Friday, April 24, 2015

Membeli barang bekas lewat situs jual beli banyak manfaatnya juga ternyata, berikut kisahku :

 Sony Cyber-Shot DSC H200 (sudah aku Jual)

Membeli barang bekas memang gak selalu barangnya usang atau jelek, terkadang barang masih bagus di jual karena alasan bosan/butuh duit. nah aku sangat sering melakukan jual beli melalui situs jual beli online dan hal ini ternyata sangat membantuku dalam membeli barang yang aku inginkan dengan harga yang selisih ratusan ribu bahkan beberapa juta dari harga barunya tapi dengan kualitas masih bagus/layak. barang yang aku beli bisa macam-macam tapi yang sering aku beli dan jual adalah kamera. aku sudah berkali kali ganti kamera digital. 

Fujifilm HS25EXR

aku mengenal situs jual beli online ini saat mau menjualkan barang saudara/tetangga biar cepet laku. dan ternyata jitu juga walau harga agak miring lakunya tapi tetep saja terjual cepat dan itu gak masalah soalnya pas butuh duit tetangga/saudara saat itu. nah aku selain seorang bikers juga seorang fotografer walaupun amatiran gini ^_^ jadi saat touring butuh foto-foto ya bawa kamera/kamera pocket. saat aku kurang puas dengan hasil kameranya aku jual, syukur akhirnya laku. kemudian gak cuma menjual, aku juga mencoba mencari kamera yang lebih baik dari kamera sebelumnya tapi bekas di situs jual beli itu. setelah menimbang-nimbang dan mikir akhirnya aku menemukan kamera yang pas, yaitu kamera prosumer. 

harganyanya selisih 1 jutaan dari harga barunya, ya sudah ambil. hasil jual kamera tadi aku buat tambahan buat beli kamera berikutnya. mmang sudah bukan pocket lagi tapi prosumer merk fujifilm. aku sudah cukup lama dan puas memakainya ternyata muncul jamur, makanya kok murah banget beserta batrai rechargenya cuma 1,4 juta. padahal baru 2,2 juta belum termasuk batrai dan chargernya karena di jual terpisah seri kamera itu dengan batrai & chargernya (batrai AA recharger) ya aku kepaksa menjualnyha, padahal hasil jepretannya oke, tapi karena menjamur ya aku jual saja lewat situs jual beli online kembali. nah pertama ada orang mau cod dari kata-katanya seakan-akan pasti membeli eh ternyata dia gak jadi.

Sony Cyber-Shot DSC W710 (sudah aku jual)

kelihatannya dia ngerti seluk belik kameranya dan bikin aku kuatir gak jadi di beli karena ada jamur dikit tadi. kalau cod di rumah gak masalah gak jadi beli, uda aku bela-belain keluar malam kalau gak jadi beli kan sia-sia, apalagi lama ceknya. kalau bentar gak masalah juga sebenarnya. ya biasa sih gak jadi beli gak apa, cuma kata-katanya awalnya seakan-akan mau beli ternyata gak jadi, dia nego terlalu murah ya sudah gak aku lepas, toh masih bagus gambarnya.

kemudian aku kepaksa jual saja daripada terus merambat jamurnya, dan tentu dengan harga miring, gak pake lama ada yang minta cod, yang ini ternyata gak ribet pembelinya. dia cuma mau di ajarin cara memakainya ya sudah aku ajarin, beres di kasi cash. nah selalu aku jual rugi kameraku, tapi gak apa-apa biarpun jual rugi tapi aku dapat pengalaman dari memakai berbagai kamera. saat itu kemudian aku belikan kamera Sony, sebelumnya aku punya Ben-Q dan belum aku jual.jadi punya 2 kamera pocket aku. kalau touring satu aku bawakan pada si tom dan satunya aku bawa yang hasilnya lebih bagus. 

sebenarnya kamera sony tadi sudah luamayan bagus dan detail gambarnya tapi ada sisi bawah samping kanan dan kiri terkadang terlalu blur bikin aku gak sreg dan lagi lagi aku mau menjualnya. ya tentu aku jual di situs jua beli online lagi. untuk kamera sony dan ben-q tadi aku beli di toko, masih fujifilm prosumer saja yang aku beli lewat situs jual beli onelinenya. ini juga habis rusak kamera sonynya aku servis tentu gratis karena masih garansi ya aku jual bukan karena habis rusak tapi karena bagian samping bawah kanan kiri ngeblur tadi yang bikin ingin jual. ya akhirnya laku aku bikin cod dekat rumah saja biar kalau gak laku gak masalah gak susah-susah ketemuan jauh belum tentu laku. setelah laku aku mikir kembali dan browsing kembali lewat situs jual beli online dan nemu Sony H200. harganya turun 700 ribu dengan pemakaian cuma 2 bulan saja! 

gak pake lama aku cod di sidoarjo ya awalnya aku lihat gaak masalah eh gak mau nyala katanya batrainya habis dan gak ada chargernya karena dari bawaannya gak ada charger. ya kalau gak bisa nyala gak bisa nyoba jadinya gak berani beli aku. akhirnya si penjual kepaksa membeli batrai alkaline 2 biji dan aku coba, ternyata bagus nih. ya aku beli jadinya, awalnya aku agak kecewa karena ternyata agak ngefog, tapi ternyata memang lensanya kotor, aku bersihkan lewat kain yang halus dan alkohol eh ternyata hasilnya jadi bagus dan tajam. aku pakai kemana-mana oke dan gak mengecewakan, warnanya yang juga menurutku natural membuatku betah memakai kamera ini.

memang manusia gak pernah puas, walau memunyai kamera yang bagus saja pengen lagi yang bagus, awaknya sudah cukup, tapi karena masih browsing kamera di situs jual beli aku nemu kamera bagus dengan harga setengah dari yang baru, jadi ngiler lagi aku, akhirnya kamera Ben-Q punyaku aku lepas dan buat tambahan beli kamera itu, aku mengajak temanku toruing pas membelinya supaya bantu cek itu kamera ada jamurnya apa tidak. terbelilah kamera Fujifilm HS25EXR dan sampai sekarang aku pakai. kemduian setelah puas memakai kamera H200ku mau jual lagi akhirnya, mau ganti pocket lagi soalnya prosumer 2 susah bawanya dan spesifikasi pocket yang aku cari di atas prosumer H200 sensor lensanya walau kalah dalam urusan zoom.

Sony Cyber-Shot DSC WX220

ini juga nemu, aku kira bekas barangnya dengan harga turun 700ribu dari barunya, setelah di buka eh ternyata 100% baru dan masih garansi. ya sudah langsung bayar cash. kedua kamera itu sampai sekarang aku pakai yaitu Sony WX220 dan Fujifilm HS25EXR. walaupun sudah merasa puas dengan kameraku yang sekarang, ternyata aku masih ingin lagi. setelah cukup puas dengan prosumer jadinya pingin nyoba DSLR, aku kembali cek harga baru kamera DSLR dan lihat-lihat di situs jual beli, kembali tergiur aku, harga bisa turun sampai 1,5 juta/lebih dari barunya tapi masih bagus, no fog / jamur hehehe, dan banyak sekali DSLR murah tapi berkualitas cuma tentu lebih mahal dari kamera ayng sebelumnya aku beli karena sudah beda kelas ini kameranya. sehingga aku gak beli dulu, nunggu chance yang tepat lagi sebelum membeli.

itulah kisahku melakukan jual beli lewat internet. ganti-ganti kamera dari beberapa tahun yang lalu gak kerasa sudah banyak kamera yang aku coba. semua itu karena bisa aku jual dan bisa beli dengan mudah lewat situs jual beli online, sehingga menurutku banyak manfaatnya buatku. tapi ingat, terkadang banyak penipunya di situ jadi kita harus hati-hati karena modus penipuannya banyak sekali dan gak bisa aku jelasin semua ^_^ soalnya dapat pengalaman jual beli yang banyak jadi tau itu orang jaulan beneran apa mau niat jelek jebak-jebak. dan barang beneran bagus atau tidak, juga ada triknya untuk cek itu barang. jangan mudah tertipu pada harga murah kalau terlalu gak masuk akal dan codnya tempat yang sepi mending jangan, biasanya penipuan. apalagi minta transfer dahulu banyak penipuannya jadi hati-hati ^_^ salam

7 comments:

ZN said...

lebih suka pocket camera, lebih simple dan enak di bawa buat traveling... lagi pula aku cuma punya yang pocket hehehe :D

Risdiken said...

iya bro, awalnya aku juga gitu tapi karena lihat barang yang bagus-bagus jadi pengen yang kamera prosumer. yang bikin aku suka karena zoomnya yang panjang bro buat ambil pemandangan dari kejauhan jadi tetap bisa. kalau pocket biasanya aku selalu bawa kemanapun aku pergi, dari urusan kerja, keluarga atau kemana-mana kalau ada kucing biasanya aku foto ^_^ kalau yang prosumer buat pas travel/touring saja.

ZN said...

wah ternyata suka sama kucing juga ya....

Risdiken said...

iya punya piaraan kucing bro :D kadang teman-teman di net ngajak balapan foto kucing paling banyak.

ZN said...

balapan foto kucing paling banyak.??? caranya gimana?

Risdiken said...

iya kan sama-sama bawa kamera pocket bro ntar kalau ada kucing langsung foto, kalau sudah seminggu baru deh di hitung berapa banyak dan dikomentari

Unknown said...

OKTAGON XILA

BUKA HARGA PROMO..

MELAYANI ORDERAN CAMERA DAN ACCESORIES CAMERA

Menjual Camera dan Lensa dengan berbagai merk dan type, lengkap accesories.

PRODUK KAMERA OKTAGON :
-CANON DSLR
- SONY DSLR
- NIKON DSLR
-PENTAX
- DLL

PRODUK LENS OKTAGON :
-Lensa Canon
-Lensa untuk Nikon
-Lensa penuh
-Lensa Tambron
- DLL

Alamat : di Jalan Gunung Sahari Raya No. 50A
Kelurahan Gunung Sahari Selatan,
Kemayoran Jakarta Pusat 10610

https://www.facebook.com/pages/Oktagon-Xila/852438378160259?ref=hl

CATATAN : UNTUK PENGIRIMAN LUAR KOTA KITA MENGGUNAKAN JASA PENGIRIMAN JNE, POS, CARGO

CP : 0818 626 840
pin bb : 2B4BF2C6