Thursday, November 23, 2017

Bawa barang berharga/perhiasan naik motor? Mending jangan deh, mancing kejahatan


Berita tentang begal seakan gak pernah habis, setiap hari selalu ada berita baru kejahatan begal terjadi. Apalagi di daerahku tinggal juga rawan banget. Bepergian malam hari di atas jam 9 malam? Pikir berkali-kali dulu deh, di atas jam segitu aksi para penjahat mulai aktif. Apalagi pergi sendiri atau cuma berdua berboncengan, resiko cukup tinggi sahabat sekalian. Itu bawa motor saja sudah resiko seperti itu, kalau bawa barang berharga malah lebih bahaya lagi. 

Entah kenapa penjahat selalu dapat mengendus korban yang bawa uang banyak. Jadi bawa barang berharga dalam jumlah besar naik motor? Jangan sendiri, maling atau negara bisa mengendusnya pasti kemungkinan besar di samperin oleh mereka. Istri bawa perhiasan banyak di tangan atau bagian tubuh lainnya lewat jalan sepi bisa di gondol, jadi bila bawa barang seperti emas mending di sembunyikan biar gak mengundang kriminal datang. Aku sering dengar dekat rumah ada jambret spesialisnya rebut tas dan kalung emas dan belum ketangkap sampai sekarang padahal sering beroprasi di lokasi yang sama.

Syukur-syukur cuma di ambil barangnya, kalau ambil pasar dengan membacok dengan senjata tajam kan ngeri. Selain kehilangan tangan juga kehilangan perhiasan jadinya. Paling bahaya lagi bawa uang dalam jumlah besar apalagi bila puluhan juta, mending jangan keluar sendiri naik motor atau berboncengan berdua saja. Pasti pelaku kejahatan sudah mencium bau uangnya. Jadi kalau bawa uang atau barang berharga banyak ya mintalah 3-4 orang lagi bawa motor juga dan mengawalnya. 

Dengan begitu lebih aman. Penjahat mau nyerang tapi sasaran di kerumuni orang jadi rame ya gak berani. Apalagi penjahat beraksi lebih dari 1 motor, 4 orang biasanya, jadi sendirian naik motor atau boncengan berdua saja adalah opsi yang salah banget. Apalagi bila jalan sepi, malam hari pula. Bila gak ada orang yang kita kenal bantu mengkawal ya minta saja bantuan polisi. Lah kalau pak Pol ada biayanya gimana bro? Gak masalah, mending kehilangan uang sedikit daripada kehilangan semuanya, ya kan. 

Atau kalau jauh dari kantor polisi siapa saja bisa asal orang bisa di percaya dan di beri imbalan yang cukup. Katakanlah ngeluarin dana Rp.1-2 juta gak masalah daripada kehilangan puluhan juta, ya kan. Pokonya jangan sendiri, mintalah bantuan jangan sampai sendiri di jalan 1 motor/mobil saja. Aku nulis begini selain sering banget kejadian dan kemarin teman ortu juga ada yang jadi korban pembegalan di tengah jalan saat malam hari karena ketahuan bawa uang puluhan juta. 

Dan sayangkan kejadian ini memakan korban jiwa, temen ortu meninggal dan istrinya kritis. Jadi asli sangat bahaya bawa motor atau mobil sendiri di tempat sepi atau malam hari bila bawa barang berharga. Seperti kataku tadi, mintalah di temani banyak orang atau minta kawal polisi. Lebih baik kehilangan sedikit demi ngamanin dari kehilangan semuanya termasuk nyawa. Waspadalah sahabat bikers sekalian, dan jangan remeh atau lengah bila di jalan sepi. Salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara! 

2 comments:

Unknown said...

Jadi inget dulu dari bank ambil uang 56 juta buat KKL sampai minta kawalan temen mas.naik motor badan rasane gemeteran trs

Risdiken said...

Nah bener gitu bro di kawal. Maling kalau ada orang bawa uang tau aja soalnya.