Monday, March 19, 2018

Selamat jalan saudaraku, aku tak akan pernah lupa denganmu



Beberapa bulan terakhir Risdiken kehilangan teman baik bahkan seperti saudara sendiri (salah satunya memang saudara dekat). Beliau ini adalah orang-orang yang menginspirasiku, memberi wawawasan dan beberapa ilmu penting. Kedua orang ini juga sangat cinta pada dunia roda 2. Yang satu sudah aku bahas dulu yang baru beli CB150R baru kemudian secara tiba-tiba meninggal karena serangan jantung.

Yang kedua teman touring dan Club. Club moge dan motor 250cc pasti kenal dengan beliau. Dia adalah pak Echo. Dia pergi begitu cepat dan mendadak asli bikin kaget dan sedih karena orangnya buaik banget padaku, walau aku bikin dia kecewa urusan kerja dia gak marah masih ramah ngajak touring. Sayang karena sibuk aku gak pernah bisa touring bareng, dan jam touringku bersebrangan (di atur biar gak berantakan dengan keluarga dan pekerjaan).

Beliau memberi aku job besar tetapi karena pas saat itu gak punya karyawan kompeten terpaksa aku menolaknya padahal sudah di percayakan padaku. Terpaksa beliau jadi nyari orang lain tangani job yang seharusnya kena padaku. Aku masih ingat betul saat touring pertama dengan club dulu. Saat pesan makanan di resto Sagu di Jombang aku pesan ayam eh oleh pelayannya di kasi bebek. Lah risdiken di kasi bebek kan gak mau aku bilang ke teman-teman, bro aku pesen ayam kok di kasi bebek?

Pak Echo datang yang saat itu belum kenal dekat. Alah sama saja, makan aja deh (sambil nyodorkan bebek gorengnya). Terus pak Mul bilang : lho jangan maksa pak, iya kalau orang biasa, kalau dia punya pantangan makan bebek suru makan ada apa-apanya gimana? (Padahal gak ada pantangan cuma gak mau aja hehehe). Ya sudah pesen saja lagi, langsung beliau panggil pelayan suru bikin ayam goreng lagi dan bebeknya di makan teman-teman.

Saat beres mau pulang berpencar satu-satu karena rumahnya beda-beda.  tanya totalan berapa bayarnya bro? Teman-teman bilang gratis bro, pak Echo yang bayarin! Lah tau di bayarin gitu aku gak akan pilih-pilih nih, makan aja itu bebek. Ya aku langsung chat dan berterima kasih padanya. Setelah itu kami jadi makin akrab. Setelah itu aku ketemu sekali tapi sering ngobrol termasuk urusan kerjaan, dan gak tau aku ternyata beliau sudah gak aktif di club karena aku jarang aktif, cuma sebulan sekali baru bisa bersama teman-teman karena kesibukanku kerja dan bersama keluarga.

Ya orangnya baik sayang sudah gak aktif. Lalu beberapa bulan kemudian ada moge lewat aku kejar soalnya kayak ada R25 temanku. Dan benar ternyata motornya pak Echo ini, langsung aku sapa beliau. Dia membalas : Eh Ris mau kemana?  Ya cuma ngikuti sampean pak, kayak motor sampean tadi makanya aku coba kejar (aslinya juga karena pengen lihat ada moge tadi ducati dan CBR600RR yang ternyata pak Komar). Lampu merah sudah hijau pergi deh beliau dengan teman-teman lainnya. Setelah itu sempat hilang kontak dan ketemu kembali mau ngopi bareng yang apesnya gak pernah kesampaian.

Ngajak makan nasi goreng juga belum terlaksan dan Risdiken mau minta saran mengenai memilih moge yang benar (beliau punya banyak motor termasuk CBR1000RR). Risdiken cari-cari waktu yang tepat. Suatu minggu Risdiken chat pak Echo barangkali bisa ngopi bareng mumpung waktu luang di hari minggu, tapi gak bales. Wah pasti sunmori nih orangnya.

Eh agak siang dikit di grup ada berita beliau kecelakaan dan meninggal dunia. Aku shock dan gak percaya, teman-teman lainnya juga gak percaya, tapi Sumber yang di dapat temanku asli soalnya KTPnya di foto. Asli sudah deh bingung gak karuan aku, pak Komar aku kontak ternyata benar, beliau sudah tidak ada, pak komar di sampingnya di saat terakhir. Ya awalnya banyak yang ngira karena crash biasanya kan beliau kencang jadi mungkin hilang kendali dan crash, tapi faktanya bukan, ternyata saat riding bareng dengan teman-teman club moge kena serangan jantung.

Lah biasanya kencang kok ini pelan? Di tanya teman-teman katanya sakit tiba-tiba dan masih mau lanjut di tempat yang enak buat istirahat. Oke teman-temannya pergi duluan kok gak sampai sudah lumayan lama. Saat di datangi lagi beliau sudah dalam keadaan jatuh dan saat ke RS terdekat sudah meninggal. Langsung setelah dari rumah sakit pak Komar juga yang memandikan jenazahnya. Memang ikatan persaudaraan mereka begitu kuat. Risdiken yang di rumah langsung siap-siap menghadiri pemakaman.

Teman-teman ternyata sudah hadir di titik kumpul langsung parkirkan motor dan ke rumah pak Echo naik mobil teman. Saat sampai ternyata sudah di bawa ke makan, kamipum bergegas karena jalan di Surabaya macet. Saat tiba sudah ramai, moge-moge berjejeran di makan karena dari sunmori langsung kecelakaan langsung di makamkan saat itu juga tanpa jeda. Asli penyesalan cukup dalam Risdiken rasakan saat itu, orang yang baiknya seperti saudara sendiri seperti itu tiba-tiba pergi.

Dermawan, baik hati, sangat memperhatikan teman, sangat peduli bahkan setiap teman kayak saudaranya sendiri. Teman-teman begitu kehilangan. 2 orang baik yang aku kenal kebetulan hobby motor meninggal di waktu berdekatan dengan cara yang sama. Tiba-tiba gak enak badan langsung makin parah sampai meninggal dan ternyata serangan jantung mendadak. Sama persis gejalanya.

Saudaraku yang baru beli CB150R dan meninggal itu walau sudah beberapa hari meninggal, teman-temannya baru bisa datang langsung ke makam semua tengah malam! Ya mereka juga kehilangan, soalnya dari awal kerja sampai berkeluarga tetap kompak, bahkan dari motor bebek jaman dulu sampai janjian beli CB150R semua yang akhirnya baru terwujud sudah gak ada. Kedua orang ini asli hatinya buaik banget pada semua orang, makanya saat beliau pergi banyak orang yang begitu kehilangan.

Kalau di pikir ya sedih, tapi namanya Tuhan sudah memanggil mau gimana lagi, kita Do'akan saja biar arwahnya tenang di sisi-Nya. Selamat jalan saudaraku, semoga engkau tenang disana di sisi-Nya, aku tak akan pernah lupa denganmu. Salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: