Friday, December 28, 2018

Strategi honda di India dalam jualan motor patut di pertimbangkan


Honda India menurutku hebat dan cukup berani melakukan tindakan. Ya kasusnya terjadi pada Honda unicorn 160. Awalnya kan kubikasi 150cc dan akhirnya di ganti kubikasi jadi 160cc malah kurang laku. Entah perubahan desain terlalu radikal tapi kurang di suka jadi kurang laku sampai kemarin gak laku sama sekali atau ada masalah lainnya? Akhirnya honda di sana rilis lagi yang 150cc tapi sudah di perbarui dari yang sebelumnya malah yang itu laris manis seperti ayam goreng. Unik kan hehehe, tapi nyatanya gitu. 

Nah yang harus di tiru adalah ketika produk lama yang sudah di revisi ternyata revisinya kurang laku, yang lama di jual lagi akhirnya tapi tentu dengan sentuhan baru. Hal serupa terjadi pada yamaha di Indonesia yang menjual Vixion Advance yang cukup laku keras, bahkan bisa salip menyalip dengan New CB150R kala itu. Setelah di rubah secara radikal desainnya ternyata bukan tambah laku malah makin seret, seakan taring sang raja sport dari yamaha ini rontok dan berdaya rebut tahta lagi. 

Andai saja yamaha gak malu saat yang baru kurang laku lalu jual lagi yang lama tentu di tambahin dikit biar lebih keren tapi desain di terima pasti gak akan seperti sekarang ini. Ya gak harus yamaha disini saja, pabrikan lain seperti honda, kawasaki dan lainnya juga, pernah juga kan produk di perbarui malah kurang laku. Ya gak harus cara ini juga, tapi bila di tempuh membuahkan hasil kan kenapa tidak? Salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara! 

No comments: