Monday, May 28, 2018

Pilih mana, R15 VVA atau R25 bekas?


R15 cukup poluler di kalangan bikers pecinta motor sport fairing disini. Walau gak sesukses CBR150R tetap motor ini menuai banyak pujian. Bahkan dapat di katakan lebih ganteng dari kakaknya si R25! Gak ganteng aja, gagahnya juga. R15 VVA memang moge-mogean paling komplit. Swing arm banana, suspensi depan USD, rangka ala moge. Makanya gak heran motor ini paling mahal di antara sport fairing lainnya karena paket komplit. Spesifikasi part ala moge, model joss seperti 250cc. 


Memang mahal tapi apa yang di tawarkan sesuai harga. Nah rentang harga segitu bisa dapat motor 250cc  bekas termasuk R25. Dengan semua kelebihannya apakah R25 bekas kurang worted buat di beli? Gak separah itu kok R25 bro. Memang R15 VVA menawarkan paket komplit sebagian moge-mogenya, tapi ya ada sisi kurangnya bila di bandingkan Motor 250cc 2 silinder. Jadi paling enak pilih mana terserah sahabat bikers sekalian? Risdiken cuma membahas beberapa kekurangan dan kelebihannya mana yang paling cocok buat sahabat bikers sekalian pilih.

1. Alasan pilih R15 VVA: bila sahabat bikers pengen banget motor sport fairing ala moge bahkan menyerupai tentu R15 VVA bukan pilih yang salah. Setang ala R Series nunduknya, suspensi USD depan arm banana dan lainnya yang aku sebutkan di atas. Tinggal gedein bannya sudah deh moge look banget. Nilai lebih tertinggi dari motor ini desainnya yang pas banget walau kerasa gado-gadonya (kerasa nuansa CBR600RRnya dari depan). Pokoknya secara tampilan memang terbaik. Tapi urusan suaranya ya tau sendiri lah, kan 1 silinder.

2. Alasan pilih R25 bekas: oke masalah tampilan gak semantep adiknya tapi bukan berarti jelek kok. Sisi kerennya bisa terlihat tapi gak di semua sudut pandang. Tampilan bila sekilas pandang akan biasa, tapi bila sudah lebih dekat akan kerasa aura gagahnya ini motor serasa padat bak moge. Kenapa bisa begini?  

Karena mesinnya terekspos dan terlihat padat gak kayak CBR250RR yang mesinnya terlihat tapi ada kekopongannya, sedangkan Ninja body boleh besar, mesinnya gak terekspos. Moge sport fairing kan walau body besar mesin masih terlihat. Pokoknya gak separah yang kalian lihat R25 ini apalagi lihat langsung dari dekat. 

Apalagi bila sudi modif dikit akan jauh lebih keren. Tips lain pilih warnanya yang serasi di lihat mata motornya, soalnya ada sebagian yang malah jadi kelihatan jelek. Nah di sisi tampilan yang bagus tapi masih kurang, kopensasinya adalah tenaganya yang tentu jauh lebih besar. Walau seperti itu tenaganya gak main-main, gas dikit melesat jauh. 

Jadi gak sekedar gagah doang tapi butuh tenaga lebih besar jelas motor ini lebih baik di pilih bila juga nyari kecepatan. Apalagi suaranya 2 silinder gak bisa di bandingkan dengan 1 silinder. Segagah-gagahnya R15 VVA tapi urusan suaranya bila di kasi knalpot racing tentu gak akan bisa menyamai motor 2 silinder yang merdu. Ya buat sekedar tampilan R15 lebih oke tapi urusan suaranya beda cerita. 

Di jalan kedengeran suara 2 silinder wah mantap kurang gagah jadi bertambah gagahnya.  Ninja 250 Fi saja sekeren itu bila gak ada suaranya serasa jauh kurang mantep, sehingga bisa kita simpulkan suara merdu motor menambah kegagahannya dan memikat hati bikers walau gak semuanya. Jadi suara itu juga perlu. selain tampilan suara juga menentukan ya R25 pilihan yang jitu. 

Setang gak nunduk bro gak mantep, R Series kok gitu?  Nah jangan pandang sebelah mata setang setengah touring gitu. Aslinya gagah apa gak tergantung tampilan bukan setangnya. Contoh Ninja 250 Fi setang seperti R25 tapi cukup keren kan, jadi bukan aib kok setang half touring malah bagus karena jarak jauh gak kerasa capek. 

Jadi yang bedain cuma desainnya terlihat jelek apa gak, setang apapun model keren ya oke. contoh sudah aku sebutkan ya hehehehehehe. Sudah nyaman suaranya merdu di jalan jadi senang, tarikan lebih mantap. Motor ini cocok buat sahabat bikers sekalian yang nyari gak sekedar tampilan, tapi juga suaranya dan kecepatan sangat cocok plus bonus setangnya yang nyaman. 

Nah itulah alasan anatara pilih R25 atau R15 VVA.  Lho kok yang R25 lebih banyak bro, berat sebelah ah. Gak gitu kok sahabat sekalian. Memang R15 VVA kelebihan utamanya dari tampilan selain itu kan ya 11-12 dengan motor 150cc lain seperti GSX-R 150 powernya seimbang. Jadi gak banyak yang bisa aku bahas, kelebihannya memang disitu. 

Sedangkan R25 kan gak tampilan saja, banyak faktor selain tampilan untuk milih ini motor jadinya nulisnya lebih panjang. Jadi pilih sesuai selera sahabat bikers sekalian mana yang paling pas. Mau motor super keren dan mengabaikan suara ya R15 VVA pilih jitu, tinggal besarin rodanya sudah seperti moge. 

Mau selain keren suaranya merdu juga biar tambah mantep plus lari lebih kencang ya R25 saja. Bila merasa tampilan kurang oke daripada R15 (memang begitu) ya belikan beberapa asesoris bikin gak kalah gagah malah jadi lebih sempurna R25nya. Salam bikers salam persaudaraan, apapun montor dan merknya bikers adalah saudara! 

No comments: