Friday, November 23, 2018

Test drive & kesan pertama all New Ertiga 2018


Sahabat sekalian kali ini Risdiken bahas all new Ertiga. Ya mobil Risdiken sendiri jadi asli pendapat berdasarkan sensasi ridingnya gak ada sungkan, atau gak enak bahas ini itu. Asli tanpa sensor! Pertama riding Risdiken lumayan kaget, handlingnya berubah. Perasaan awal rasanya jauh lebih ringan dari biasanya, ini yang mantep. Walau body makin gede tapi handling lebih oke. Tapi secara mesin walau sudah di tambahin kubikasi 100cc entah rasanya Risdiken rasa masih enak versi yang dulu ya. Dan rpm gak terlalu tinggi sudah kerasa kurang enak. Rpm besar dikit gampang ndut-ndutan juga padahal yang lama perasan gak. Ya ini bisa jadi Risdiken belum begitu adaptasi sih, tapi ya sensasi pertama jadi kurang bagus bagiku. 

Pengeremannya juga asli kerasa bedanya. Masih lebih pakem yang dulu. walaupun begitu mungkin masih kategori wajar karena kendaraan baru kadan begitu, contoh akame dulu pertama eli remnya kurang oke, tapi lama-lama cukup pakem. tapi yang lama enak, kenapa yang baru gak bisa lebih baik, minimal sama, ya gak? untuk torsi memang kerasa beda, tapiitu tadi gampang ndut-ndutan bila  gak cepet-pecet oper gigi padahal rpm masih panjang. jujur Risdiken gak tau pasaran harga ertiga sebelum seri ini, bila naik dikit atau malah gak naik masih worted, dimensi lebih besar, handling lebih ringan pakai banget, dan ada sedikit perubahan di sisi interior. untuk joknya Risdiken ketipu saat beli di tuker jok jelek sama salesnya, nanti risdiken jelasin di artikel terpisah. 

harga sama atau naik dikit dengan perubahan ini ya lumayan, kalau naiknya banyak kurang worted. harga yang sama ada expander lho secara tampilan lebih oke. kesan pertama apalagi di lihat pada gambar wah kayak kijang invoa banget, ini tembakan atau anakannya wkwkwkwkwkwk. tapi setelah di lihat terus ya oke juga. memang gak seganteng Xpander, tapi untuk kelas MPV modelnya lumayan. lebih gagah pula dimensi lebih besar sedikit. sebelumnya mohon maaf ya, bila di lihat walau kesannya niru kijang inova masih jauh lebih oke daripada si kembar itu secarta desain, segi kenyamanan juga gak usah di tanya, nyamannya terbukti. makanya 5 tahun ganti mobil lebih ke ertiga lagi. tapi ya ada alasan lain nanti juga risdiken bahas terpisah. 

aku lhat mobilia keren, tapi ya kurang sreg setelah lihat ertiga 2018 rasanya jadi agak kecil padahal ya cuma bentuk saja, sama grand livina juga ya gitu-gitu saja. jadi secara tampilan gak terlalu buruk lah, nyamannya dapat. jujur secara tampilan munafik kalau gak milih expander tapi ya bila nyari yang lebih nyaman Risdiken yakin ertiga masih bisa di andalkan. oke segini dulu ya bahas mobilnya. besok kalau memungkiknan aku bahas cara beli mobil baru terutama ertiga soalnya sales ternyata main nakal. salam satu aspal sahabat sekalian.

No comments: