Monday, February 26, 2018

Pajak Moge pakai Road Tax (pajak jalan) moge bodong bisa berkurang

Ya urusan moge urusan pajak juga masalah selain harga jualnya disini tinggi karena tingginya pajak. Di luar negara maju moge gak seberapa mahal, disini negara berkembang harga moge malah lebih mahal bahkan 3x lebih mahal dari Amerika bahkan bisa di katakan moge atau mobil mewah yang di negri ini termahal di dunia! Bayangkan, HD Rp.300 juta di Amerika eh disini tembus 1M lebih (sumber detik oto), bahkan 4x di luar pajaknya, gak heran moge banyak bodongnya daripada versi resmi.

Nah ternyata kalau belinya mahal sebagian bikers berduit gak begitu masalah karena masih mampu, tapi masalagnya pajak tahunannya yang menggila juga selain pajak beli barunya membuat mereka merasa kurang puas dengan perpajakan motor disini. Mereka berharap agar moge di terapkan pajak berjalan (road tax). Jadi semakin sering di pakai pajaknya semakin mahal dan sebaliknya. 

Hal ini agar pemilik moge yang ingin beli buat koleksi gak kena pajak, soalnya di pajang kan tetap bayarnya mereka. Kalau road tax gak di pakai kan gak bayar. Ya ini pendapat Risdiken ya, menurutku gak masalah toh mereka sudah bayar tinggi di awalnya, itupun kan termasuk biaya kepemilikan seumur hidup. Dan moge kan gak di pakai harian, paling banyak 1 minggu sekali, ya kalau kena road tax kan ringan bayarnya. Jarang pakai otomatis pajaknya gak banyak. 

Ya mungkin bikers pengguna moge sedikit lebih tenang, memang mereka mampu, tapi kalau terlalu di peras kan ya gak baik. Dengan begitu moge bodong akan menurun. kita tau di berita, kalau gak salah 80% lebih moge disibi bodong alias no paper! Gak mungkin hilang, berkurang pasti bila bila pajak tahunan lebih di peringan seperti road tax. 

Mau hilang moge bodong? Murahkan pajak beli barunya seperti di luar negri pasti deh bodong gak ada, lah yang resmi murah ngapain beli bodong, ya kan! Tapi ya gak mungkin hehehehe. Ya bila di terapkan akan lebih bagus pada motor sport juga walau kubikasi kecil. Kan itu juga hobby jadi jarang pakai, jadi pajaknya gak banyak. 

Minimal 250cc lah, kalau yang 150cc kan rata-data buat harian, di terapkan road tax bisa cenut-cenut bayarnya kan kasian. Sahabat bikers ada pendapat? Silahkan di komentar. Salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: