Sunday, May 13, 2018

Motor bebek yang masih bertahan cuma merk honda?

Di jalan Risdiken hampir gak pernah lihat motor bebek yamaha, kalaupun ada itu versi lama seperti jupiter Z burung hantu dan 1 generasi di atasnya. ada lagi Vega R, ZR dan di atasnya gak pernah lihat. padahal motor-motor ini ya gak jelek lho, cuma konsumen lebih memilih motor honda daripada yamaha bila memilih motor bebek. kalaupun dari yamaha ada ya MX-King saja yang tersisa, itupun gak masuk 10 besar penjualannya. Sedangkan motor bebek honda walau gak facelift lagi cukup lama si Supra, tapi tetap saja peminatnya lumayan banyak. padahal ini motor juga gak sedikit yang nunggu faceliftnya, berhubung sudah gak sekuat dulu penjualannya, siap-siap jadi anak tiri. terkahir Revo saja yang di update. walaupun begitu tetap pembelinya banyak motor-motor bebek dari honda ini. jadi cuma motor bebek merk honda saja nih yang masih bertahan di negri ini?

kalaupun ada dari yamaha pasti cuma MX-King. nah alsannya kenapa kok motor honda lebih laku bebeknya? begini menurut pemikiranku : yamaha mendesain motor bebeknya sporty selain model, gaya berkendaranya juga. otomatis gaya sporty ala motor sport kan menyasarnya di kaula muda, nah masalahnya sekarang kaula muda malah lebih suka matic karena model sudah keren-keren, jadinya yang suka ala sport ambil matic saja, selain itu udah ada MX-King, ayago atau sekalian sport 150cc. dulu kan Jupiter Z dan Vega R Booming, setelah era itu motor bebek yamaha kejayaannya mulai sirna, cuma MX-135 saja yang bertahan. sisanya yang suka kenyamanan beralih ke honda karena bebeknya terkenal nyaman walau urusan tenaga kalah dari yamaha (bila standard dan tergantung perawatannya). 

ya sepertinya yamaha juga sudah menggantung motor bebeknya dan fokus ke maxy scooter yang mulai ramai dan sangat di gemari. sisi satu sepi nyari peluang lain dan berhasil. sedangan honda boleh lah berbagngga diri motor bebeknya berdiri paling akhir, tapi ingat pasar motor bebek makin lama makin menyusut, jadi bukan sesuatu yang terlalu menggembirakan. asli lihat motor yamaha sulit yang bebek kecuali MX-King di jalan, kalau sahabat biker sekalian disana masih sering lihat motor bebek yamaha yang baru? atau jangan-jangan sudah di stop produki cuma habisin stok? salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: