selain itu porsinya juga banyak, Rp.10.000 (harga saat itu) sudah termasuk minumnya rasanya kenyang dan nikmat. ya karena enak aku sering beli di situ langganan. walau gak tujuan beli kertas dekat situ aku tetap beli makannya di situ kan dekat jalan Raya jadi tinggal belok dikit sampai. ke Sunan Ampel beli buku pesanan klien juga kesitu, habis nonton film kadang ngemper juga kesitu dan sering deh pokoknya. hafal banget sama aku ini orang yang jualan (yang sayangnya namanya aku lupa >_<). 

"habis dari mana mas? kulakan kertas" sering dia bilang begitu. ya aku jawab "iya pak, ya kadang juga gak kulakan sih, ya pas ke Surabaya lapar aku sempat kesini ya makan disini pak" sambil tersenyum. nah aku kan kalau beli soto ayam gak pakai kulit. sebelum membeli aku selalu bilang dulu, eh malah di kasi, ya aku komplin. lho pak gak pakai kulit kan? (tentu nada gak marah/tinggi soalnya orangnya baik. aku bilang dengan sopan). oh iya mas maaf lupa aku, sini aku ganti.

kadang kalau kulitnya dikit aku diem saja, kalau kebanyakan ya bilang dia ganti atau nyisihkan kulitnya di mangkok satu lagi untuk di tukar dengan potongan daging ayam yang baru di iriskan lagi. ya bapak ini sering lupa, pelupa hehehehee. tapi selalu penuh senyum dan sangat ramah. suatu ketika aku mulai jarang kesana karena aku terlalu repot. beli bahan baku gak bisa jadinya ortu yang berangkat sedangkan aku ngerjakan kerjaan di rumah yang numpuk. 

ya sesekali ke Surabaya kadang waktu mepet banget cuma pulang pergi gak sempat makan jadi gak mampir. ya kangen pokoknya kesitu selain sotonya cak Wid di depan Mall galaxy. tapi masih sesekali bisa mampir sih. ya tentu dengan ramah bapak penjual soto itu menyapa. "kok lama gak kelihatan mas?" aku menjawab : "ya pak, repot sekali aku di rumah gak ada waktu bepergian beli bahan baku, sekarang ada orang lain yang ngurusinnya. jadi karena itu jarang sekali ke Surabaya pak sekarang, kalau agak longgar aku sendiri lagi yang berangkat." bapak itu bilang : "oh, makanya kok jarang terlihat." selesai makan bayar pualng pamitan deh. 

ya pokoknya akrab sama bapak ini kayak teman sendiri. kadang yang kasian bila ada satpol pp lewat kayak kebingungan setengah mati. ya untungnya cuma lewat gak di grebek. makin hari aku makin repot dan makin gak sempat ke Surabaya. hehe keinget nih sama bapak itu gimana kabarnya, kangen sotonya juga. saat lagi agak santai dan bahan baku banyak yang belum di beli aku berangkat membawa mobil bersama Bapakku, dan saudraku (sekarang sudah almarhum (yang punya  CB150R SP)).

nah kebetulan suka soto semua aku ajak mampir deh mereka ke Soto Ayam Jl. Imam Bonjol itu. saat aku kesana kan sudah lama gak mampir, lihat aku beli di situ kayak seneng banget. ya aku merasa heran gak seperti biasanya bapak penjual soto ini kok senengnya lebih banget dari yang biasanya. apa kaget bawa mobil? aku pikir gak, soalnya sesekali aku berangkat sendiri juga bawa mobil ya biasa tuh. ya sudah beli lah disitu. apesnya tinggal 2 porsi nasinya. wah mau batal dan pergi ke tempat lain saja makannya bapak itu menghentikanku. 

tunggu mas, aku pinjemkan nasi deh di warung sebelah. akhirnya beli nasi bungkus di ambil nasinya saja di berikan kepada kami. oke setelah itu pada kenyang dan puas. saudaraku yang meninggal sekarang sangat seneng dan puas dengan soto bapak itu. Bapakku juga sangat menikmatinya. Kamu tau saja soto enak Ris tuturnya saat itu. ya aku jawab, soto ayam di Surabaya banyak yang aku coba mas, makanya tau mana yang enak dan bisa di jadikan langganan.

saat makan ya aku dengan semua orang termasuk bapak penjual soto itu asik ngobrol-ngobrol dan soto habis ya kembali pulang, entah kenapa bapak itu kok riang banget ya lebih dari biasanya. aku beli si situ kayak sueneng banget orangnya. kamipun pergi pulang setelah makan. dan setelah itu aku gak pernah kesitu lagi sangat lama, mungkin 6 bulanan kalau gak salah. sempat ke surabaya mau beli eh habis, yang jualan kok ibu-ibu sekarang? kesitu lagi sudah tutup lealah habis terus padahal waktu ke surabaya jarang selalu terlewatkan.

aku curiga, kok ibu-ibu terus sih yang jualan sekarang, Bapaknya mana ya? jangan-jangan sakit. aku penasaran banget. suatu ketika ada kesempatan lagi ke Surabaya aku mampir ke situ dan yes belum tutup. aku pesan dan saat memesannya aku mau tanya tapi ya gak enak nih, tapi kalau gak tanya gak tau, jadi tanya saja deh. Lho Bu mana bapaknya kok sering Ibu yang sering aku lihat. Wajah Ibu itu tampak sedih dan mejawab : Bapak sudah gak ada Mas. aku langsung deg deh kaget aku, makanya kok Ibu ini yang jualan terus(istrinya bapak penjual soto). 

Innalilahi Wa Inanlilahi roji'un. aku langsung mengucap itu. dan Ibunya bilang dari sehabis Maulid Nabi Bapaknya sudah gak ada sakit keras. berarti pertemuanku dengan Bapak itu saat beli sama ortu dan saudaraku adalah pertemuan yang terkahir! mungkin dia berpamitan atau gimana ya secara gak sadar. makanya kok sueneng banget aku datang ke warungnya. gak kayak biasanya. memang sih jarang beli tapi biasanya gak begitu seperti kataku di atas. bapak itu sudah tidak ada, kangen pengen ngbrol-ngobrol lagi sudah tidak ada untuk selamanya.

aku sangat gak menyangka pertemuanku saat bersama ortu dan saudaraku itu adalah pertemuan yang terakhir kalinya. sungguh sedih sekali saat itu dan mensupport Ibu yang jualan soto itu untuk tetap tabah. saat beli di situ ajaibnya rasanya sama gak beda, berarti yang masak sotonya ya Ibu itu kali ya, yang jualan saja si Bapak jualan soto itu. sempat 2 kali aku beli di situ setelah bapak penjual soto meninggal sampai sekarang sudah gak pernah beli lagi. ya karena sibuk gak sempat dan kadang terlalu capek di jalan makan di tempat terdekat jadinya aku beli makan.

sebenarnya aku mau kesana kembali 2x juga dan tutup. entah sudah gak jualan lagi atau kebetulan tutup aku gak tau. kasian Ibu itu jadi sendirian. walau bukan teman yang meninggal, tapi sudah kayak teman dekat aku sama Bapak itu. sehingga saat beliau pergi tentu aku merasa sedih banget. apalagi baru tau sudah beberapa bulan. itulah kisah duka perjalanan kulinerku yang dapat aku ceritakan. dan akan ada ceirta lainnya yang aku tulis tentang kuliner tapi gak berhubungan dengan makanan secara langsung seeprti ini. semoga Arwah Bapak itu di terima di sisiNya, Amin. salam sahabat pembaca sekalian dan terima kasih.

No comments: