Thursday, March 15, 2018

Butuh uang meminjamkan motor ke orang? Hati-hati bisa di peras!

Disini sering orang butuh uang minjankan motornya ke orang lain. Ya biasanya sebagai jaminan uangnya di bawa. Biasanya sih nominalnya gak sebesar harga motornya jadi ya gak sedikit orang mau minjami uang dengan ganti motor yang meminjam di bawa pemberi pinjaman. ya karena motor di serahkan tentu ya di gunakan seperti motor sendiri.

Mereka memberi pinjaman biasanya karena motor termasuk keluaran baru dan cuma butuh uang beberapa juta saja bisa memakainya walau sementara. Itupun uang bakal kembali 100% dan yang memberi pinjaman untung bisa memakai motor bagus walau sementara tapi biasanya lumayan lama. Gak rugi minjemin dengan jaminan motor yang nilainya jauh dari harga motornya, sekalipun bekas. 

Enak gak was-was dan motor bagus di pakai sampai pinjaman di kembalikan. Aku bilang begitu karena memang rata-rata motor masih gres dan kinclong yang di pinjamkan demi dapat duit, kalau motor lama biasanya jarang yang mau ataupun nilai pinjamnya jadi kecil banget. Meminjamkan sebagai ganti pinjam uang sudah berlangsung lama dan berkembang. 

Masalahnya juga berkembang ke arah yang negatif. Sebagai contoh seorang teman yang gak bisa aku sebutkan pernah mengalami hal gak mengenakkan saat butuh uang kemudian meminjamkan motornya ke orang lain. Dia punya motor Vario 125 baru 4 bulan beli secara kredit. Nah butuh uang dia pinjamkan motor ke seseorang sebagai jaminan. Nilainya cuma 4 jutaan saja motor barupun di bawa orang. 

Nah si peminjam ini ternyata nakal. Motor aman-aman saja malah di bilang kena tangkap debkolektor dan nebus ratusan ribu biar di lepasin. Tentu yang minjam gak mau rugi karena motor yang iya pakai ternyata mau di tarik depkolektor ya si pemilik motor yang ganti rugi jadinya karena resiko motor masih kredit di pinjemkan. 

Ya temanku gak terima motornya mau di tarik oleh depkolektor soalnya belum lama telatnya. Diapun komplain ke pihak leasing. Pihak leasing terkejut karena pihaknya gak mengadakan pemgambilan motor padanya yang berarti si pemberi pinjaman uang berbohong. Dan itupun gak sekali saja, sehingga saat nebus seharusnya 4 jutaan jadi lebih kena tambah uang nebus tadi padahal itu cuma akal-akalan saja.  

Jadi bila sahabat bikers butuh uang dan mau minjamkan motor kedepan orang harus hati-hati. Pastikan dia orangnya biss di percaya. Atau paling tidak orang yang kita kenal dan orangnya baik/gak macem-macem biar motor di bawa pemberi pinjaman dengan aman. Uang cukup ya nebus sesuai nominal yang kita pinjam. Salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: