Monday, March 26, 2018

Motor 2-4 silinder tanpa knalpot racing ibarat minum teh/kopi tanpa gula!


DI akui atau tidak salah satu daya tarik motor 250cc - moge selain desain juga karena suaranya. anehnya makin keras suaranya makin asik rasanya di dengar. wah mantap, seakan itu juga jadi magnet bikin bikers lain kepengen. memang sih kalau kebangetan suaranya juga gak baik, ganggu masyarakat/bikers lain terlalu pelan juga gak enak, jadi harus pas hehehehehe.

di akui atau tidak faktanya memang begitu, gak pakai knalpot racing ya garing. bahkan blogger/vlogger saja ya semuanya pakai knalpot racing! mungkin ada juga yang gak tapi kebanyakan pakai. kenapa begitu? ya karena garing gak ada suaranya yang merdu, bikers cewek saja gitu, pasang knalpot Ninja 250nya dengan knalpot racing.

Ninja 250, R25, CBR250RR sering juga lihat belum ganti knalpot di jalan ya kayaknya biasa saja padahal sudah keren motornya, tapi kayak ada yang kurang, ibarat minum teh/kopi tanpa gula ya gak enak toh. ya seliwer gitu saja kayak gak ada yang spesial cuma body lebih besar dan motor fairing, gitu saja. tapi pas pakai knalpot racing beda cerita.

suaranya yang jelas mantap lihatnya weh bikin ngiler kepengen juga. suaranya jadi biker tambah kepingin punya motor 250cc ke atas. jadi wahnya bertambah 2x lipat lebih bila dengan suara. ya biker atau masyarakat bisa menilai sendiri kan enak apa gak sauranya motor 2-4 silinder. kita gak usah tanya, mayoritas kan memang begitu, jadi sedikit sekali yang pakai standard.

pertama takut performa malah gak enak (seperti Risdiken dulu), memang beneran gak suka yang berisik-berisik walau di dengar enak sekalipun (sangat jarang), kemudian takut Razia Pak Polisi. ke 3 alasan bikers gak mau pasang ini yang 2 di anataranya (1 & 3) aslinya pengen tapi gak mau ambil resiko jadi gak pasang. tapi di hati ingin, ya itu membuktikan suaranya memang mantap jiwa beneran wkwkwkwkwkwkwk.

ya suaranya enak, di jalan larinya juga kencang (pas jalan sepi dan situasi aman wuenak joss lari dengan kecepatan tinggi) serasa naik roket hehehehe. tapi ya tapi, bila kerasnya di ambang batas jelas ya gak terlalu enak walau merdu, di telinga orang lain sakit bila terlalu keras. ya kalau terlanjur beli dan gak ingin suara indahnya di kurangi tipsnya ya jangan terlalu kencang bila macet gasnya, kan gas dikit sudah kencang.

ya santai ikuti alur demi kebaikan bersama. kalau di gas kencang slintungan suara bakal menggila ya malah di maki orang arogan. Ya Risdiken nulis ini bukan berarti ngajak makek knalpot racing ya, cuma ya gak bisa di pungkiri suara motor 2-4 silinder jadi daya pikat tersendiri bagi para bikers. Sahabat punya motor 250cc ke atas 2-4 silinder berkeinginan ganti knalpot racing pasti ada.

Kecuali beneran gak suka suara terlalu keras. Dulu Risdiken pernah bahas seperti ini, ini cuma tambahan saja karena dapat dikit inspirasi. Ada opini? Silahkan di share. Salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: