Saturday, May 19, 2018

Urusan oli jangan kompromi, pilih yang terbaik semampu kita


Akhirnya akame baru ganti oli, ternyata oli sebelumnya yamalube supersport Risdiken rasakan kasar di mesin setelah mencapai 1000km. Jadi bila pakai oli standar ini risdiken sarankan jangan sampai telat ganti oli dan service. Wah jujur Risdiken kaget ternyata kurang mantap padahal ini oli terbaik yamaha. Apalagi saat habis touring ke Bromo kok suara anehnya makin banyak dan keras? Risdiken jadi bingung kok gini?

Ya rencananya mau service sekaligus cek motor apanya yang gak beres. Tapi karena kurang suka olinya aku ganti sendiri pakai BM1 PC5000. Dan hasilnya? Mesin lebih halus dan suara aneh-aneh mulai hilang pikiran mulai lega. Berarti olinya nih yang bikin suara motor makin kasar. Ya jadi pembelajaran buat kita semua, pilih oli pilihlah yang terbaik semampu kita. 

Kita bisa beli yang lebih baik ya pilihlah yang oke biar motor lebih baik lagi kinerja dan performanya. Mesinpun gak gampang rewel. Teman-teman banyak ganti Motul entah seri berapa, tapi Risdiken sudah biasa pakai BM1 karena lebih halus di mesin walau urusan performa biasa saja pakai oli ini, cuma gesekan mesin lebih halus dan memang melindungi lebih lama jadinya betah pakai oli ini. 

Jadi jeroan mesin gak gampang aus. Main RPM lebih sadis lebih berani. Ingat ya, ini bukan promosi atau endorse karena Risdiken gak di bayar, cuma sharing yang aku rasakan pakai oli ini. Ini bukan oli mahal tapi gak murahan, harganya sama dengan yamalube supersport tapi rasanya lebih nyaman. Ini memang bukan oli terbaik kok, tapi bagiku sudah lebih dari cukup. 

Jadi buat sahabat sekalian bila ganti oli jangan kompromi, pilihlah oli yang terbaik buat motor kalian. Oli standard pabrikan apapun merknya Risdiken gak rekomended, aku sendiri pakai gak terlalu spesial. Mending oli aftermarket yang sudah terbukti hasilnya saat di pakai di motor. Bingung pilih mana? Bolehlah coba-coba bila kerasa nemu yang enak ya pakai terus saja. Dan oli bagus gak semuanya mahal. 

Silahkan pilih sesuai selera yang penting benar-benar nyaman saat motor memakai oli itu. Kerasa kok oli gak enak apa enak. Contoh gampangnya bila oli gak begitu bagus bila sudah lumayan banyak jarak tempuhnya saat oper gear kadang keras dan susah, bunyinya juga berisik kletok gitu. Oli bagus saat mulai gak enak tetap gak sampai begitu. Sahabat punya pengalaman dengannoli motor? Silahkan di share. Salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: