Friday, April 10, 2015

Tip agar HP tahan air tidak rusak setelah di gunakann dalam air

kali ini aku share agar netizen sekalian hati-hati dalam menggunakan hp tahan air. mungkin ada yang bertanya tanya kenapa kok hp tahan air ada tipsnya tidak rusak setelah di gunakan dalam iar? bukannya kalau tahan air ya setelah di guankan dalam air sekalipun gak masalah? itu memang benar kalau hp tahan air itu setelah di gunakan dalam air tetap gak ada masalah hpnya dan normal kan sudah di desain tahan dengan air. tapi dalam kondisi tertentu ternyata hp tahan air bisa rusak setelah di gunakan dalam air/terkena air. karena itu aku share sedikit tipsnya. sebenarnya simple dan mudah kok. jika habis menggunakan hp tahan air sesuai fungsinya di buat main-main di air, foto-foto atau menyelam/renang jangan dahulu masuk ke dalam ruangan ber-AC atau mobil karena ACnya dapat membuat hp yang semula tahan air itu tadi jadi rusak karena air yang nempel seharusnya gak merusak malah membuat hpnya jadi mengembun. kalau sudah mengembun sangat fatal, embunnya menjalar ke seluruh jeroan hp dan mengakibatkan kerusakan. kerusakan hp bisa matot (mati total) atau layarnya yang mati tapi sebenarnya menyala dan bisa keruskan lainnya.

aku bisa tau karena berdasarkan pengalaman nih. ceritanya si adik kan beli HP tahan air, biasanya itu kalau kotor dikit ya di cuci pakai air, kalau renang ya di bawa renang buat foto-foto bersama keluarga dan teman. foto-fotonya kadang juga dalam air dan tentu tidak ada masalah namanya saja hp tahan air. tapi masalah mulai timbul setelah selesai mandi di kolam renang tadi, habis mandi dan ganti pakaian tentu pulang dari kolam renang. nah kebetulan saat itu adik naik mobil dan memasukkan hpnya yang normal 100% ke dalam tas. alangkah terkagetnya adikku karena hpnya tiba-tiba gak bisa menyala dan kamera belakangnya mengembun. aku coba cas berkali-kali tetap gak bisa dan kalau ada line masuk bunyi tapi layar gak menyala. kalau sudah begini komplit deh masalahnya.

kemduian setelah segala cara aku coba gak bisa aku memutuskan untuk membawanya ke service center resmi hp adikku. dan kemudian di cek selama 1 minggu lebih dan ternyata sudah gak bisa di perbaiki. masalahnya ini hp tahan air kok bisa rusak ya? aku bertanya-tanya dalam hati. karena garansi habis tentu gak dapat ganti rugi jadi ngebuang hp mahal jadinya. aku masih bingung kenapa bisa begitu aneh banget, aku sempat marah ke merk hp itu karena kok gak sesuai, masa hp tahan air kok ternyata cuma bentar. lama dikit setahun lewat rusak wah gimana ini? ternyata aku salah. sebenarnya bukan karena hpnya, tapi kondisinya yang mengakibatkan begitu. 

aku baru menyadarinya saat aku bepergian ke surabaya menggunakan mobil, saat kemana-mana tentu aku bawa kamera pocket buat jaga-jaga ada hal menarik yang bisa di foto. nah sebelum naik mobil kameraku tentu normal dan gak ada air dan tentu kering bersih gak ada yang salah. aku bawa muter-muter surabaya dan gak sempat nyalain kamera. aku kembali pulang, saat mau mengeceknya kok gambarnya jadi jelek sih? aku lihat lensa kameranya ternyata mengembun. kok bisa? padahal gak kena air atau kabut kok ada embunnya? segera aku langsung bersihkan kameranya dan aku bisa ambil kesimpulan dari kejadian itu. kameraku yang normal gak kena air saja dalam lensa yang tertutup bisa keluar embun dalam keadaan dingin (dalam mobil yang ber AC) apalagi hp yang ada airnya, walau gak rusak tapi airnya menjadi embun dan menjalar ke seluruh jeroan hp sehingga terjadi konsleting dan layarnya ngeblank jadinya.

jadi kalau habis menggunakan hp tahan air dalam kolam renang, habis di cuci atau mainan dalam air lainnya lebih baik jangan di bawah ke tempat-tempat yang dingin seperti ruangan ber-AC dahulu karena hp masih basah dan kemungkinan akan terjadi kerusakan yang aku jelaskan tadi. kalau naik mobil terpaksa jangan gunakan AC dahulu atau menunggu kering. atau pakai saja box yang bisa menghangatkan barang di dalamnya jadi aman. aku sekedar share aja agar hal yang sama tidak terulang kembali/menelan korban lagi, semoga bermanfaat.

2 comments:

ZN said...

Aku males beli merk itu, layanan after salesnya kurang bagus,

Risdiken said...

iya bro ada benernya, aku sendiri agak kecewa