Sunday, April 5, 2015

Berkendara motor di malam hari memang asik tapi hati-hati lihat situasi dan kondisi

Kemarin hari jum"at pas tanggal merah aku nonton film di bioskop kebetulan karena filmnya baru jadi banyak yang antri. karena antri kebagian jam malam itupun paling depan wah sial banget nih aku. nontonnya malam otomatis pulangnya juga malam. saat malam sekitar ham 23.00 malam dari Surabaya ke rumah. saat aku berkendara memang asik banget, jalan penuh cahaya lampu tapi situasi gak begitu ramai asik bener ini. masih banyak motor seliweran di malam hari seperti itu ya biasa sih. kadang ada grup dari sebuah club motor seliweran sana-sini dan nongkrong pinggir jalan. nah saat itu aku lihat Ninja 250 lewat sendirian tengah malam di jalan yang panjang dan sepi. 

nah terlintas di pikiranku kalau itu rider ninja berani amat bawa motor bagus di jalan yang sepi dan rawan begal di tengah malam. =_= dan gak sekali, kemduian setelah itu juga ada lagi. wih orang-orang pemberani ini, kalau aku pake bebek buntut yang di jual gak laku saja aman hehehehe. riding malam hari ya oke - oke saja cuma ya harus hati-hati dan lihat jalan situ rawan apa gak. sekiranya bahaya mending jangan bawa motor bagus malam hari. jaman sekarang pasti orang punya motor lebih dari satu (sekeluarga) jadi kalau ada yang paling jelek itu saja buat keluar di jalan yang rawan, jadi aman. kalo bawa motor bagus wah maling melirik bro/sis. apalagi di daerah sekitarku begal sangat rawan, bahkan sebelum ramai di beritakan di mana-mana tempo hari, di wilayah dekat - dekat rumahku banyak banget begal.

bukan berarti kita beli motor bagus gak di pake takut begal, ya tetap di pake tapi ya lihat situasi dan kondsinya. make di saat yang tepat dan aman saja seperti pagi-menjelang maghrib itupun jalan yang agak ramai, kalau terlalu sepi walau siang juga bahaya (susah sekali punya motor bagus tapi gak apa-apa yang penting masih ada cela dan jalan aman untuk memakainya walau gak bisa benar-benar bebas). dalam 1 minggu 2 ninja 250 ludes gimana gak serem itu. belum lagi motor-motor matic dan lainnya sering banget dan hampir setiah hari ada saja berita begal itu. biasanya sasaran favorit begal sini ya No. 1 Vixion 2. CB150 3. Satria FU 150, Ninja 250, CBR 150. entah kalau megapro/tiger aku gak pernah dengan motor megapro/tiger kena begal. untuk matic biasanya Vrio, Beat, Mio yang sering. jadi hati hati kalau berkendara malam hari. kalau sama orang banyak gak ada masalah kalau sendiri? jangan coba-coba bro cari selamat saja.

kalau kita bisa bela diri gimana? ya itu masih tetap waspada bro kalau sendiri, penjahat kadang bawa senjata api. kalaupun kita punya ilmu kebal sekalipun namanya apes orang dan di atas langit ada langit kalau gak kebetulan begal lebih sakti kan kita sendiri yang celaka. seperti penyakit lebih baik mencegah daripada mengobati jadi kita lebih baik seperti itu. tidak terlalu mencolok di jalan yang rawan apalagi di malam hari. kalau alasan biasanya aman, jangan begitu apes orang kita gak tau jadi lebih baik waspada. ^_^ ya semoga saja sih gak apes tapi kita tetap harus waspada. salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: