Thursday, April 16, 2015

Desain motor semakin hari semakin bagus sedangkan kulitas semakin lama semakin bobrok?

Gambar from : antaranews.com

Aku heran dengan motor-motor kelaran terbaru ini. entah kenapa kok sering ada saja rewel, atau error. padahal jaman-jaman dulu jarang banget motor rewel dan hampir gak ada. yang aku maksud motor baru, soalnya banyak tetangga dan teman-teman membeli motor baru terkadang belum apa-apa ada masalah, memang kadang bukan masalah fatal tapi bisa juga di bilang cacat pada motornya. aku gak sebut merek karena semua motor gak ada yang sempurna apapun merknya. pertaman saudara Hendra (nama samaran) membeli matic, kelihatannya normal eh pada saat kecepatan kira-kira 40km/h motornya kayak nynedat-nyendat mesinnya. kemudian saudara Hendrik (nama samaran juga) merk yang sama beli motorbelum genap sebulan motornya kayak bunyi berisik dan ngorok saat motor melaju. tapi lama-lama hilang suaranya dan akan muncul kembali jika motor sudah agak lama gak di pakai, paling tidak sehari kemudian di pakai akan seperti itu.

kini Saudara Yunus (kembali nama samaran) hehehe kebanyakan nama samaran nih. nah saudara yunus ini memiliki motor sport 150cc fairing. dengan susah payah ia menabung untuk membeli motor itu dan setelah susah payah kerja kebeli juga itu motor. awalnya gaka da masalah itu motor dan memang normal tapi setelah di buat tanjakan ke cangar dan kemudian turun kembali dia shock karena motornya jadi lemot. hal itu membuatnya sedih. belum sebulan beli sudah ada masalah sehingga dia harus ke bengkel untuk konsultasi dan mencari jalan keluar agar motornya normal. yang terakhir tentu kembali nama samaran yaitu saudara Heru, dia beli motor juga belum genap sebulan tapi mesinnya bunyinya kasar dan oli merembes ke mesin. padahal motor yang sama dan merk yang sama generasi sebelumnya dia gak ada masalah dan halus tapi generasi yang baru ini gampang bermasalah. sudah 3x service di bengkel berbeda tetap saja gak bisa bikin itu motor normal, kecuali menghilangkan mesin yang merembes tadi. 

lebih kecewanya lagi bro Heru kan kalau sepi suka memacu motornya dengan kencang, nah inilah letak keanehannya. saat melaju di atas 90km/h motor akan bergoyang goyang seperti terkena angin, padahal gak ada angin. bisa di bilang motornya gak bisa lari 100km/h soalnya nyentuh 90km/h itu motor sudah goyang-goyang. padahal motor lain yang kubikasinya lebih kecil bisa lari 100km/h dan gak ada itu namanya goyang-goyang. dan motor-motor lain pun baik matic atau bebek gak ada masalah cuma motornya saja yang begitu. makanya dia gak puas sehingga ingin beli motor lagi. aku bertanya dalam hati, apa ini memang motor makin lama produksinya makin meningkat karena permintaan sehingga kualitas menurun? dan itu gak satu merk, tapi beberapa merk yang mengalaminya. 

memang suatu produk gak ada yang sempurna, tapi di bandingkan motor-motor lama apalagi jaman masih menggunakan karburator dengan bikers yang sama, penggunaan dan perawatan yang sama tapi mesin motor lama gak ada masalah dan malah sampai sekarang masih oke. sedangkan yang sekarang ini malah banyak keluhan bikers yang motornya ada masalah. memang tidak terlalu parah tapi tetap saja ada kecacatan pada motor. dan gak hanya satu motor beberapa motor milik bikers lain dan motor sama banyak juga yang mengalami hal serupa. ya semoga prdusen pembuat motor di negri ini terus berbenah agar lebih baik, dan pengecekan kualitas/quality inspection semakin di tingkatkan agar konsumen/biker yang membelinya tidak kecewa dengan produk motor yang mereka beli. salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: