Wednesday, April 1, 2015

Motor keluaran pertama lebih tangguh daripada keluaran berikutnya-terakhir?

Sebagai bikers tentu gak gampang menjual tunggangannya kalau gak kepepet atau sedang bener-bener butuh uang.  begitu pula denganku, gak ada niatan menjual motor walaupun bisa beli baru sekalipun selama motor yang lama bisa di gunakan. nah ngmong ngomong motor lama ada opini kalau motor keluaran pertama itu selalu lebih bagus daripada generasi berikutnya-sampai generasi terkahir. aku sendiri mulai percaya hal itu karena aku merasakannya saat mengendarai motor-motorku yang kebetulan keluaran pertama, kalaupun bukan keluaran pertama tapi bukan keluaran paling baru/paling akhir (vario 125 ku). kebetulan saat aku beli motor (Revo) lalu banyak saudara/tetangga juga ikut beli seri yang sama cuma aku lebih duluan beberapa tahun sebelumnya.  

jadi terpaut sekitar 2 tahun-an. nah karena motorku aku rawat motor saudara/tetangga juga tapi entah kenapa motorku tungganggan dan performanya lebih enak. aku sendiri gak bisa menyimpulkan saat itu tapi saudara/tetangga yang mencoba menungganginya sempat terkejut karena ada perbedaannya. bahkan ada yang bilang karena generasi pertama motor revoku makanya gak heran kalau lebih baik dari punya mereka. bahkan ada yang iri sampe mencuri karburator motor revoku dan menukarnya dengan karbu gak orisinil. walaupun begitu tetap bandel motor revoku ini, aku ajak touring jarak jauh dari antar kota sampai antar propinsi gak ada rewel. kini usianya sudah tembus 8 tahun lebih, sudah banyak yang gak enak nunggu ada rejeki buat service nih motor biar enak kembali.

kemudian yang ke 2, vario 125 punyaku warna hitam, ini motor awet dan gak pernah rewel sama sekali. sangat bandel dan anti trobel. nah kasusnya sama dengan revo tadi. setelah kurang lebih 2 tahun-an banyak tetanggaku yang beli  vario 125 juga dan ternyata ada trobelnya. saat jalan di kecepatan 40km/h motor ada kayak ndut-ndut gitu motornya tapi setelah naik speednya ke atas lagi kecepatannya jadi kembali normal motornya gak ndut-ndutan lagi, dan terus berulang selama kecepatan naik 40km/h selalu gitu dan kembali normal saat naik 50km/jam-an. aku kira ada yang gak beres jadi aku anjurin ke servicenya buat konsultasi tapi sang bikers bersekukuh memang semua vario kayak gitu, dia tanya ke teman-temannya juga begitu padahal punyaku tidak dan punya saudaraku satunya juga tidak. dengan opininya yang seperti itu berarti beberapa vario ada gangguan dikit. lalu punya saudaraku yang satunya vario warna putih, itu juga anti rewel dan sangat bandel, di ajak jalan kemana saja gak ada masalah. mesin normal seperti vario punyaku yang lebih tua. vario punya saudaraku itu baru beli dan gak ada problem seperti  tetangga tadi. 

lalu apa vario 125 punya saudaraku dengan punyaku gak ada bedanya? ternyata ada, tapi jujur aku sendiri kurang bisa mengamati sebenarnya tapi komen teman-teman bilang begitu. apa bedanya? bukan masalah performa & ketahanan mesin tapi pada dimensi bodynya. walaupun sama-sama 125cc tapi banyak yang bilang, (ibu dan temanku) kalau vario punyaku lebih besar dari punya saudara dan punya orang lain saat di sejajarkan padahal bodynya sama plek 100% cuma dimensi motor vario 125ku lebih besar. jadi kesimpulannya punyaku keluaran paling lama daripada tetangga dan saudaraku ternyata lebih baik (revo/vario 125) dari segi ketahanan, performa dan sensasinya beda padahal motor dengan jenis sama untuk motor revo, untuk vario performa sama saja tapi punyaku gak ada rewel, punya beberapa tetangga dan teman ada yang rewel keluaran lebih baru dari punyaku dan dimensinya punyaku lebih besar dari punya saudaraku yang serinya lebih baru lagi daripada punyaku dan tentangga tadi (bukan versi paling baru 150 & 125 sama bentuknya). 

padahal ada yang bilang kalau keluaran pertama hanya buat percobaan saja tapi kalau menurutku anehnya lebih awet dan mesinpun ada perbedaanya (yang lama lebih halus, yang seri sesudahnya-paling baru agak kasar setelah di pakai jarak lumayan jauh. sama-sama penggunaannya bunyi mesin motor beda nih) walaupun dalamnya sama plek. aku sendiri heran tapi motor-motorku memang begitu apa adanya. apa ini benar - benar begitu atau sekedar kebetulan? entahlah bro. salam biekrs salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

note: motor yang aku gunakan cuma honda saja karena punya motornya honda saja (bebek & maticnya) untuk motor merk lain apakah begitu atau tidak aku kurang tau soalnya tidak pernah memakai, mengetesnya karena gak punya ^_^ tapi dari beberapa bikers sih merk lainpun juga begitu katanya.




No comments: