Tuesday, November 27, 2018

Vario 125/150 kurang bertenaga? Jangan pakai oli standar!


Past test ride Vario 125 G3 kemarin sebnarnya Risdiken lumayan kaget karena tarikannya berasa kurang. yang 125 G2 sebenarnya juga gitu pernah testride. baru service ganti banyak part rasa seperti baru kok begini? punya saudaraku satunya 150 sama seperti yang aku punya cuma warna putih ya agak kurang. aku pikir-pikir apa ya? aku tanya ternyata masih pakai oli standard. ada standard tapi versi atasnya memang masih lebih enak, tapi setelah lama di pakai kok lama-lama enak motorku ya padahal aku malah sering telat, dia malah rutin. 

sampai-sampai Risdiken pernah bikin ulasan oli dari pabrikan ternyata bagus juga, nyatanya sekarang berubah. gak ngalahin oli merk lainnya yang non pabrikan terbukti bagus. mungkin buat sekedar kerja dan muter-muter gak butuh berforma, yang biasa sudah cukup asal rutin ganti olinya setiap 1000-2000km. tapi bila ingin motor tarikan maksimal sudah deh pakai oli lain. si akame dulu juga gitu, pakai oli bawaan pabrikan yang supersport padahal tarikan biasa saja, setelah ganti oli lainnya tarikan makin mantap. 

anehnya dulu enak itu oli supersport, sama sama ganti di yamaha yang berikutnya kok gak enak? masa di tuker sama pihak mekaniknya? entahlah. padahal beda oli, tapi tarikan motor kerasa banget apapun motornya. jadi hal itu juga berlaku untuk Vario series, mau performa sangat prima ya pakai oli lain yang lebih bagus dan terbukti. salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: