Saturday, April 11, 2015

Urusan sport moge, kawasaki selalu terdepan!


Kawasaki memang dulu seperti honda, yamaha dan suzuki menjual moped/bebek. tahun-tahun yang lampau bebek milik kawasaki sangat di gemari. jaman waktu aku SMA saja walau sudah jadul motor kawasaki Kaze R sangat banyak pemiliknya. dan generasi ke generasi motor bebek kawasaki memang gak kalah dengan merk lain. tapi beberapa tahun kemudian kawasaki semakin terpojok. pasar bebek mereka semakin menyempit. merekapun memutar otak agar bisa bertahan dari gempuran kompetitor. selain moped tentu kawasaki juga punya sport. apalagi sport 2 stroke yang di jamannya dulu terlihat motor balap paling keren. saat aku smp saja lihat sampai ngiler, "wih ini motor orang kaya" perkataanku saat itu. ^_^

dan ternyata di luar dugaan, makin lama motor sport kawasaki makin di gemari. dari jaman 2 stroke masih banyak hingga mereka saja yang jualan sport 2 stroke.  ternyata masih ada yang suka dan terus berkembang pasar 2 stroke ini. jadi mereka terus berinovasi di motor 2 stroke tadi. sampai pada tahun 2008 kalau gak salah mereka merilis Ninja 250 karbu. ini awalnya kawasaki gambler/taruhan menjual Ninja 250 karbu karena mereka berpikir ya laku tapi peminatnya gak banyak. ternyata mereka salah, di luar dugaan Ninja 250cc 4 stroke itu berkembang dengan pesat penjualannya. memang penampilannya gagah bak moge 600-1000cc karena body gambot dan suaranya oke kalau ganti kenalpot. yang awalnya cuma gambler kini menjadi sukses besar, di luar ekspetasi kawasaki. bahkan sampai sekarang ninja 250cc masih banyak di gemari bikers.

nah kawasaki sukses dengan ninja 250cc dan 150cc, kini mereka lebih fokus ke dua motor itu produksinya dan mereka gak salah! terbukti penjualan kedua Ninja itu stabil bahkan ada peningkatan tiap bulannya. jadinya mereka fokus motor sport. melihat ninja 250 sukses dan bebek mereka yang mengenaskan mereka berpikir kalau bikers indonesia suka motor kawasaki yang sport saja sedangkan bebek mulai di tinggalkan sehingga mereka kembali gambler rilis moge 600cc-an dan motor-motor off-road kayak KLX Series dan DTracker. akhirnya mereka berhasil kembali dan terus berinovasi di dunia motor sport premium. kini mereka tau, kekuatan mereka ada pada motor sportnya dan tentu langung di manfaatkan oleh kawasaki.

dari pertama mereka merilis moge 600cc-an. ada ER6N/NINJA650 kelas moge yang agak murah di bawah supersport 600cc. tentu harganya juga beda separuh dari yang full supsersport 600cc mereka yaitu ZX6R. tentu mereka juga menjual seri ZX6R itu sendiri. kemudian tahun-tahun berikutnya moge kawasaki mendulang sukses dan terus merilis jenis moge baru di indonesia. datanglah Z800 dan update dariZX6R yaitu ZX636R. degan kesusksesan mereka menjual moge, brand kawasaki jadi imagenya lebih oke dari sebelumnya karena sudah mengakar kalau brand kawasaki adalah brand motor premium yang lainnya gak punya 250cc (saat belum ada CBR & R25) dan sampai dirilisnya moge kawasaki 600cc series. 

moge Kawasaki ZX14R warna merak

jadi sebelum CBR 250 & R25 ada, kan yamaha dan honda cuma jual motor 150cc biasa banget jadinya ninja 250cc terkesan 'wah' banget. apalagi saat mereka juga menjual mogenya 600cc series dan motor sport off-road, image mereka pada motor sport semakin kental. kini kawasaki semakin terus maju, saat Suzuki & Yamaha juga menjual moge pada akhirnya. Kawasaki tak gentar dan terus berinovasi dan merilis moge-moge kelas berat mereka. diantaranya ZX14R hypersport bike, lalu baru-baru ini Z1000, NINJA 1000, ZX10R dan yang paling hot dan powerful adalah Kawasaki H2 & H2R Superchrage. maha karya kawasaki yang paling oke. kini kawasaki menjadi yang terdepan dan selalu di depan urusan jualan moge di tanah air sekarang ini. salam biker salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: