Tuesday, February 27, 2018

Beli ban bekas? Ini opiniku

Ternyata di luar dugaan, ban bekas banyak peminatnya. Masalahnya layak gak ban bekas ini di beli? Kan bekas, biasanya sudah gak enak di pakai. Ya opini Risdiken gak semua ban bekas itu buruk. Contoh ban ukuran 130 di atas kan sebenarnya itu gress dan masih enak belum ratusan kilometer sudah di jual karena bosen ingin ganti yang lebih besar. Jadinya ban lama yang masih gress jarang pakai harus di jual soalnya gak kepakai. Nah ban seperti itu walau bekas layak beli.

Tapi perlu dia ingat ya, ban masih bagus gak botak belum tentu enak di pakai. Bisa juga jarang pakai terus gak pernah di standar tengah atau di paddock jadinya ban mati (jadi licin) dan walau utuh tapi di jalan gampan slip atau hampir terpleset. Jadi pilih ban bekas gak boleh sembarangan asal beli bila masih terlihat bagus dan utuh. Ya fine-fine saja sih beli ban bekas asal berkualitas seperti yang aku tulis di atas. Moge saja ada yang beli ban bekas kok. 

Tapi bila seumpama ban memang darurat harus ganti dan uang pas kurang gak ada pilihan lain terpaksa beli bekas tapi licin seperti kataku tadi ya apa boleh buat. Di beli gak masalah asal gak terlalu agresif di jalan, di buat jalan santai-santai atau wajar gak terlalu ngebut aman (pernah coba). Yang berbahaya lagi ban botak di ukir lagi biar ada coraknya kembali dan gak lincin. Oke memang gak licin, tapi kan asalnya botak jadi tipis, sudah gitu di di ukir lagi ya makin tipis otomatis ya bahaya. 

Ban tipe ini kalau bisa hindari, jangan pernah bila gak super duper kepepet. Risdiken nulis ini soalnya banyak peminatnya ternyata ban botak di ukir lagi dan di jual. Risdiken pernah ngobrol dengan yang jualan. Memang sih terlihat pekerjaan remeh, tapi dari jualan ban seperti itu bisa beli motor lho! Ini bukti peminatnya gak sedikit. Ban adalah kaki motor kita sama saja kaki kita bila menaikinya. 

Jadi keselamat kita juga di pertaruhkan disana! Bila pilih memang lebih baik baru bannya, tapi bila edisi uang gak cukup jadi terpaksa beli bekas ya harus pinter milih biar bisa lebih aman dari ban bekas lainnya. Sahabat bikers ada yang minat ban bekas? Salam bikers salam persaudaraan, apapun montor dan merknya bikers adalah saudara! 

No comments: