Friday, November 3, 2017

Lingkungan makin lama makin rusak oleh sampah

Haduuh aku setiap lewat jalan desa dan sungai kok banyak banget sampah berkeliaran tidak pada tempatnya ya? parah banget nih masyarakat sekitar kok buang sampai di sungai dan di sembarang tempat yang membuat lingkungan jadi makin kotor dan rusak. ya gak masyarakat sekitar saja sih, dari jauh sudah baung sampah sampai ke tempat lain jadinya makin kotor. jalan setapak yang dulu bersih kini penuh sampah, baru ada tulisan warga marah dilarang buang sampah baru sadar. bahkan di tempat umum kalau melihat samping jalan sampah bertumpuk jadi banyak.

sampai-sampai pak polisi ada yang lihat dan di panggilkan petugas pengangkut sampah dan di bersihkan. setelah bersih eh penuh lagi sampahnya. apa salahnya sih sampah kita ya kita simpan sendiri, kalau basah, kalau kering atau sudah kering di bakar beres deh. keluargaku begitu, jadi gak menimbulkan limbah di lingkungan. gitu aja kan beres, masa bakar 10 menit paling lama gak ada waktu atau gak sempat? main hp berjam-jam saja sempat hehehehehe. ya karena males itu sampah di buang se'enaknya. padahal tempat sampah juga ada malah gak di buang di situ melainkan di sembarang tempat. sungguh terlalu nih. 


 nah terlihat di sungai sampah ngumpul bersama eceng gondok. padahal dulu eceng gondok saja yang terlihat dan enak di pandan mata. sekarang malah sampah yang mendominasi.


 sampai menumpuk di sungai, makanya sungai cepat dangkal dan banjir jadi sering.


 eceng gondok terkilas sampah!


ini di sungai lho, tapi pas air surut di tumbuhin rumput, eh di jadikan tempat sampah. padahal itu kertas semua. di bakar sebentar juga beres aslinya, berhubung pemalas ya mau gimana lagi ya di buang deh ke sungai atau sembarang tempat.


 nah sungai yang mendangkal tadi, aku foto jarak agak jauh biar lebih kelihaan kalau itu sungai.






 4 Gambar di atas kelihatan asri nan indah kan? di pandang mata juga enak kan serba hijau dan natural? itu memang benar, tapi sudah mulai rusak oleh orang-orang yang gak bertanggung jawab. coba lihat gambar di bawah ini.


4 gambar di atas cuma aku ambil sisi indahnya saja, sebelahnya ya lihat gambar di bawah ini dan gambar di atas pas tulisan ini, sampah bertebaran di mana-mana. sungai, jalan umum dan lainnya jadi ajang membuang sampah sembarangan.


 ini warna yang atas dan bawah gak  nyambung bukan karena editan, melainkan file fotonya yang rusak karena card reader error.



makin hari aku lihat makin memprihatinkan. jalan yang dulu bersih eh kini jadi lahan sampah di mana-mana. lingkungan yang asri makin lama makin rusak. asal tau saja ya, pelaknya bukan orang jahat tentunya. mereka ini orang berbudi luhur, gotong royong dan kompak brmasyarakat dan bernegara. gak ada masalah dengan siapapun dan orang baik-baik yang siap menolong ada orang kesusahan. tapi dibalik itu semua bila sudah urusan sampah mereka buan se'enaknya tanpa rasa penyesalan sama sekali (aku tau soalnya ada banyak orang yang aku amati perilakunya begitu). 

ini orang baik-baik lho sampi kayak gini, apalagi kalau campur orang yang gak baik tetu akan membludak sampah ini. akankah kita suatu saat gak bisa melihat pemandanan yang enak di pandang mata? di gunung dan laut saja sudah kotor sekarang. semoga aja gak makin buruk. ya gak semuanya sih orang sini buruk, buktinya ada yang sadar buang sampah pada tempatnya dan ngurusin sampah, tapi kebanyakan kurang sadar. semoga lekas sadar agar bumi makin indah. salam semuanya.

No comments: