Thursday, December 6, 2018

Motor anak tiri akhirnya kembali ngebul



Juarang banget si supra x helm in Risdiken pakai. Karena itu pula Risdiken kurang perhatikan dan tau-tau lho kok ngebul! Waduh susah nih. Ini sudah kedua kalinya si helm in ngebul. Pertama sekitar 3 tahun lebih pas touring ke Bromo dulu dengan istri dan teman-teman. Setelah di pakai kesana belum aku ganti sudah di pakai kerja keluargaku jadi ngebul deh. Kali ini kembali terulang. Baru tau kalau ngebul pas Risdiken ambil motor Vario 150 di bengkel resmi karena ganti klakson. Dan pas perjalanan kembali saudaraku yang anter di depan naik supra x helm in. 

Terlihat basah knalpotnya. 


Dan pas di lihat dari belakang lho kok ngebul? Waduh terulang lagi. Kurang pengawasan dikit jadi gini. Dulu memang sampai rembes mesinnya Risdiken servis beres normal. Saat itu oli keasatan wajar kan rembes. Kini sudah gak rembes telat gak terlalu seperti kemarin-kemarin kok sampai ngebul? Awalnya Risdiken kerasa, pas jalan rasanya kayak oli mau asat dulu, tapi kan sudah gak bocor. Ternyata pas kemarin ambil Vario seperti kataku tadi terbukti ngebul. Anehnya pakai oli andalan Risdiken belasan tahun biarpun telat sampai keterlaluan aman gak sampai asat bila gak rembes mesinnya, ini kok asat padahal gak rembes, aneh kan. 

Apalagi jarak tempuhnya gak terlalu jauh sebenarnya. Ini bikin Risdiken bertanya-tanya, Jangan-jangan ada permainan nih? Soalnya gak wajar sih. Sudah gak bocor oli baru dan bagus telat dikit ngebul. Tapi ya gak seuzon dah, ini pemikiran negatif saja, siapa tau ada masalah lain. Contoh beberapa keluargaku pakainya kasar, main rpm tinggi gak segera di oper malah gas terus sampai mentok baru masukin gear. Bila lambat jalannya 40km/h gear 2 sudah rpm tinggi mesin meraung keras ya tetap gak di oper bila gak jalan lebih kencang, kan bikin motor terlalu keras kerja mesinnya walau pelan. 

Bila gini terus bikin oli cepet aus karena rpm mesin terlalu sering tinggi, gak seperti biasanya. Risdiken coba pakai ketahuan, baunya kerasa asapnya. Tapi anehnya tadi di coban lagi gak ngebul, lho kenapa ini? Nasib motor anak tiri nih. Kedepan coba Risdiken perhatian saja biar gak jadi bulan-bulanan di pakai kerja terus tapi kurang perawatan. Semoga bisa terlaksana ya. Salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara! 

No comments: