Thursday, May 3, 2018

Harga kampas rem & suspensi depan Suzuki Ertiga plus part lainnya



Sudah 4 tahun lebih si ertiga nemani Risdiken kerja, eit gak Risdiken saja nih yang make kebanyakan pak supir. Pas lagi liburan atau kunjungan ke keluarga yang jauh saja aku pakai. Urusan kerja jarang karena pak supir lebih sering (supir freelance). Dan 4 tahunan ini si ertiga juarang rewel, paling yang bikin jengkel cuma gear mundurnya yang sering macet harus mengulang lagi maju mundurkan gearnya (sudah pernah aku bahas). Nah apa saja yang di ganti selama 4 tahunan terakhir? 

sekitar 10 bulan-1 tahun lalu ganti kipas dalam mesin untuk ac dingin dan tempratur mobil. Rp.600 rihuan (part ori). Kedua kampas rem depan sudah tipis ganti sepasang cuma Rp.400 ribu. Suspensi depan biar kembali empuk Rp. 2 jutaan. Perbaiki AC mobil Rp. 2 jutaan (ganti jeroannya entah apa aja lupa) totalnya 5 jutaan lebih deh. Memang mobil lain atau mobil yang sama ada yang jauh lebih lama, ya wajar soalnya mobil Risdiken buat kerja setiap hari jalan dan angkut barang berat padahal bukan motor pengangkut barang jadinya beberapa tahun kemudian lebih cepet ganti part wajar.

muatan barang cukup banyak dan berat, dari bagian belakang sampai belakang kursi depan full.

Dan dengan Pengeluaran segitu ya masih gak masalah lah soalnya 4 tahun lebih baru ganti, apalagi di buat melakukan di luar kapasitasnya. Aslinya ya ada yang gak di ganti gak masalah, tapi kenyamanannya berkurang jadi suspensi ganti. Mungkin gak sedikit mobil MPV sekelas juga bawa barang banyak, tapi yang berat jarang. Seharusnya angkut barang berat pakai mobil kayak mobil pick up dan mobil diesel (biasanya panther) yang sangat cocok buat kerja, tapi Risdiken pakai ertiga melakukan tugas itu dan berjalan mulus.

dengan Pengeluaran 5 jutaan per 4 tahun buat angkut dan keperluan keluarga ya gak rugi banget, apalagi bila di bandingkan mobil nyewa pastinya jauh lebih banyak selisihnya. mobil di luar kemampuan di gunakannya tapi masih bisa hehehehehe. ya Risdiken cukup bersyukur bisa beli mobil. selain buat kerja, keperluan keluarga seperti silaturahmi perjalanan jauh rame-rame bisa gunakan mobil lebih enak soalnya gak terpencar-pencar sendiri. okee sampai disini dulu lanjut lagi nanti ya bahas motor. salam.

No comments: