Thursday, December 20, 2018

Benarkah helm bisa kadaluarsa?


Hehehe dari berita media online Risdiken kembali menemukan pernyataan yang menuruku ada yang salah atau gak sepenuhnya benar. Kali ini bahas helm yang katanya bisa kadaluarsa. Dan jangka kadaluarsanya sekitar 5 tahunan. Benarkah begitu? Risdiken kurang yakin soalnya pakai helm 6 tahun alhamdulillah aman kok. Malah sempat crash hebat kondisi helm sudah jelek busa dan sterofomnya (gabus). Memang sih masih 4 tahun kan katanya kadaluarsa 5 tahun, tapi itu kan kondisi helm sudah jelek. Dan tanggal kadaluarsanya katanya sudah berjalan semenjak helm itu di buat.

Lah helm kayak gitu kan sudah ada jauh sebelum Risdiken beli helm corak gituan, jadi kalau di hitung tanggal produksinya 5 tahun lewat menurutku dan nyatanya masih aman. Pas jatuh dulu keadaan busa sudah jelek dan sterofomnya juga parah. Jadi statemennya menurutku kurang benar. Mungkin berlaku di beberapa helm (bisa seperti helm abal-abal merk palsu), helmku walau murah ternyata gak murahan dan terbukti tangguh hehehe. Helm bagus jadi gak berlaku statemen itu. Ya Risdiken nulis gini bukan berarti bilang jangan beli helm baru selama yang masih lama masih ada.

Ya cuma meluruskan saja  dan tentu ada baiknya ganti helm bila terlalu lama toh gak mahal-mahal amat. Gak perlu yang branded tinggi (bermerk) atau terlalu mahal, cukup yang bermerk tapi gak mahal-mahal amat biasanya sudah cukup kuat. Dan pastikan lolos standar DOT karena DOT kan standar internasional jadi sudah teruji bener lisensi keamanannya. Sahabat bikers sekalian ada opini? Silahkan di share. Salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

NB: click link yang Risdiken sertakan untuk kisah lengkapnya pengalaman crash parah dengan helm Risdiken. 

No comments: