Friday, February 16, 2018

Mengatasi Vario 125/150 mogok karena banjir & kehabisan bensin


Sahabat bikers sekalian kali ini Risdiken bahas cara mengatasi motor Vario 150/125 mogok saat banjir atau kehabisan bensin. Ini pengalaman sendiri yang aku alami dan masih hot-hotnya karena kemarin motor Vario 150 Risdiken mogok kena banjir. Memang sih Risdiken pernah bahas, tapi anehnya aku praktekan yang ke 2X gagal, jadi ini updatenya.

Nah aku bahas dulu bila motor mogok kena banjir kan tinggal buka seperti gambar 1 (gambar di bawah tulisan ini) terus biarkan air mengalir sampai habis baru deh tunggu kering motor jalan lagi bisa. Anehnya kali ini Risdiken lakukan lagi gak berhasil! Air terkuras habis tapi aku biarkan lama masih mogok. Risdiken bingung nih di apain si Vario 150 ini biar jalan? Ya aku biarkan sampai berlama-lama masih gak bisa.

Saudaraku lihat-lihat dan utek-utek juga gak bisa. Aki di bagian dek juga normal. Akhirnya nekat Risdiken nyalain sambil gas walau gak bisa nyala mesinnya. Ckekekekek bunyi itu terus gak nyala aku terusin. Disitu ada keanehan! Air keluar dari dalam entah dari mana padahal lubang gambar 1  masih terbuka dan gak keluar air. Aku gituin terus airnya keluar terus!

Ya aku terusin sampai keluar banyak sekali. Wah makanya masih mogok, lah air yang keluar masih terus muncul walau gak di lubang gambar 1. Aku terusin makin banyak airnya sampai keluar cukup banyak motorpun nyala. Tapi resiko aku paksa kayak tadi aki bisa tekor soalnya nyedot listrik banyak. Aku matikan setelah lama menyala dan hidupkan lagi tetap mati lagi dan kulakukan cara yang sama nyala tapi butuh perjuangan  nih, aki makin lemah kelihatan dari speedo mulai redup lampunya.

Gak apa, besok bawa ke bengkel beres pikirku kemarin. Paginya aku nyalain lagi gak bisa, cara kemarin malam juga gagal. Akhirnya Risdiken nyerah dan panggil mekanik honda yang masih tetangga dan apesnya sudah berangkat kerja. Aku lihat bengkel biasa/resmi tutup semua, nyerah deh. Lalu saudaraku rider Vario 150 putih iseng nyoba lagi eh ada tetesan air. Masih ada airnya nih.

Setelah aku cek ternyata ada lubang di tutup (gambar 2) aku lihat bisa di buka ya aku buka dan benar saja air masih keluar dari situ. Berarti kemarin malam air maksa keluar gak bisa tapi tetap keluar nih dari situ, dan yang bikin ngeri air warna hitam. Air sudah keluar semua dan setelah 10 menit di starter sambil dorong nyala. Ya Alhamdulillah nih bisa. Jadi bila mogok kena air pertama-tama buka gambar nomor 1 dan setelah itu buka juga gambar nomor 2 juga.

Setelah itu air akan mengalir dan biarkan paling tidak 15 menit lalu nyalakan motornya beres bisa nyala. Bila belum berarti nunggu kering jeroannya. Agak lama belum kering-kering? Ya 30 menit sudah terbuka semua lubangnya starter saja sambil gas, biarkan terus lama-lama nyala mesinnya. Setelah nyala gas terus keadaan standard tengah sampai mesin panas biar gak gampang mati. Sudah cukup bisa lanjutkan lagi.

Bila kehabisan bbm dan di isi gak nyala cukup nyalakan motor sampai tanda nyala kuning mati terus matikan lagi. Ulangi sampai 3x baru starter sambil ngegas bisa deh nyala lagi. Jadi bila motor vario 125/150 mogok karena banjir dan kehabisan bensin, lakukan cara di atas. Salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

Gambar 1


Gambar 2

2 comments:

Anonymous said...

Makasih mas sangat bermanfaat

Anonymous said...

motor ku habis kebanjiran. saya coba semoga nyala. terimakasih ilmu nya.