Tuesday, February 20, 2018

Beli mobil jaman now? Kurang bisa nikmati kecuali untuk prestis

Beli mobil jaman sekarang sudah kurang worted menurutku. Apalagi di kota biarpun ada tol macet masih terjadi. Waktu kita habis di jalan doang jadinya. Ya enaknya hujan gak kehujanan, panas gak kepanasan dan bisa angkut orang banyak pula. Tapi karena bodynya yang besar dan populasinya sudah gak terbendung kendaraan yang enak buat jalan-jalan bareng ini bikin bete di jalan pas macet.

Bayangkan jalan 1km saja butuh waktu 30 menit lebih! (Pengalaman pribadi). Lah mau kemana-mana berangkat lebih awal dan tetap nikmati AC mobil di kemacetan kota yang bikin sebel setengah mati. Mobil yang seharusnya buat senang-senang mood senangnya habis di jalan sampai tujuan lesu nih. Ya kalau gak begitu butuh sih mending jangan beli sahabat sekalian. Naik motor sudah cukup, ke mana-mana cepet walau macet masih bisa jalan. 

Hujan ya bawa jas hujan, panas berhenti sejenak beli minuman, seger lanjut kembali. Mudik bareng keluarga banyak butuh mobil? Bisa sewa saja murah dan jadinya kita butuh mobil ya seperlunya saja. Saat perlu ya sewa, gak begitu perlu ya naik motor saja. Punya uang tapi gak begitu butuh terus beli ya siap-siap habisin waktu kita banyak di kemacetan jalan raya. Kecuali kita beli karena untuk prestis/gengsi-gengsian ya beda cerita. 

Memang sekarang mobil matic banyak dan gak capek kalau macet, tapi tetap kita harus macet-macetan. Ya itu bila gak terlalu butuh, kalau butuh banget ya apa boleh buat, beli saja kan butuh hehehe (contohnya buat kerja sisanya buat kebutuhan lain seperti mudik atau ke rumah saudara yang jauh yang jarang bahkan tahunan). Naik motor menang asik, sueneng banget, tapi naik mobil boleh juga kok, sayang jalan makin padat jadi kurang bisa nikmati keliling-keliling naik mobil. 

Contoh ekstrim Risdiken ke Surabaya dengan akame jarak sekitar 36km bisa lebih naik akame cuma 30 menit termasuk kena macet, naik mobil bisa tembus 4 jam. Masuk tol hemat 1 jam saja. Memang naik mobil ke Surabaya lewat tol cepat sekali (30 menit bisa bila agak sepi), tapi begitu keluar ya tetap macet dan lama sampai tujuan. Punya mobil daripada jalan-jalan ke kota buat ngetrip saja hehehehe. Salam satu aspal!

No comments: